Membersihkan Foglamp Buram jadi Kinclong dengan Pasta Gigi

Mobil yang sudah berumur lebih dari 5 tahun biasanya mulai ada bagian-bagian yang kotor dan harus dibersihkan seperti lampu headlamp yang menguning dan mika foglamp buram karena kotoran. Untuk membuat mika lampu depan kembali bening, www.mobilku.org telah mengulasnya pada:
- Membersihkan mika lampu depan yang buram/ kotor
- Menghilangkan embun di dalam rumah lampu depan

Nah bagaimana jika yang buram adalah mika/ kaca foglamp/ lampu kabut mobil kita? karena biasanya setelah 5 tahun tidak pernah dibersihkan maka lampu kabut akan menjadi sangat kotor dan pancaran cahayanya berkurang drastis, ini harus dibersihkan dan caranya sederhana serta murah.
Berapa biaya membersihkan mika lampu kabut di bengkel perawatan mobil (car care) biasanya berkisar 150 an untuk 1 foglamp, kalau dua fog lamp sudah 300 ribu dong, mahal juga ya? Tetapi kali ini kita bisa membersihkannya di rumah dengan tanpa biaya, karena memanfaatkan peralatan yg ada di rumah
Sebenarnya membersihkan mika lampu kabut atau mika fog lamp ini sangat mudah, kita cukup memanfaatkan sikat gigi, kuas halus yang kecil (1/4 dim), tisu dan pasta gigi. Cara pembersihannya sangat sederhana seperti kita mencuci barang biasa misalnya mencuci gelas atau piring yang kotor.
Berikut ini cara membersihkan foglamp yang kotor/ buram:
1. Pertama kita harus melepas lampu kabut dan melepas mika foglamp, cara melepasnya yang pertama adalah lepaskan mika dari dudukan fog lamp dengan melepas sekrup-sekrup dari balik bumper.
2. Tujuannya adalah melepaskan mika foglamp saja sedangkan bohlam biarkan menempel pada kabel, untuk melepas mikanya cabutlah bohlam dengan sedikit memutar berlawanan dengan arah jarum jam. Setelah bohlam dan mika foglamp terlepas maka ambil mika foglampnya yang akan kita bersihkan
3. Bersihkan bagian luar mika foglamp terlebih dahulu dengan membasahi air lalu mengoleskan pasta gigi merata ke mika bagian luar (depan), setelah pasta gigi merata tunggulan 1-2 menit agar pasta gigi dan air bereaksi terhadap kotoran (melunakkannya)
4. Setelah dirasa kotoran sudah bersatu dengan pasta gigi dan air maka sikat kotoran dengan sikat gigi bekas, sampai kotoran di permukaan mika lampu hilang (bersih)
5. Setelah bagian depan bersih, kita mulai membersihkan bagian dalam mika lampu. Oleskan pasta gigi pada kuas kecil dan basahi dengan air, kita juga bisa membasahi bagian dalam mika lampu kabut dengan air.
6. Masukkan kuas ke dalam mika foglamp lalu bersihkan kotoran yang menempel pada mika foglamp bagian dalam, kuas bisa diputar-putar searah/ berlawanan arah dengan jarum jam sampai terlihat mika lampu kabut menjadi bening/ kinclong kembali
7. Setelah mika foglamp terlihat kinclong/ bening mengkilap, keringkan dengan cara mengelapnya menggunakan tisu, jika sudah kering maka pecinta otomotif bisa mengembalikan memasang mika fog lamp dengan bohlam fog lamp lalu memasang pada dudukannya kembali, maka lampu kabut sudah menjadi bening, bersih dan kinclong. Nah mudah bukan membersihkan lampu kabut buram

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini