Skip to main content

Berbicara tentang tentunya banyak sekali perubahan-perubahan di Indonesia termasuk pada dunia otomotif. Bermunculnya mobil listrik pada saat ini merupakan solusi dari menguranginya bahan bakar atau minyak yang nantinya banyak sekali digunakan akan terkuras habis dan kurangnya minyak bumi.

Kendaraan listrik pada tahun 2021 di Indonesia semakin banyak beroperasi, dengan beberapa model dan konsep pan yang dibuat oleh Para pengembang atau industri mobil. 

Dengan desain yang futuristik contohnya Hal ini dapat menarik para konsumen di dunia otomotif maka dari itu penjualan kendaraan listrik atau mobil listrik juga semakin meningkat setiap tahunnya. 

Menurut data Kementerian Perhubungan terdapat beberapa perusahaan yang sudah melaksanakan sertifikasi serta registrasi uji (SRUT) dengan jumlah kendaraan sebanyak 7000 530 dan berikut rangkuman kendaraan listrik yang ada di Indonesia. 

Munculnya Hyundai dan mulai memperkenalkan produknya dengan kelebihan produk ramah lingkungan. Hyundai loniq EV ini dibuat di negara Korea Selatan dan juga mendapatkan sambutan yang baik pada konsumen Indonesia. 

Kendaraan mobil listrik jenis sedan ini dibekali dengan baterai 38,3 KWH dengan penggunaan kekuat Atan menempuh jarak hingga 373 km. 

Kendaraan ini pun mengklaim bahwa mampu mengisi dari mulai 0% hingga 80% dengan waktu kurang dari 1 jam. 

Tidak hanya loniq EV Hyundai pun mengeluarkan jenis produk baru yaitu mobil listrik dengan jenis kona elektrik, karena karena kesungguhannya Hyundai pada saat ini menguasai pasar sport utility vehicle (SUV) dari kelas elektrik. 

Berawal dari produsen Hyundai melihat Celah yang besar pada pasar industri otomotif Indonesia untuk mengisi kekosongan kelas tersebut di Indonesia dengan menghadirkan mobil listrik Kona elektrik. 

Mobil listrik jenis Kona electric ini dibekali baterai dengan kapasitas 39,2 KWH yang menghasilkan jarak tempuh hingga 305 km dan jenis mobil listrik ini dibanderol di Kisaran 697 juta rupiah. 

Bukan hanya Hyundai produsen dari merk industri otomotif lainnya pun tidak tinggal diam contohnya produsen otomotif Nissan. 

Diketahui Nissan memiliki beberapa varian kendaraan listrik yang siap menyongsong di industri otomotif tanah air dan tentunya dengan spesifikasi yang lebih ramah lingkungan dan banyak sekali yang dijual dalam produk mobil listriknya salah satu contoh produk mobil listrik Nissan yaitu Nissan leaf. 

The All New Nissan leaf itu merupakan merek produk mobil listrik yang diluncurkan oleh perusahaan otomotif Nissan.  dibekali baterai lithium ion sekitar 40 KWH ini dapat memungkinkan bahwa produk dari Nissan ini bisa menempuh  jarak hingga sejauh 311 KM dalam sekali pengisian daya. 

Pada catatan yang diberikan oleh Nabi bahwa The All New Nissan Livina sanggup berlari dari 0 sampai 100 KM per jam hanya dengan waktu 7,9 detik dan kecepatan maksimalnya adalah 155 km/jam.

Produk dari Nissan ini dibanderol di Kisaran 649 juta rupiah untuk opsi one-to-one dan untuk opsi dual tone ini dibanderol di kisaran harga 651 juta rupiah dan harga-harga tersebut sudah dalam kategori on the road Jakarta. 

Dan diatas merupakan produk-produk mobilisasi yang diluncurkan oleh 2 perusahaan otomotif di di tanah air pada tahun 2021. Dan tentunya bakal semakin banyak lagi saingan saingan khususnya di dunia otomotif yang semakin Saat ini semakin berkembang.

Leave a Reply