Cara Cepat Menghilangkan Bau Rokok dalam Kabin Mobil

Bagi orang yang memperhatikan kesehatan dengan tidak merokok tentunya akan sangat terganggu dengan bau rokok yang ada pada mobil, bau rokok ini juga sangat mengganggu pada orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu misalnya darah tinggi, jantung, wanita hamil, dll.
Sehingga pemilik mobil memang seharusnya terbebas dari bau asap rokok ini, nah cara menghilangkan bau rokok ini sebenarnya sangat mudah dengan tips berikut ini dan bahan-bahannya juga mungkin tersedia di dapur kita.
Pecinta otomotif bisa memanfaatkan kopi atau daun pandan, atau bisa kedua-duanya. Caranya cukup sederhana yakni dengan menaruh serbuk kopi di dalam kabin mobil agar bau rokok dalam mobil hilang diserap oleh serbuk kopi, berikut ini cara detailnya:
1. Bersihkan terlebih dahulu mobil dari sampah dan kotoran (terutama abunya rokok/ puntung rokok), jika memiliki penyedot debu bisa memanfaatkan penyedot debu untuk membersihkan kotoran, jika tidak punya cukup dengan lap microfiber untuk mengangkat debu sumber bau (lap bisa diberi sedikit air lalu diperas)
2. Ambil kopi bubuk di dapur kira-kira 2-4 sendok makan, taruh kopi pada wadah kecil seperti dan letakkan di bawah jok mobil.
Diamkan semalam maka bau rokok akan diserap oleh kopi tersebut, kopi memiliki kemampuan untuk menetralkan bau yang menyengat. Pecinta otomotif juga bisa memakai kopi untuk menghilangkan bau-bauan lain dalam kabin mobil misalnya bau apek, bau tidak sedap, dll tentunya dengan menghilangkan sumber utama bau-bauan.
Pecinta otomotif juga bisa menggunakan daun pandan agar mobil menjadi harum, daun pandan ini selain bisa menetralisir bau-bauan juga bisa mengharumkan ruangan. Iris/ gunting daun pandan menjadi potongan kecil-kecil, letakkan dalam wadah dan taruh di bawah jok.
Kopi + daun pandan ini sangat cepat menghilangkan bau rokok di mobil
Catatan:
Lakukan cara diatas ketika mobil tidak dijalankan, misalnya pada malam hari. Hal ini agar serbuk kopi tidak berserakan terkena goyangan mobil saat berjalan.
Selain kopi, beberapa bahan dapur yang bisa dipakai untuk menghilangkan bau rokok antara lain:
1. Daun pandan
2. Bubuk kayu manis
3. Bubuk vanila
Caranya sama seperti memakai kopi sebagai penghilang bau.
Bahaya asap rokok
Asap rokok sudah jelas berbahaya bagi kesehatan karena menimbulkan penyakit jantung, darah tinggi, kanker, stress, asma, dll.
Selain itu asap rokok juga bisa membuat filter AC mobil berjamur, tandanya saat AC mobil dinyalakan ada bau apek.
Parfum alami
Beberapa bahan diatas juga bisa dimanfaatkan sebagai parfum alami mobil, misalnya daun pandan, bubuk kayu manis, vanila, kopi, buah-buahan, dll.
Parfum alami menjadi pilihan karena beberapa orang sensitif terhadap parfum mobil, gejalanya pusing-pusing dan mau muntah ketika menghirup parfum mobil. Jika keluarga kita ada yang tidak tahan oleh parfum mobil maka bisa memanfaatkan bau-bauan alami pasti tidak mabuk dan lebih segar. Parfum mobil memang mengandung zat-zat yang sebenarnya berbahaya jika dihirup terus-menerus

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini