Jangan Nyalakan Lampu Hazard saat Hujan

Nah banyak Driver yang belum paham hal ini, saat hujan lebat banyak driver menyalakan lampu hazard sambil menjalankan mobil meskipun mobil berjalan pelan. Hal ini tadi dialami oleh admin mobilku.org sewaktu perjalanan pulang ke rumah dari tempat kerja, kebetulan dan hujan cukup lebat serta banyak sekali pengemudi yang menyalakan lampu hazardnya, itu sangat mengganggu pengendara dibelakangnya karena langsung menatap lampu kedip secara terus menerus.
Secara aturan, lampu hazard atau lampu berkedip terus menerus di bagian depan dan belakang mobil (berwarna kuning) ini hanya boleh dihidupkan saat mobil berhenti (dalam keadaan diam) atau tidak berjalan, selain itu penggunaannya juga hanya untuk kondisi darurat (mobil mogok, kecelakaan dan lain sebagainya)
Alasan tidak boleh dinyalakan saat jalan
Jadi pada intinya lampu berkedip-kedip terus menerus ini tidak boleh dinyalakan sambil berjalan meskipun cuaca hujan cukup lebat. Ini alasannya:
* Lampu berkedip kedip akan sangat menyilaukan, jauh lebih menyilaukan dibanding lampu yang menyala terus. Hal ini karena mata bekerja terus untuk menyesuaikan dengan kuantitas cahaya, jika cahaya berubah-ubanh maka mata akan cepat capek dan menyeababkan silau atau kantuk pada pengendara lain
* Menyebabkan kecelakaan pada kendaraan lain
Jika ada menyalakan lampu ini
Nah kadang-kadang kita dibuat jengkel jika hal itu terjadi pada kita (dibelakang mobil yang menyalakan lampu hazard sambil berjalan), apa yang bisa kita lakukan?
1. Coba peringatkan dengan menyalakan lampu dim 1-2 kali
2. Jika dengan memakai lampu dim gagal, maka cara yang paling efektif dalam mengurangi silaunya adalah dengan menambah jarak dengan mobil di depan, mundurlah sampai dirasa lampu berkedip itu tidak terasa menyilaukan dan mengganggu visibilitas
Lebih baik nyalakan lampu utama
Jika hujan lebat akan jauh lebih baik menyalakan lampu utama (lampu depan/ headlamp), dengan nyala yang terang tapi tidak mengganggu headlamp akan memberikan sinyal keberadaan mobil kita dari depan.
Dari belakang saat kita menyalakan headlamp maka lampu kota di bagian depan belakang juga menyala, sehingga bisa dikata semua lampu menyala kecuali lampu hazard. Efektifitas dan keselamatan headlamp ini jauh lebih baik daripada lampu hazard.
Akibat lampu Hazard akan menjadi sangat berbahaya jika dinyalakan saat malam hari dan waktu hujan, sangat membahayakan untuk mobil dibelakang
Baca juga: Cara mengemudi saat hujan dengan aman

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini