Daya Muat Avanza, Ertiga, Mobilio, Fortuner, Pajero

www.mobilku.org - Mobil 7 penumpang kini semakin banyak di Indonesia jika dulu hanya ada Avanza dan Xenia tanpa rival. Sekarang sudah bermunculan Low MPV 7 penumpang dari produsen lain seperti Suzuki dengan Ertiga, Honda dengan Mobilio, Datsun dengan Go+ panca, Nissan dengan Livina, dan lain sebagainya.
Nah banyaknya mobil dalam segmen yang sama yakni MPV ringan 7 pengumpang ini membuat bingung calon konsumen bagaimana membedakannya dari segi mana yang lebih kuat membawa beban banyak?
Rumus daya angkut atau daya muat sebenarnya adalah berat maksimum mobil (Gross Vehicle Weight) dikurangi dengan berat kosong mobil (Curb Weight), nah selisih antara GVW dan CW ini adalah beban dari luar mobil yang boleh ditambahkan. Misalnya Innova memiliki berat maksimum 2130 Kg dan berat kosong 1525 Kg, maka daya angkut atau daya muat yang boleh ditambahkan adalah 2130-1525= 605 Kg. Jika Innova diisi dengan penumpang 7 orang dengan berat rata-rata 65 Kg maka untuk penumpang saja sudah 455, ini artinya untuk barang maksimum yang boleh dibawa adalah daya angkut- berat penumpang yakni 605-455= 150 Kg  barang (jangan lebih).
Nah dari cara diatas pecinta otomotif bisa melihat buku manual mobil untuk mengetahui berapa Gross Vehicle Weight dan Curb Weight mobil untuk kemudian mengetahui berapa beban maksimum yang bisa ditambahkan pada mobil.
Kali ini www.mobilku.org akan memberikan beberapa data tentang daya muat mobil-mobil yang banyak beredar di Indonesia yakni:

Toyota Avanza: Daya angkut 540 Kg
Suzuki Ertiga: Daya angkut 600 Kg
Honda Mobilio: Daya Angkut: 715 Kg
Daihatsu Xenia 1.0: 545 Kg
Daihatsu Xenia 1.3: 550 Kg
Daihatsu Granmax: 890 Kg
Daihatsu Luxio: 800 Kg
Suzuki APV: 790 Kg
Suzuki Jimny Katana: 390 Kg
Nissan Evalia: 590 Kg
Nissan Grand Livina: 560 Kg
Nissan X Trail: 550 Kg
Toyota Innova: 605 Kg
Toyota Fortuner: 625 Kg
Ford Everest: 711 Kg
Mitsubishi Pajero Sport: 705 Kg
Chevrolet Captiva: 727 Kg
Daihatsu Terios: 450 Kg
Toyota Rush: 450 Kg
Toyota Fortuner: 555 Kg
Toyota Fortuner 2.5 Diesel: 570 Kg
Isuzu Panther Grand Touring: 570 Kg
Honda CR-V Gen 3: 527 Kg
(nb; jika salah mohonn dikoreksi, dan ditambahkan dikolom komentar)

Yang unik adalah daya muat atau daya angkut Honda Mobilio yang secara teknis terbilang sangat besar dikelasnya yakni mencapai 715 Kg, jika dibandingkan dengan rivalnya misalnya avanza atau Xenia yang daya angkut maksimumnya hanya 540 Kg, Ertiga yang juga hanya 600 Kg mobilio menjadi Low MPV dengan daya angkut paling besar.
Di sisi lain mobil yang berbasis mobil niaga seperti Daihatsu Luxio, Dihatsu Granmax, Suzuki APV daya angkutnya luar biasa besar yakni dikisaran 800 Kg, mengapa demikian? karena mobil ini memang platform aslinya adalah kendaraan niaga dan pick up yang memang difungsikan untuk mengangkut beban berat.
Beberapa mobil SUV ternyata memiliki daya angkut yang tidak terlalu besar, hal ini cukup wajar karena SUV memang tidak dibuat untuk daya angkut yang banyak akan tetapi lebih ke daya jelajah yang baik, jika ingin daya angkut yang banyak ya mobil berbasis niaga (pick up atau truk) yang mungkin sudah diberi seat misalnya Bison station/ APV/ Granmax MB/ yang lain.
Jika membutuhkan mobil yang berpenumpang cukup banyak akan tetapi masih nyaman pecinta otomotif bisa memilih mobil berjenis MPV seperti Ertiga, avanza, mobilio, dll.
Yang terpenting dari uraian daya muat mobil diatas adalah jangan sampai pecinta otomotif overload dalam membawa barang atau penumpang, hal ini sering terjadi dan menimbulkan kecelakaan di jalan bebas hambatan. 

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini