Mengatasi Mobil Brebet di RPM tinggi, dan Penyebabnya

Sebenarnya ini masalah pada mobil saya sudah agak lama sih, keluhannya saat di gas kadang-kadang serasa tersentak,,seperti mesin kehilangan tenaga lalu tiba-tiba tenaganya muncul lagi (meskipun tidak terlalu sering, kadang-kadang).
Nah yang pasti adalah mesin mobil saya brebet saat digas menyentuh 4000 RPM atau saat berada pada RPM menengah dan RPM tinggi, mungkin juga permasalahan tersentaknya tenaga tadi juga jadi satu sebenarnya masalahnya...Jadi selama sebulan ini admin www.mobilku.org memakai mobil hanya pada rpm rendah dibawah 4000 saja tapi hanya main gigi 1-3 saja :-) dan tidak berani nginjak gas mendekati 4000 karena pasti brebet dan mobil kehilangan tenaga.
Setelah bertanya sana-sini akhirnya kesimpulan awal adalah karburator yang kotor dan perlu diservice, terutama pada main jet yang bertugas menyalurkan BBM pada saat RPM mesin tinggi, sementara pilot jet adalah penyalur BBM jika rpm mesin berada dibawah 4000 (rendah). Saran dari salah satu teman adalah bawa ke bengkel dan service karburatornya terutama pada main jetnya
Lalu saat ada waktu luang saya membawa mobil ke bengkel dan bilang keluhan bahwa mobil brebet di RPM tinggi dan saya minta karburatornya diservice, eh rupanya bengkel sudah sangat tanggap dan biasa dengan permasalahan tersebut.
Tak butuh waktu lama, kira-kira 1/2 jam pengerjaan service membersihkan karburator selesai,,,setelah selesai saya coba gas eh ternyata sudah beres permasalahannya...jarum indikator RPM sudah bisa tembus 5000 RPM artinya sudah norma lagi dan tidak brebet. Lalu mobil saya coba jalan eh ternyata yang hentakan hilang lalu ada lagi tenaganya sudah tidak bermasalah lagi, mesin sudah tidak menghentak dan lebih stabil :-) wahh benar juga kata temenku itu...
Kesimpulannya dari kasus ini adalah:
1. Jika mobil brebet maka hal yang pertama bisa dilihat adalah karburator, meskipun pengapian (busi) juga salah satu penyebab brebet
2. Jika brebet pada RPM rendah ini yang bermasalah adalah pilot jet dalam karburator yang mampet
3. Jika brebet pada RPM tinggi maka yang mampet/ bermasalah adalah main jet pada karburator
Kasus kotornya mobil ini tentunya khusus pada mobil-mobil lama yang masih memakai sistem pasokan bahan bakar dengan karburator.
Lalu berapa ongkos service karburator? tidak banyak kok sekitar 100 ribu rupiah saja pada tahun 2016, dari pada brebet terus mending di service cuma 100 ribu mobil sudah enak lagi dipakai :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini