Dampak Negatif Beli Mobil bekas Taksi, Rental atau Angkot

Menjamurnya rental mobil ilegal saat ini membuat jual beli mobil bekas harus ekstra hati-hati, karena jika tidak hati-hati bisa-bisa kita membeli mobil bekas taksi atau rental atau angkot.
Apa sih buruknya mobil bekas rental/ taksi/ angkot?
Yang pasti usia pakai mobil tersebut sudah habis atau mendekati habis, karena jika usia pakai masih panjang tidak mungkin pemilik mobil menjualnya.
Berapa km atau berapa tahun sebenarnya usia mobil? di Indonesia umumnya mobil dikatakan sudah tidak layak pakai jika usianya lebih dari 15 tahun atau lebih, meskipun pada dasarnya mobil masih bisa dipakai hingga 30 tahun akan tetapi sudah tidak enak. Jika dengan patokan km maka mobil dikatakan tidak layak pakai jika sudah menyentuh 200 ribu km atau lebih, meskipun mobil masih bisa dipakai hingga 400 ribu km tapi juga sudah tidak nyaman dipakai.
Pihak perusahaan/ produsen mobil semacam Honda/ Toyota/ Nissan biasanya memberi garansi sampai 100 ribu km (maksimal), normalnya garansi sampai 50 ribu km. Nah kita ambil yang ekstrim misalnya 100 ribu km, perusahaan sudah benar-benar tidak mau dan tidak bisa memperpanjang garansi lebih dari 100 ribu km, hal ini dilakukan karena produsen otomotif tahu bahwa pada km tersebut mobil sudah sering rusak.
Nah bagaimana dengan mobil rental? saat ini banyak nih mobil rental ilegal (berpelat hitam) dan saat membeli atas nama perseorangan. Mobil-mobil rental ini biasanya berjenis Low MPV seperti Avanza, Ertiga, Mobilio, dll kebanyakan sih avanza dan xenia karena rivalnya baru sekitar 2-3 tahun ini muncul (ertiga, mobilio, dll).
Mobil rental biasanya dijual saat kilometer sudah mencapai hampir 300 ribu km, nah pada kilometer sejauh ini maka komponen-komponen mobil sudah banyak yang aus misalnya silinder, gardan, transmisi, dll. Memang mobil masih bisa berjalan akan tetapi sudah tidak enak dan sebentar lagi akan rusak.
Mobil bekas taksi biasanya dijual jika kilometer menyentuh 300-400 ribu km (hampir sama dengan mobil rental), meskipun mobil masih terlihat baru modelnya akan tetapi sebenarnya mobil bekas taksi ini benar-benar sudah dipakai maksimal. Biasanya mobil taksi sehari menempuh perjalanan 200 km, sebulan 6000 km dan setahun sekitar 70 ribu km (sudah dipotong libur), dalam 4 tahun saja km sudah mencapai 280 ribu km sudah siap-siap dijual.
Yang perlu diingat adalah bahwa para pebisnis mobil (pemilik taksi, rental, angkot) bukanlah orang yang tidak tahu masalah umur mobil (mereka cukup pintar dan sangat tahu). Mereka tahu jika mobil akan rusak dan jika dipaksakan mempertahankannya maka biaya perawatan akan sangat besar dibanding sebelumnya
Untuk mobil bekas angkot malah parah karena selain dipakai lebih keras tiap harinya pemilik angkot juga jarang yang menyervice mobil dengan baik tepat waktu di bengkel resmi sehingga kondisinya selain km panjang juga banyak part yang aus karena tidak diganti selama berpuluh tahun
Resiko jika membeli mobil bekas rental/ angkot/ taksi
* Usia mobil sudah habis, sama dengan manusia jika sudah usia 70 tahun maka hidupnya sudah tidak lama lagi jika dibanding yang muda, dan saat usia tersebut manusia juga sering sakit-sakitan sama dengan mobil tua yang kehabisan usia pakai sering rusak
* Harus mengganti banyak sekalo komponen
Mobil memiliki banyak sekali komponen mulai bagian body, mesin, interior, fitur/ ornamen interior/ eksterior, sistem transmisi, sistem penggerak, sistem pengapian, sistem pasokan bahan bakar, sistem suspensi dan lain sebagainya.
Nah pada sistem-sistem tersebut banyak sekali komponen yang terlibat misalnya sistem transmisi ada gearbox, sistem penggerak ada gardan, pasokan bbm ada karburator, pompa bbm, dan lain sebagainya...yang mana semuanya memiliki umur pakai yang terbatas (tidak selama-lamanya) biasanya disesuaikan dengan umur mobil.
Nah bayangkan jika pecinta otomotif membeli mobil yang komponen-komponennya sudah aus dan minta diganti, berapa banyak yang harus diganti?? berikut artikel tentang kerusakan mobil berdasarkan usia mobil
Tiap-tiap mobil berbeda-beda kemampuan atau umur pakainya, misalnya untuk mobil kelas bawah (misal Brio) umur pakainya akan lebih pendek daipada mobil kelas menengah (misal CR-V). Untuk mobil dengan usia diatas 5 tahun maka umur mobil juga tergantung perawatan sebelumnya dan pemakaian sebelumnya, misal jika mobil dipakai oleh seorang yang menyayangi mobil akan berbeda kondisinya dengan dipakai orang yang hanya memakai tanpa merawatnya.
Harga mobil bekas taksi atau rental
Harga jual mobil bekas taksi biasanya turun dari 30% sampai 50% harga normal, jadi jika harga normal mobil bekas keluaran 2011 adalah 150 juta maka untuk mobil bekas taksi sekitar 75 juta sampai 105 juta.
jenis mobil yang sering dipakai travel/ rental ilegal
Lumayan murah dan menggiurkan bukan? akan tetapi yah gitu deh kekurangannya sudah dijelaskan di atas, jika mau ambil resiko ya gak papa...tapi lebih baik membeli dari orang saja, sukur-sukur jika untuk keluaran tahun 2011 km masih sekitar 50 ribu km atau lebih kecil.
Standarnya per tahun mobil berjalan 15 ribu km, jadi jika 5 tahun maka km menunjukkan angka 75 ribu km, jika angka km masih dibawah 75 ribu km artinya umur pakai mobil masih lama. jika sudah mencapai 100 ribu km artinya mobil kelelahan dan lebih tua dari usianya
Nah untuk mengecek keaslian km (jarak tempuh mobil) bisa dilakukan di bengkel resmi mobil, biasanya ada biaya jasa pengecekan km tapi tidak mahal (biaya ini bisa ditanggung pembeli atau dibagi dua tergantung kesepakatan).
Berikut adalah cara membedakan mobil tersebut bekas taksi/ travel atau dipakai sendiri

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini