Tips/ Cara Merawat Karet Pintu Mobil

Karet pintu mobil akan kehilangan elastisitasnya seiring dengan waktu, biasanya umur karet mobil dengan pemakainan standar bisa bertahan sampai 5 tahun, akan tetapi jika tanpa perawatan dan dipakai sembarangan umur karet juga lebih cepat habis atau soak atau Getas.
Nah pada mobil usia diatas 5 tahun karet pintu mobil kebanyakan sudah tidak berfungsi dengan baik (menjadi kaku, pecah-pecah, kehilangan elastisitasnya, dll).
Akibat karet pintu mobil rusak/ getas
Nah masalah karet getas ini akan menyebabkan:
* Fungsi peredam suara karet menjadi berkurang sehingga suara bising dari luar menjadi cukup mengganggu,
* Air hujan sering masuk ke dalam pintu sebelah dalam kabin, bahkan bisa sampai nyiprat ke penumpang :-)
* Saat membuka/ menutup pintu mobil menjadi kurang enak karena sura pintu menjadi keras dan juga sering kesulitan menutup pintu dengan sempurna.
Penyebab karet cepat getas
1. Karena usia/ waktu; ya karet seiring dengan waktu akan mengeras/ rusak karena reaksi dengan udara.
2. Karena sering terkena sinar matahari, sinar matahari langsung sangat cepat memicu kerusakan karet..jangankan kena sinar langsung, sinar matahari tidak langsung saja bisa merusak karet mobil.
3. kurangnya perawatan; sering terkena air, karet kotor, terpapar panas, terkena hujan dan tidak dibersihkan adalah penyebab lain karet pintu mobil cepat rusak
Cara merawat karet pintu mobil
Nah agar karet pintu mobil tidak cepat rusak/ aus/ getas/ berikut tips merawatnya?
* Beli silicon spray untuk memelihara kelenturan karet dan juga siapkan lap untuk membersihkan karet, siapkan pula kuas halus/ sikat gigi halus jika karet sudah lama tak dibersihkan
1. Bersihkan karet dengan kuas/ sikat gigi halus sampai bersih... gunakan air + shampo mobil sebagai bahan pembersihnya sementara alatnya: kain lap + kuas
2. Jika karet mobil sudah benar-benar bersih, jangan lupa basuh kembali agar detergen/ air+shampo mobil benar-benar bersih lalu angin-anginkan sampai kering (tidak ada air)
3. Setelah kering semprotkan silicon spray (khusus untuk merawat karet mobil) pada permukaan karet lalu tunggu sekitar 3-5 menit (asal jangan sampai silicon spray kering). Mengapa harus menunggu? karena silicon spray ini bekerja tidak hanya dipermukaan saja akan tetapi akan meresap ke dalam pori-pori karet untuk memelihara kelenturan karet... jangan terlalu lama juga karena silicon spray jika terlalu lama menyebabkan karet terlalu lunak
4. Setelah ditunggu atau dibiarkan selama 3-5 menit lalu bersihkan silicon dengan lap kain bersih sampai kering. Nah mudah bukan merawat karet pintu mobil? intinya seperti merawat ban mobil dengan silicon agar tetap terjaga kelenturannya dan tetap bersih :-)
5. Lakukan pada pintu mobil yang lain agar semua karetnya terpelihara

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini