Cara Unik Balas Pengendara yang suka make Lampu Jauh

Lampu jauh ini sering membuat pengendara lain di depannya silau, hal ini cukup berbahaya bagi pengendara lain karena bisa menyebabkan kecelakaan. Di Indonesia memakai lampu yang terlalu tinggi dan lampu HID sebenarnya sudah dilarang akan tetapi untuk penegakan aturannya tersebut masih kurang maksimal. Secara aturan, lampu jauh dipakai pada saat-saat tertentu saja dan ada batasan sudut kemiringan terhadap tanah dan ketinggian maksimum lampu.
Di China hal serupa juga terjadi yakni kegalauan pengendara mobil terhadap pemakai lampu HID dan lampu jauh ini, sedangkan pelanggaran dengan memakai lampu jenis ini selain ditilang juga disuruh melihat lampunya sendiri secara langsung dengan mata.
Nah ada cara unik juga yang dilakukan oleh orang-orang yang merasa terganggu dengan sorot lampu ini, yakni dengan membuat sticker sesosok hantu yang ditempelkan pada kaca mobil atau tempat lain kaca toko/ yang lain, kebanyakan sih ditempel di bagian kaca belakang mobil.
Sticker ini hanya akan terlihat jika terkena sorot lampu/ ada cahaya, jadi saat ada pengguna jalan memakai lampu jauh seolah-olah dia melihat hantu di mobil tersebut, hal ini membuat sebagian pengendara menjadi takut :-) lucu juga ya pembaca mobilku.org
Sticker ini dijual dengan harga cukup murah untuk ukuran yang cukup besar (seperempat kaca mobil city car) yakni hanya 40 ribu rupiah saja.
Pihak kepolisian di China juga mulai merasa penempelan stiker hantu tersebut menimbulkan bahaya kecelakaan apabila yang melihat merasa kaget dan kebetulan penakut, pihak kepolisian Shandong (salah satu kota di China) bahkan memberlakukan denda 100 yuan atau setara 200 ribu pada mobil yang memakai sticker hantu
Di Beijing pemakaian sticker ini tidak dikenakan denda, akan tetapi polisi disana mengatakan bahwa penempel sticker kemungkinan juga akan bertanggungjawab jika terjadi kecelakaan akibat sticker hantu mereka :-)
Nah uni bukan bro bagaimana negara lain menyikapi keluhan terhadap lampu sorot dan lampu HID ini, mulai dari dihukum melihat lampunya sendiri dengan mata telanjang sampai penggunaan sticker hantu untuk membuat jera pengendara yang lampunya disetel terlalu tinggi :-)
Di Indonesia sudah ada gak ya? hihihi kalau ada pengen pasang juga :-D

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini