Skip to main content

Cara Cek/merawat ban mobil untuk musim hujan agar aman digunakan sebenarnya cukup mudah akan tetapi meskipun udah ada banyak sekali orang yang belum terbiasa dan juga belum mengetahui bagaimana cara untuk merawat ban mobil mereka terutama pada musim hujan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa keamanan ban mobil tentu saja menjadi salah satu prioritas ketika kita berkendara terutama ketika kita melakukan perjalanan saat musim hujan yang di mana menyebabkan resiko untuk tergelincir lebih besar, bagi kalian yang ingin mengetahui cara cek atau merawat ban mobil untuk musim hujan agar aman digunakan kalian bisa menyimpannya sebagai berikut.

Periksa tekanan udara

Cara yang pertama ketika kalian akan merawat ban pada musim hujan adalah kalian bisa memeriksa terlebih dahulu tekanan udara yang ada pada ban tersebut apakah sudah ada pada tekanan yang stabil atau pun belum, jika kalian merasa tekanan udara dari ban mobil kalian kurang kalian bisa menambahkannya, karena dengan tekanan udara yang stabil tentunya kita tidak perlu khawatir ketika berkendara saat musim hujan.

Periksa telapak Ban

Berikutnya adalah selain kalian memeriksa tekanan udara yang ada pada ban kalian kita juga bisa memeriksa telapak ban yang akan kita pakai, kita bisa memeriksa alur telapak ban kita apakah sejajar ataupun tidak, karena jika alurnya sejajar dengan tinggi telapak ban kita perlu untuk mengganti ban tersebut agar lebih aman ketika berkendara saat musim hujan.

Cek dan rawat pelek Ban Mobil

Selanjutnya adalah kita juga bisa mengecek apakah velg dari ban mobil kita masih bagus atau pun tidak, kita perlu merawat pelek ban mobil kita agar nantinya ketika kita berkendara saat hujan kita tidak perlu khawatir. Seperti yang telah kita ketahui bahwa fungsi dari pelek itu sendiri cukuplah penting karena bisa dibilang pelek ini menopang kinerja dari ban mobil kita ketika berkendara. Apabila pelek dari mobil kita sudah rusak ada baiknya kita perlu untuk menggantinya dengan yang baru.

Lakukan balancing dan spooring

Berikutnya cara untuk merawat ban mobil kalian ketika musim hujan adalah kalian harus sering melakukan balancing dan juga spooring agar ban mobil kita memiliki sudut geometri yang sesuai, adapun untuk balancing sendiri berfungsi untuk dapat menyeimbangkan keempat dari roda mobil agar nantinya tidak memiliki vibrasi yang dapat mengurangi dari pengendara. 

Rawat dinding ban

Cara mengecek dan merawat ban mobil saat hujan berikutnya adalah kalian bisa merawat dinding dari ban mobil, adapun untuk bagian dinding ban mobil ini juga ketika memiliki potensi untuk rusak ataupun memiliki sobekan ada baiknya kalian perlu untuk menggantinya terlebih dahulu ketika melakukan perjalanan saat musim hujan, karena ketika kita menggunakan ban yang sudah memiliki dinding yang rusak tentunya akan sangat tidak nyaman untuk dipakai.

Penutup

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai Cara Cek/merawat ban mobil untuk musim hujan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca Akhir kata terima kasih!

Leave a Reply