Spesifikasi Datsun Cross, Mesin dan Harga

Datsun Cross adalah mobil jenis light crossover 7 penumpang yang bakal keluar tahun 2018 ini, sedangkan peluncuran/ pengenalan mobil ini telah dilakukan tanggal 18 Januari 2018 kemarin, Datsun Cross bakal secara resmi dijual Bulan Maret 2018.
Platform mobil
Meskipun Datsun Cross dikembangkan dari mobil LCGC Datsun Go, akan tetapi Datsun Cross ini bukan mobil LCGC, hal ini yang diungkapkan oleh Iriani Widjaja dimana ada perbaikan pada shockbreaker, terdapat head unit monitor, lampu depan proyector dan juga sistem keselamatan memakai VDC.
Nah inilah yang menyebabkan harganya yang diatas mobil LCGC Datsun lainnya seperti Go atau Go+, ungkap Indriani Widjaja selaku Head of Datsun Indonesia. Indriani juga mengatakan Datsun Cross adalah model ketiga keluaran Datsun di Indonesia setelah Datsun Go dan Go+ sekaligus pelengkap jenis mobil Datsun di Indonesia, jika Datsun Go berjenis city car dan Datsun Go+ berjenis MPV 7 seater, maka Datsun Cross ini berjenis Crossover ringan 7 penumpang.
Mesin
Untuk mesin Datsun Cross memakai mesin HR12DE seperti yang dipakai pada Datsun Go, mesin ini mampu memberikan tenaga sampai 68 Hp pada putaran mesin 5000 Rpm sedangkan torsi mesin mencapai 104 Nm. Mesin Datsun Cross ini memakai 3 silinder saja, sedangkan teknologinya sudah DOHC.
Sistem penggerak masih seperti platformnya yakni memakai penggerak roda depan, sedangkan transmisi ada yang matic (CVT) dan ada yang manual
Rival
Mobil yang masuk dalam Crossover Ringan ini sebenarnya sudah memiliki saingan dari pabrikan lain yakni Suzuki Ignis, konsepnya hampir sama yakni crossover mobil yang nyaman di perkotaan tetapi juga bisa dibawa ke daerah yang sedikit parah jalannya (pinggiran kota atau pedesaan) karena mobil ini dibuat cukup tinggi ground clearancenya.
Rival lainnya adalah Daihatsu Sigra dan Toyota Calya yang sama-sama mobil 7 penumpang
Kelebihan Datsun Cross
- Enaknya mobil ini cukup irit yakni memiliki konsumsi BBM rata-rata 20,6 km/ 1 liter BBMnya
- Ukuran mobil yang kecil membuat mobil ini mudah melewati jalan-jalan sempit yang mobil lain kesulitan masuk, selain itu juga mengemudikan mobil kecil lebih mudah dibanding mobil yang besar
- Ground Clearance khas Crossover juga membuat pengemudi tidak perlu khawatir bagian bawah mobil menyentuh tanah saat melewati polisi tidur atau bebatuan.
- Modelnya yang cukup keren untuk jaman sekarang, selain itu ada fitur internet yang akan dibenamkan pada mobil ini :-)
Kekurangan
- Sayangnya mobil ini hanya memakai 3 silinder saja yang tentunya kebisingan dan getarannya lebih besar dari mesin 4 silinder
- Jika dibandingkan dengan Suzuki Ignis maka tenaganya terpaut terbilang sangat jauh mobil bertenaga dibawah 90 Hp, dimana Suzuki Ignis memiliki tenaga 82 Hp sedangkan Datsun Cross ini tenaganya 68 Hp (selisiih 14 Hp)
- Jika dibandingkan dengan Ignis, konsumsi BBMnya juga relatif sedikit lebih boros dimana Suzuki Ignis mampu mencatatkan angka 23 km untuk 1 liter BBMnya, meskipun secara resmi juga berkisar di angka 20 km/ liter.
Harga Datsun Cross
Nah sebenarnya harga ini yang akan menjadi pembeda dengan sang rival sebut saja Ignis atau Brio Satya, jika harganya bisa dibawah Suzuki Ignis cukup jauh maka kemungkinan Datsun Cross juga bisa bersaing, sebagai catatan Sizuki Ignis sekarang dijual mulai 140 Jutaan
Nah kita lihat saja nanti berapa harga datsun cross setelah launching.
Saat ini harga Datsun Cross memang belum ditentukan secara pasti dan baru akan keluar tanggal 18 Januari mendatang (kira-kira 10 hari lagi), simak terus di www.mobilku.org karena admin akan mengupdate harga resmi Datsun Cross sudah keluar
Harga pre order Datsun Cross sudah keluar, yakni:
* Datsun Cross versi manual : 163 Juta Rupiah
* Datsun Cross versi matic (CVT): 175 Juta rupiah

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini