Kelebihan Motor Matic Vs Motor jenis Sport dan Bebek

Tak bisa dipungkiri jika motor matic kini menjadi idola baru pecinta sepeda motor (roda dua), populasi motor matic yang kini mencapai 70% menjadi bukti bahwa jenis motor ini kini diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, banyak keunggulan motor matic jika dibandingkan dengan motor jenis lain seperti: mudah dijalankan, tidak khawatir rantai putus dan mengenai kaki, bisa membawa banyak barang, lebih gesit, bobotnya ringan, dan lain sebagainya.
Kelebihan/ Keunggulan Motor Matic
1. Motor matic lebih lincah dan gesit
Jika dibandingkan dengan motor lain misalnya motor bebek atau motor pria atau motor sport, motor matic lebih gesit dan lincah terutama di jalanan yang sedang macet. Hal ini disebabkan motor matic memiliki wheelbase atau jarak sumbu roda yang lebih pendek dibanding motor lain, terlebih body motor matic juga lebih pendek daripada motor jenis lain sehingga lebih lincah saat di kemacetan.
baca: Penyebab motor menjadi lebih boros BBM
2. Motor matic lebih mudah dikendarai dan dipelajari
Pada motor matic kita hanya menggunakan gas dan rem saja tanpa memikirkan gigi transmisi, sehingga kita cukup mengegas saja tanpa berpikir dan memakai gigi berapapun. Jika kita belum pernah naik sepeda motor maka belajar motor matic jauh lebih mudah dari motor transmisi manual semisal bebek atau motor sport atau motor jenis lain, karena belajar motor manual yang lama adalah belajar memahami dan memakai gigi + kopling, ini bahkan untuk mempelajari dan membiasakan menggunakan gigi serta kopling membutuhkan waktu paling tidak 3 minggu.
Karena mudahnya dioperasionalkan dan dipelajari banyak remaja dan para wanita lebih menyukai motor matic ketimbang motor jenis lain semisal bebek yang dulu diciptakan khusus untuk wanita.
artikel : Awas jangan pakai standar samping terlalu sering pada motor matic
3. Bobot motor matic lebih ringan
Sepintas bobot motor ini bukan menjadi permasalahan yang mengganggu, akan tetapi lain bagi seorang cewek atau wanita yang tubuhnya lebih lemah daripada laki-laki, wanita tentu saja kesulitan jika harus mengendarai motor yang berat terlebih lagi jika harus menjagraknya (mengaktifkan standar tengah), tetapi jika motor ringan maka wanita akan menyukainya dan mudah memakainya kemana-mana
baca: cara menghilangkan bau apek pada helm motor setelah perjalanan
4. Bagasi motor matic lebih besar bisa membawa banyak barang
Kelebihan motor matic dibanding motor jenis lain adalah bagasinya yang besar, bahkan helm atau bola sepak bisa masuk di bagasi motor matic ini, berbeda dengan motor bebek atau bahkan motor sport yang tidak memiliki bagasi kan?
Banyak orang menyukai motor matic karena bagasinya yang besar sehingga lebih enak untuk menaruh barang dan lebih aman, misalnya ingin membawa jaket, baju, celana, jas hujan,.uang, HP atau membawa barang belanjaan juga bisa ditaruh di bawah jok motor matic (bagasi), tinggal tutup joknya aman gak akan ada yang ambil.
baca: perlengkapan untuk touring jarak jauh memakai motor
Benda-benda yang ditaruh jok motor matic lebih aman dari pencuri ataupun dari guyuran air hujan bahkan ketika melewati jalanan banjir, tetapi untuk beberapa barang elektronik seperti HP pecinta otomotif perlu mematikan smartphone saat membawanya
5. Desain motor matic menarik
Selain urusan teknis seperti mesin, transmisi, rem, suspensi, handling dan lain-lain motor matic kini memiliki desain yang menarik, terlihat futuristik. Ini yang membuat banyak orang kepincut mulai anak remaja, ibu-ibu, orang tua bahkan kaum adam pun tertarik memiliki motor matic karena desainnya yang bagus.
6. Aman tidak khawatir rantai putus dan mengenai kaki
Salah satu resiko memakai motor dengan sistem rantai adalah jika rantai motor putus lalu mengenai kaki, ini sering terjadi jika rantai sudah aus dan melewati jalanan menanjak atau kecepatan tinggi. Akan sangat bahaya jika rantai sampai mengenai kaki, karena bukan tandingannya besi baja dengan kaki bisa patah kaki. Tetapi pada motor matic tidak memakai rantai melainkan memakai belt dari karet yang relatif aman dan posisi belt juga tertutup sehingga kalau putus tidak membahayakan kaki pengemudi ataupun yang dibonceng
7. Lebih mudah bawa muatan
Pada bagian depan (diantara stir dan pengemudi) kebanyakan motor matic memiliki ruangan terbuka dengan bagian atas yang rata dan cukup luas, space barang pada motor matic ini bisa dengan mudah dimanfaatkan untuk membawa barang: seperti barang belanjaan, bawa karung isi buah-buahan, 1 sak pupuk atau semendan lain sebagainya.
Nah karena ada ruang untuk barang yang cukup luas ini banyak ibu-ibu yang belanja ke pasar membawa motor matic, karena memang barang belanjaan bisa dibawa dengan mudah dengan motor matic.
Tempat barang pada motor sebenarnya dipakai untuk kaki tetapi karena bentuknya yang datar dan luas maka bisa dipakai untuk barang dan kaki juga masih mendapat tempat, admin mobilku.org sering membawa 2 galon air sekaligus ditaruh di tempat kaki ini kemudian dua galon tersebut diikat dengan tali rafia sehingga keduanya tidak jatuh karena saling mengikat.
baca: Ini tanda-tanda motor harus segera diservis
8. Motor matic jadi tren dan makin disukai
Motor matic kini juga sudah menjadi tren di banyak kalangan mulai remaja sampai orang tua semua suka motor matic, dengan menjadi tran maka harga jualnya juga relatif tinggi (penurunan harganya relatif rendah), banyak mekanik yang mempelajari motor matic dan lama kelamaan spar part serta biaya perawatannya bisa jadi lebih lebih murah.
Keburukan motor matic
Meskipun motor matic disukai banyak orang tetapi bukan berarti tidak punya kekurangan, beberapa orang bahkan di pedesaan yang jalannya berbatu-batu dan berlubang juga ikut-ikutan membeli motor matic padahal mereka tidak paham bahwa motor matic jika motor matic kurang enak dikendarai di jalan berlubang/ berbatu atau jalanan ekstrim lain seperti bisa dibaca pada artikel terdahulu. Berikut adalah kekurangan motor matic:
1. Motor matic lebih boros BBM
Jika dibandingkan dengan motor manual dengan cc yang sama dan rute jalan yang sama saat ini motor matic masih kalah irit dengan motor manual, terlebih jika pengemudi motor tau bagaimana berkendara secara irit, hal ini dikarenakan pada motor manual bisa segera memakai gigi 4 pada jalan lurus yang halus
baca: mencegah bokong panas saat mengendarai motor jarak jauh
2. Motor matic lebih boros oli
Suhu mesin motor matic lebih mudah panas daripada motor jenis lain sehingga oli motor matic cepat habis, ini pernah admin mobilku.org buktikan sendiri dengan tidak mengganti oli selama 6 bulan, setelah 6 bulan lalu ganti oli nah oli yang dikeluarkan dari motor tinggal setengah gelas saja, wah untung gak sampai habis dan kering...bisa-bisa turun mesin
3. Motor matic tidak leluasa dipakai di jalanan rusak
Hal ini terkait dengan ground clearance atau jarak terendah dengan tanah motor matic yang kecil, sehingga saat melewati bebatuan yang cukup besar atau gundukan tanah maka bodi bawahnya bisa menghantam bebatuan.
Roda pada motor matic juga terbilang kecil sehingga saat menghantam bebatuan maka hantamannya akan terasa lebih keras dibanding motor yang memiliki diameter roda yang besar, begitu pula saat menghantam lubang bahkan roda pada motor matic bisa lebih dalam masuk ke lubang jika lubangnya cukup besar.
4. Tidak memiliki rem mesin yang baik
Motor matic tidak memiliki rem mesin sebagus motor manual seperti bebek atau motor trail, nah sehingga motor matic perlu kehati-hatian dan waspada saat melewati turunan, membutuhkan tenaga dan konsentrasi lebih pada motor matic saat melewati turunan. Admin mobilku.org sendiri sering mengalami jari-jari capek mengerem motor matic ketika menuruni jalan perbukitan
5. Motor kurang bisa membawa barang berat
Meskipun motor matic lebih mudah membawa banyak barang, tetapi untuk membawa barang yang berat motor matic memiliki keterbatasan misalnya untuk berboncengan 3 atau membawa berkarung-karung sayuran, dll. Hal ini terkait dengan shockbreaker belakang motor matic yang hanya 1 dan posisinya tidak persis di tengah-tengah, oleh karena itu banyak motor matic yang mengalami kerusakan suspensi (bocor) jika dipaksa membawa beban yang berat.
6. Motor matic tidak direkomendasikan untuk perjalanan jauh
Motor matic idealnya hanya dipakai di perkotaan saja dan jalan-jalan yang halus, sebenarnya mesin motor matic tidak setangguh motor-motor jenis lain yang bisa bekerja lebih lama dan lebih tangguh. Motor matic harus diistirahatkan setelah dipakai selama 2 jam karena mesin yang panas dan rem juga panas, untuk keluar kota memang yang direkomendasikan adalah motor-motor yang lebih tangguh.
baca: Tips melakukan perjalanan jauh dengan motor matic

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini