Ini Aturan Buang Sampah di Jalan, Sungai dan Trotoar

Beberapa hari yang lalu beredar video yang viral di dunia maya mengenai perkelahian antara seorang pemuda dengan anggota TNI AL, perkelahian ini disebabkan penumpang mobil (yang dikendarai pemuda tersebut) yang membuang sampah sembarangan di jalan raya hingga mengenai pengguna jalan (Istri Anggota TNI yang sedang dibonceng).
Lalu anggota TNI AL tersebut memperingatkan agar pengemudi mobil jangan seenaknya membuang sampah sembarangan di Jalan, nah rupanya driver mobil tidak terima diperingatkan lalu keluar mobil dan memukul TNI tersebut, akhirnya terjadi perkelahian yang untungnya bisa dilerai warga.
Sanksi membuang sampah di jalan
Apakah pembaca mobilku.org tahu bahwa ternyata membuang sampah di jalan maupun di trotoar itu adalah dilarang, hal ini sesuai dengan Perda No. 3 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah, dimana orang yang buang sampah sembarangan di jalan atau di trotoar bisa dikenakan denda sebesar 100 ribu rupiah, sedangkan jika membuang sampah di sungai dikenakan sanksi sebesar 500 ribu rupiah.
Nah rupanya dengan adanya kasus ini pemerintah DKI Jakarta kembali menerapkan aturan yang seolah-olah penegakannya kurang ini, sosialisasi kembali digalakkan pada masyarakat agar tidak membuang sampah di jalan/ trotoar/ sungai jika tidak ingin kena sanksi.
Simpan saja sampah di Mobil
Lantas bagaimana jika kita makan snack atau buah-buahan di mobil? bungkusnya bagaimana?
Caranya pecinta otomotif menyiapkan 1 tas kresek apa saja untuk membuang sementara sampah (digunakan sebagai tempat sampah sementara di dalam mobil).
Jika berniat membuang sampah tersebut ke luar mobil tunggulah sampai kresek terisi penuh dengan sampah, lalu cari tempat sampah yang ada di pinggir jalan (biasanya di fasilitas umum ada tempat sampah). Pecinta otomotif bisa menghentikan mobil dan membuang sampah pada tempatnya, hal ini yang selalu dilakukan turis saat berkunjung ke negara kita, turis aja bisa masak kita tidak bisa menjaga lingkungan kita sendiri
Cerita admin mobilku.org bertemu turis
Kebudayaan eropa/ amerika sangat menghargai lingkungan, suatu saat pernah admin mobilku.org jalan-jalan ke kota dan melihat anak kecil makan es krim dengan ibunya (turis asing), nah setelah es krim habis (tinggal bungkusnya) anak kecil tersebut tidak membuangnya, dia terus memeganginya sambil jalan...lalu saat berjumpa dengan tempat sampah baru dia membuangnya ☺Nah anak kecil dari luar aja bisa, masa kita kalah brooo

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini