Jangan Pindahkan Gigi di Tanjakan/ Turunan, ini Akibatnya

Mengendarai mobil di kontur jalan menanjak atau menurun memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi daripada di jalan datar, banyak kecelakaan yang terjadi akibat ketidaktahuan cara melewati tanjakan atau turunan yang benar.
Banyak mobil tidak kuat menanjak lalu mengoper ke gigi yang lebih rendah, tetapi akibatnya mobil malah kehilangan momentum (tenaga) sehingga mobil tidak lagi kuat menanjak dan akhirnya mundur menabrak mobil/ kendaraan lain dibawahnya (belakangnya)
Jalan Turunan
Pada turunan juga sering terjadi driver yang kurang pengalaman memindahkan gigi ke yang lebih rendah (misalnya dari gigi 2 ke 1) tetapi ditengah turunan, saat akan memindah gigi tentunya driver akan menginjak pedal kopling dan hal ini menyebabkan mobil kehilangan engine brakenya yang akibatnya mobil akan meluncur lebih cepat ke bawah.
Sebaiknya saat akan melewati turunan, pengemudi harus menentukan gigi yang akan dipakai untuk menuruninya, misalnya karena turunan tajam maka akan menggunakan gigi 1. Nah sebelum memasuki jalan yang menurun (masih di atas) pindahkan dulu ke gigi 1, jangan menunggu di tengah-tengah jalan menurun. Yang perlu diingat pula bahwa rem kaki (rem) sebaiknya digunakan seperlunya saja, gunakan rem mesin terlebih dahulu karena jika kita tidak memakai rem mesin maka rem kaki akan berresiko blong.
Jalan tanjakan
Seringkali mobil terguling ke jurang atau mundur ke belakang karena tidak kuat menanjak, dari bawah memakai gigi 2 sedangkan di tengah tanjakan tidak kuat lalu memindah ke gigi 1...tapi saat akan memindah gigi mobil kehilangan momentum menanjak. Belum lagi jika gagal memindah gigi ke 1 wahh tambah berbahaya, karena pada beberapa mobil untuk memasukkan ke gigi 1 dari gigi 2 lumayan sulit (butuh kecepatan yang pelan).
Sebelum menanjak, driver harus menentukan gigi yang dipilih yang kira-kira mampu... lebih amannya jika ada rambu jalan gunakan gigi 1 maka lebih baik ikuti rambu tersebut.
Tanjakan dan turunan dengan mobil matic
Saat ini penggunaan mobil matic semakin banyak karena makin disukai, mobil matic lebih mudah dikendarai dan juga lebih tidak melelahkan di jalan macet. Tapi apakah bisa mobil matic melewati tanjakan curam atau turunan curam? tentu saja bisa... Pecinta otomotif tinggal memasukkan ke gigi Low atau L saja atau memanfaatkan tombol o/d yang ada pada tuas transmisi. Nah berikut adalah artikel lengkapnya: Teknik melewati tanjakan dan turunan dengan mobil matic

2 komentar:

  1. cuma mobil, pkai feeling sahaja... beres...
    sdh biasa bawa roda 22 ksana kmari....

    BalasHapus
  2. artikel nya sangat bermanfaat terutama bagi saya yg belum pengalaman banyak nyetir mobil

    BalasHapus