Honda Civic Ferio, Ulasan dan Spesifikasi

Honda Civic Ferio adalah mobil berjenis sedan kompak yang dikeluarkan Honda mulai tahun 1996 sampai tahun 2000, Honda Civic Ferio merupakan generasi ke 6 dari honda Civic, keluarnya Ferio tahun 1996 ini sekaligus juga menandai berakhirnya produksi Civic Genio sebagai generasi pendahulu Ferio, Civic Ferio digantikan oleh New Civic yang keluar mulai tahun 2000 sampai 2005.
Civic Ferio Ngetren
Honda Civic Ferio pada jamannya (tahun 90an) sangat ngetrend terutama untuk anak-anak muda yang menginginkan mobil dengan kecepatan, image mewah dan +sporty, dan berkualitas tinggi. Penghobi Civic Ferio ini sampai sekarang masih fanatik dengan mobil ini, mereka menyenangi mengendarainya karea mungkin banyak kenangan saat dulu memakainya :-)
Honda Civic Ferio masuk dalam jajaran lini mobil Sport Honda sehingga jika dikatakan teknologi mobil ini paling maju dijamannya tidaklah berlebihan, berbagai teknologi yang melompati jamannya disematkan ambil contoh:
* Headlamp Civic Ferio yang sudah memakai lapu kristal, padahal 2 pesaing beratnya yakni Corolla All New dan Lancer Evo 4 masih dengan lampu buramnya
* Teknologi mesin yang sudah memakai VTEC
* Sistem suspensi memakai double wishbone
* Tenaga yang besar yakni 125 Hp, cukup berkelas di jamannya
Secara teknis Honda Civic Ferio adalah mobil sedan berdimensi kompak (kecil), dengan lekuk-lekuk body mobil yang halus cukup enak dilihat sampai saat ini (banyak yang mengatakan desainnya abadi), rival utama mobil ini adalah Toyota Corolla All New dan Mitsubishi Lancer Evo4.
Keunggulan Civic Ferio
Beberapa keunggulan Honda Civic Ferio yang menjadi daya tarik hingga saat ini adalah:
- Konsumsi BBM yang irit, dengan teknologi VTEC-e (Economy) yang mengkhususkan diri pada pengoptimalan konsumsi BBM mobil, bahkan beberapa pemilik mobil ini ada yang mengatakan sampai saat ini konsumsi BBM Honda Civic Ferio adalah 1 : 20 (1 liter untuk 20 km) jalan bebas hambatan, termasuk irit bukan untuk mobil tahun 90an dengan kapasitas mesin 1600 cc
- Tenaga yang besar terutama untuk putaran mesin menengah-atas, Honda Civic Ferio secara teknis memilki kemampuan mesin hingga 125 Hp (horse power) pada putaran 6400 Rpm, sebuah tenaga yang besar di jamannya bahkan sampai saat ini. Bandingkan dengan Toyota Yaris terbaru yang keluar 20 tahun kemudian tenaganya hanya 110 Hp...
- Harga yang cukup murah saat ini, di pasaran honda Civic Ferio ini antara 60 juta sampai 90 juta tergantung seberapa Original barang, baik/ tidaknya perawatan, dan tahun keluar. Untuk tahun-tahun awal keluar misalnya tahun 1996-1997 biasanya rentang harganya termurah yakni 60 jutaan sedangkan tahun 1999-2000 an rentang harganya termahal sampai 90 juta.
Semakin terawat mobil, semakin baru mobil, semakin orisinil mobil, apa lagi tangan pertama maka mobil-mobil klasik seperti Ferio dihargai lebih mahal.
- Desain klasik yang manis, ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang menginginkan mobil lama tapi masih enak dipandang
- Sparepart melimpah, nah mobil ini termasuk yang memiliki ketersediaan sparepart banyak
- Kenyamanan masih sangat baik dengan suspensi, AC dan volume kabin yang cukup besar.
- Purna jual stabil, kisaran harga mobil ini ya segitu-gitu aja stabil di kisaran 60 sampai 90 juta
Kelemahan Honda Civic Ferio
Mobil lawas memang banyak yang menyukai akan tetapi pecinta otomotif juga harus waspada karena semakin lama logam/ karet juga bisa aus terlebih usia mobil sudah tak muda lagi yakni 20 tahun.
Beberapa kekurangan Honda Civic Ferio antara lain:
- Interior sederhana, untuk kebutuhan mobil jaman sekarang memang dirasa kurang. Misalnya sistem audio/ entertaiment masih klasik dengan kaset/ tape, tidak ada perangkat nafigasi dan juga sistem keselamatan yang memadai (hanya sabuk pengaman)
- Kaki-kaki perlu di service (bushing arm dan shock), karena usia yang cukup uzur biasanya per-per perlu dibenah lagi agar standar, karet-karat sil yang getas juga perlu diganti agar tidak ada kebocoran
- Pada putaran bawah mesin mobil ini kurang bertenaga meskipun mesin sudah berteknologi SOHC.
Spesifikasi Civic Ferio
Honda Civic Ferio dibekali mesin bensin berkapasitas 1600 cc dengan 4 silinder segaris 16 valve, mobil ini sudah menggunakan teknologi SOHC pada mesinnya sementara untuk kode mesin yang digunakan adalah D16Y5 dengan kode sasis Ferio adalah EK. Honda Civic Ferio ini memiliki tenaga yang cukup lumayan pada saat barunya yakni 125 Horse Power pada putaran mesin 6400 Rpm, tenaga sebesar ini bisa dibilang sangat lumayan di jamannya bahkan untuk saat ini juga dikatakan lumayan tenaga sebesar itu. Torsi maksimum yang bisa dihasilkan oleh mesin Civic Ferio adalah 148 Nm pada putaran mesin 5500 Rpm (lumayan), untuk konsumsi BBM Honca Civic Ferio terbilang tidak terlalu irit dimana di jalanan perkotaan konsumsi BBM mobil ini berkisar antara 7 hingga 10 km/ liter premium sedangkan pada rute jalan bebas hambatan bisa sampai 12 km/ liternya....bisa dikatakan cukup boros untuk ukuran jaman sekarang, maklum karena teknologi mesin jaman itu belum semaju dan sepresisi sekarang, banyak celah antar komponen yang menyebabkan BBM tidak terkonversi sempurna menjadi energi gerak.
Honda Civic Ferio memakai sistem penggerak roda depan ini artinya mobil ini lebih cepat berakselerasi pada medan aspal akan tetapi kurang mumpuni pada medan sedikit rusak (cukup sesuai lah dengan jenis mobilnya yang memang sedan dikhususkan untuk jalanan halus), sedangkan untuk sistem transmisi Ferio ada yang bertransmisi matic 4 percepatan dan ada pula yang bertransmisi manual 5 kecepatan. Sistem suspensi bisa dibilang paling empuk (nyaman) di jamannya karena sudah memakai double wishbone independen untuk ke 4 rodanya, sedangkan harga jual mobil ini sekarang berkisar antara 60 sampai 90 juta rupiah (rata-rata tergantung tahun dan kondisi)
Akhir Ferio
Di tahun 2000 Civic Ferio mengeluarkan fersi facelift yang sekaligus sebagai varian terakhir Ferio, cukup singkat untuk sebuah mobil (hanya 4 tahun), akan tetapi penjualan mobil ini bisa dibilang memuaskan dimana ia berhasil menghadang Toyota Great Corolla dan Mitsubishi Lancer CB5.
Di tahun 2000 pula hadir generasi ke 7 dari Honda Civic alias penerus dari Ferio yakni New Civic yang diproduksi selama 5 tahun dari tahin 2000 sampai tahun 2005, kemudian pada tahun 2006 keluar lagi generasi ke 8 yang diberi nama All New Civic.
All New Civic ini sampai sekarang (saat artikel ini ditulis 2015) menjadi yang terbaru, meskipun di Luar negri sudah ada generasi ke 9.
Kelemahan Civic Ferio saat ini mungkin hanya faktor usia saja, dimana untuk tahun pertama civic ferio keluar (1996) umurnya sampai sekarang (2016) adalah 20 tahun, untuk mobil biasanya setelah umur 10 tahun atau kilometer menyentuh 200.000 kilometer biasanya mengalami penurunan performa yang cukup lumayan, kerusakan suspensi mulai melanda pada usia 10 tahun, karat juga sudah melanda, kenyamanan mulai berkurang (seperti handling dan adanya bunyi-bunyi gemertak pada sebagian body), penurunan tenaga mesin juga terjadi akibat pemakaian/ aus pada komponen mesin. Ibarat manuasia kalau masih muda masih sehat dan kuat, tetapi kalau sudah tua tenaganya juga tidak bisa disamakan dengan saat masih muda dulu, akan tetapi jika dibandingkan dengan mobil-mobil yang keluar pada tahun yang sama mobil ini sangat bisa diadu karena pada dasarnay Civic adalah mobil termewah di jamannya hingga saat ini Civic masih menduduki mobil termewah dan mahal

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini