Cara bersihkan bagian Mesin Mobil

Mencuci mobil tidak hanya dilakukan pada bagian eksterior dan Interior mobil saja, akan tetapi pada bagian mesin kita juga dapat mencucinya jika memang membutuhkannya. Alasan seseorang mencuci/ membersihkan ruangan mesin adalah:
1. agar terlihat bersih, pemilik mobil akan senang saat membuka kap mobil dan melihat bagian mesin yang bersih
2. mempermudah perawatan, ruangan mesin yang bersih dapat dengan mudah mengidentifikasi permasalahan mobil. Seperti: adanya rembesan oli, karet (belt) yang getas, kondisi cairan di mobil, dll
3. akan menjual mobil, biasanya pemilik mobil akan mencuci mulai bagian eksterior, interior dan ruangan mesin agar calon pembeli suka. pembeli yang suka kebersihan menyukai hal ini
4. ruangan mesin yang bersih bagi sebagian akademisi otomotif juga berdampak pada meningkatnya kinerja mesin secara keseluruhan (meskipun hal ini tidak terlalu terasa bagi sebagian besar orang seperti kita).
Nah lalu apa saja yang diperlukan untuk membersihkan ruangan mesin ini:
ruangan mesin yang telah disemprot engine degreaser
Alat:
- lap kain bersih
- lap chamois/ kanebo
- kuas
- sikat gigi
- plastik/ kresek (untuk membungkus kabel dan soket)
Bahan:
- air bersih
- engine Degreaser
- sabun colek
Cara membersihkan:
I. Persiapan
1. Matikan mesin, jika mobil dalam kondisi panas maka tunggulah sampai dingin
2. Cabut kunci kontak, hal ini untuk memastikan tidak ada arus listrik
3. Cabut kabel pada terminal aki, untuk menghindari korsleting saat menyiram dengan air
4. Tutup beberapa komponen yang biasanya dialiri listrik/ pengapian dengan plastik seperti: kabel busi, sensor koil, sekering dan kotak sekering, soket-soket kelistrikan, lubang hisap udara, dan perangkat (benda) elektronik misal GPS/ sensor jika dirasa membutuhkan penutupan.
II. Pencucian
1. Setelah semua persiapan selesai maka pecinta otomotif bisa membasahi mesin mobil, siram dengan air memakai slang bertekanan rendah (seperti mengguyur saja), jangan menekan slang terlalu kencang untuk menghindari adanya semprotan bertekanan.
2. Setelah selesai menyiram, gunakan kuas untuk membersihkan kotoran pada mesin. Jika kotoran sedikit membandel maka gunakan sikat gigi untuk lebih membersihkannya (tapi jangan terlalu kencang juga menyikatnya), jika membutuhkan bisa mengoleskan sabun colek pada bagian kotoran yang bandel untuk mempermudah menyikatnya
3. Gunakan engine degreaser, pada tahap ini pecinta otomotif sudah boleh memakai engine degreaser. Semprot dengan lembut bagian-bagian mesin (seluruh yang akan dibersihkan) dngan engine degreaser.
4. Diamkan sekitar 20-25 menit agar cairan degreaser bekerja merontokkan kotoran yang menempel pada permukaan logam mesin/ komponen lainnya
5. Lalu gunakan kuas untuk lebih meratakan sekaligus membersihkan bagian mesin sampai ke sudut-sudut.
keringkan air dengan lap chamois atau lap mikrofiber
6. Setelah dibersihkan dengan kuas dan engine degreaser, pecinta otomotif bisa membilas dengan air. Siram dengan air bersih bertekanan rendah dari slang agar kotoran yang bercampur engine degreaser tadi luruh kebawah bersama air.
7. Jika busa dan kotoran sudah terlihat bersih, pecinta otomotif bisa mengelapnya dengan kain bersih untuk mengangkat sisa air dan mengeringkannya. Setelah di lap bersih dan kering, pecinta otomotif sudah mulai bisa membuka penutup plastik yang tadi digunakan untuk menutup soket-soket kelistrikan dan sekering, ambil lap kering lagi dan lakukan pengelapan jika masih ada tetes air yang masih tersisa/ terlihat (bisa dengan lap chamois)
8. Pasang kembali kabel aki dan coba hidupkan mesin
Mudah bukan membersihkan mesin ini? ada ulasan juga yang mengatakan bahwa jika tidak punya engine dreaser atau jauh dari kota (bengkel car care) bisa diganti dengan campuran bensin dan sabun colek, sedangkan komposisinya tergantung kondisi jika mesin kotor sekali banyak minyak maka pakai campuran lebih banyak bensin dan sabun colek sedikit.

2 komentar: