Mau Tidur dalam Mobil? Cari tempat yang tepat dulu

Pecinta mobilku.org, saat kita mengantuk dalam perjalanan memang seharusnya kita beristirahat untuk tidur minimal 30 menit, tidak ada obat untuk menghilangkan kantuk saat perjalanan selain tidur dan beristirahat di perjalanan.
Nah ketika pecinta mobilku.org mencari tempat untuk tidur sebaiknya tidak asal minggir di tepi jalan langsung tidur! paling tidak carilah tempat atau lokasi yang cukup aman untuk melepas penat sambil tertidur, berikut adalah lokasi yang biasa digunakan untuk beristirahat:
1. Masjid/ Mushola (halamannya saja)
2. SPBU
3. Mini Market (alfamart/ indomaret)
4. Rest Area
5. Tempat umum: seperti kantor desa, Pekarangan Sekolah, Universitas/ kampus, dll
6. Tempat yang lapang, aman dari tertabrak kendaraan lain dan masih cukup ramai.
Tempat yang dihindari untuk tidur
1. Pinggir jalan dengan roda menyentuh aspal (bahu jalan), hindari memarkirkan mobil seperti ini
2. Tempat sepi, bahaya perampokan dan pencurian
Jika terpaksa tidak tidur di tempat-tempat khusus seperti diatas dan terpaksa di pinggir jalan, sebaiknya pecinta mobilku.org memastikan untuk meminggirkan mobil di tempat yang benar-benar bebas dari kendaraan lain, misalnya masih tersedia tempat di pinggir jalan dengan lebar lebih dari 4 meter sehingga pecinta otomotif bisa benar-benar menepikan mobil jauh dari aspal (3-5 meter).
Pastikan pula tempat tersebut cukup ramai (tidak terlalu sepi), hal ini untuk menghindari pencuri atau perampok yang mana biasanya mereka tertarik pada mobil yang diparkir di tempat sepi (sendirian).
Intinya ada 2 hal yang menjadi prinsip yakni tempat tersebut harus cukup lapang (3-5 meter dari jalan) dan cukup ramai (ada penduduk, bukan area hutan).
Untuk kenyamanan sebaiknya pecinta mobilku.org mencari tempat yang cukup teduh agar tidak terlalu panas pada saat siang hari.
Menempatkan barang
Jika pecinta mobilku.org tidur sendirian kebetulan seorang diri mengendarai mobil maka yang perlu ditata sebelum tidur adalah barang-barang bawaan, sebisa mungkin sembunyikan di tempat yang tertutup barang berharga anda misalnya: HP, Dompet, Tas, Laptop, Uang, Kunci Kontak, dll.
Tempatkan barang-barang tersebut di laci mobil atau di lantai mobil yang ditutupi dengan barang seadanya misalnya sendal, topi, dll. Jangan taruh benda berharga anda di atas jok atau atas dashboard yang membuat pencuri menginginkan barang anda. Setelah dipastikan aman (sudah diatus aman dan tidak terlihat) pecinta otomotif bisa mulai mengtaur udara dalam mobil
Buka sedikit kaca jendela mobil (1 atau 2 jari) dan jangan lupa kunci pintu mobil, mengapa kaca mobil harus dibuka? hal ini untuk sirkulasi udara agar saat kita tidur sampai berjam-jam kualitas udara dalam kabin kita tetap bagus karena bersirkulasi dengan udara di luar, kadang-kadang kita tidur tidak terkontrol karena terlalu mengantuk (bisa 3-4 jam)
Oh iya bro, saat tidur hendaknya mesin dimatikan dan AC juga dimatikan hal ini mengingat beberapa kejadian driver meninggal dunia akibat tidur dalam mobil dengan mesin dan AC yang menyala.
Setelah bangun
Nah setelah pecinta mobilku.org bangun dari tidur jangan terburu-buru menghidupkan mobil dan menyetir, tunggulah sebentar barang 10-15 menit sampai kesadaran benar-benar pulih, minum sedikit air putih jika perlu keluar mobil barang 3-5 menit untuk menyesuaikan tubuh kita dengan udara agar lebih segar.
Setelah 10-15 menit baru pecinta otomotif bisa mulai menjalankan mobil :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini