Cara Mengatasi Silau Saat Mengemudi Malam Hari

Mengemudi/ melakukan perjalanan memang paling enak dilakukan di pagi hari saat cuaca sejuk dan udaranya masih segar, meskipun mengemudi di malam hari juga memiliki beberapa keuntungan yakni tidak panas dan juga jalanan lebih sepi. Tetapi jika kita terpaksa melakukan perjalanan malam hari maka harus menghadapi beberapa resiko, seperti resiko silau oleh kendaraan lain. Seperti yang diketahui banyak pembaca mobilku.org saat malam hari ada saja yang membuat kita silau seperti lampu sorot kendaraan dari depan bahkan sampai ada mobil lain yang sengaja menyorot kita dari belakang, ah ini sangat mengganggu kita.
Sebenarnya seberapa bahayakah mengemudi lalu terkena lampu yang menyilaukan? sebenarnya sangat berbahaya yang mana resikonya bisa fatal yakni jika tidak bisa melihat jalan bisa kecelakaan (tabrakan atau terguling).
Nah artikel berikut sebenarnya membahas cara mengatasi silau saat mengemudi di malam hari:
Silau oleh lampu kendaraan yang berlawanan arah
Mau tak mau kita memang harus menghadapi lampu-lampu kendaraan lain yang sangat menyilaukan saat mengemudi malam hari, akan tetapi jika lampu kendaraan lain setelannya tidak terlalu tinggi atau tidak memakai lampu sorot atau tidak memakai lampu putih yang menyilaukan tersebut sebenarnya mata masih bisa mentoleransi.
Jika kita silau dari arah depan entah karena kendaraan tersebut memakai lampu jauh atau yang lain maka hal yang bisa kita lakukan adalah:
1. kita menyalakan lampu jauh (lampu dim) sebanyak 1 sampai 3 kali kedipan, tujuannya adalah untuk memperingatkan mobil yang menyilaukan tersebut agar tidak memakai lampu jauh
2. Jika mobil didepan masih bandel maka kita tidak perlu membalasnya, cukup hindarkan mata kita dari memandang lampu mobil tersebut.
Fokuskan pandangan ke arah sebelah kiri (garis/ pembatas kiri jalan) agar kita tetap menjaga jarak dari garis tersebut, tujuannya agar kita tidak terlalu ke kiri sampai tergelincir ataupun tidak terlalu kekanan sampai menabrak kendaraan dari arah berlawanan.
Silau oleh lampu dari kendaraan di belakang
Hal ini juga sering kita alami dimana lampu sorot kendaraan di belakang kita memantul dari spion, bahkan ada beberapa pengemudi yang ingin menyalip biasanya menyalakan lampu sorot/ lampu jauh secara terus menerus yang bertujuan menyilaukan kita dan menyuruh kita minggir.
Cara yang pertama adalah menaikkan kaca pintu mobil, biasanya kaca pintu kan dilapisi dengan film yang bisa mengurangi cahaya, admin mobilku.org biasanya menaikkan sedikit kaca pintu mobil sampai menutupi spion.
Cara yang kedua yakni menutupi spion dengan tangan jika ada lampu sorot yang terlalu menyilaukan dari belakang, tapi jika pengemudi belakang kita menyorot terus ya turunkan sedikit spion tetapi jangan sampai kita kehilangan konsentrasi mengemudi ya? jika dirasa akan kehilangan konsentrasi lebih baik jangan dilakukan.
Nah biasanya admin mobilku.org sebelum perjalanan malam hari menyeting spion agak sedikit ke bawah, jadi spion tidak persis menghadap lurus ke belakang. Dengan menurunkan spion maka kita tidak bisa melihat jauh ke belakang, tetapi hanya sampai 3-4 meter di belakang buritan mobil kita, dengan cara ini kita tidak lagi dipusingkan dengan lampu kendaraan lain yang menyilaukan dari belakang.
Silau oleh lampu hazard
Lampu hazard (lampu sein berkedip semuanya) sebenarnya tidak boleh dinyalakan saat mobil sedang berjalan, akan tetapi beberapa pengemudi yang sok tau sering menyalakan lampu hazard sambil mobil berjalan, alhasil lampu hazard tersebut sangat membingungkan dan menyilaukan bagi pengendara lain yang berada di belakang pengemudi sok tau itu.
Kita bisa menyalakan lampu dim beberapa kali untuk memperingatkan pengemudi di depan kita agar mematikan lampu hazard, tetapi biasanya pengemudi yang menyalakan lampu hazard tersebut tidak mengetahui isyarat kita karena dia beranggapan tidak apa-apa menyalakan lampu hazard sambil berjalan.
Nah cara menghindari pengemudi yang menyalakan lampu hazard terutama malam hari adalah dengan menjauhi mobil tersebut, yakni dengan menurunkan kecepatan mobil kita agar jarak mobil kita dengan mobil yang menyalakan lampu hazard semakin jauh. Jika jaraknya jauh maka kita tidak silau lagi
Silau oleh lampu papan reklame
Papan reklame yang berukuran besar sampai memenuhi jalan dan biasanya terbuat dari LED raksasa ini sangat menyilaukan kita saat berkendara, cara mengatasi silau oleh papan reklame LED yakni fokus ke jalan depan mobil kita, jangan melihat lampu papan reklame tersebut.
Tips jangan sampai mengalami kebutaan sesaat
Jika kita terkena sorot lampu yang sangat menyilaukan (lampu jauh mobil) kita bisa mengalami kebutaan sesaat (tidak bisa melihat jalan). Nah sebelum kita mengalami kebutaan sesaat tersebut lebih baik kita mencegah jangan sampai kita terkena lampu sorot.
Jika cara-cara diatas masih belum bisa menghilangkan silau, langkah terakhir biasanya pengemudi sering menyipitkan mata untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata kita.
Cara lain yang dilakukan adalah dengan memejamkan mata sebelah saat ada lampu yang terlalu terang, jika mata sebelah terjadi kebutaan sesaat maka segera ditutup diganti mata sebelah yang dibuka. Tetapi admin mobilku.org lebih merekomendasikan menyempitkan mata (menyipitkan mata) untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata.
Sebenarnya ada kacamata yang dibuat khusus untuk mengemudi mobil malam hari, akan tetapi jika disorot lampu mobil ya tetap aja silau
Tips mengatasi silau di pagi/ sore hari

Mengendarai mobil pagi dan sore hari bisa sangat menyilaukan jika kita berkendara menuju ke arah sinar matahari, karena saat pagi atau sore hari posisi matahari sangat rendah dan sinarnya bisa sangat menyilaukan kita. Cara mengatasinya cukup mudah yakni gunakan sunvisor yang ada di atas kaca depan mobil.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini