Mobil dengan Airbags tetap wajib pakai Sabuk Pengaman

Banyak pecinta otomotif yang beranggapan kalau mobil sudah dilengkapi airbags maka sudah aman dan tidak perlu lagi memakai sabuk pengaman saat jalan, padahal sebenarnya airbags akan bekerja dengan efektif jika dipadukan dengan sabuk pengaman. Hal ini seperti diungkapkan Iwan Abdurahman selaku kepala bengkel Toyota Astra Motor di Sunter Jakarta Utara
Peran airbags sebenarnya adalah untuk melindungi kepala (kecuali airbags pada bagian bawah dan samping jika ada), nah saat terjadi kecelakaan airbags ini akan melindungi kepala akan tetapi tubuh tidak akan terlindung karena kuatnya hempasan kedepan, besarnya hempasan kedepan efektif ditahan oleh sabuk pengaman mobil.
Saat tidak memakai sabuk pengaman maka kepala dan dada atas akan mendapat beban yang luar biasa akibat hempasan tubuh sehingga otot leher akan cidera. Selain cidera otot leher, tidak memakai sabuk pengaman juga akan sangat berbahaya terutama akan menyebabkan tubuh terbentur dengan bagian-bagian mobil yang ringsek (pilar mobil, body, dashboard, dll).
Iwan juga mengatakan bahwa pengamanan yang pertama dan paling penting justru sabuk pengaman, baru setelah itu sistem safety mobil lain akan berbicara misalnya rangka pelindung body, airbags, sensor jika ada, dan lian sebagainya.
Sabuk pengaman kini terbagi dua jenis, pada mobil-mobil lama sabuk pengaman bersifat statis dan manual artinya pengemudi menset dahulu kekencangan sabuk sebelum mengemudi, sabuk pengaman jenis ini tidak bisa mengencang dan mengendor sendiri maka harus dikencangkan sebelum perjalanan.
Sedangkan pada mobil-mobil baru sabuk pengaman secara otomatis, pengemudi hanya tinggal menarik dan memasangkan ujungnya maka sabuk pengaman akan menyesuaikan dengan ukuran tubuh, sabuk pengaman otomatis ini sangat enak dipakai (tidak ribet) dan juga tidak merepotkan tubuh, selama perjalanan sabuk tidak terlalu erat mengikat tubuh (seperti karet), akan tetapi jika terjadi hentakan maka sabuk secara otomatis mengunci, sedangkan saat kita bergerak halus misalnya maju kedepan untuk menyeting audio maka sabuk pengaman akan mengendor (nah enak bukan sabuk pengaman otomatis ini, harganya pun berkisar 250 ribu rupiah ga terlalu mahal). Sedangkan bentuk sabuk pengaman bermacam-macam ada yang dua titik, tiga titik, pangkuan, harness, dan lain sebagainya 

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini