Membawa Sepeda dengan Mobil, manfaatkan Roof Rack

Menjadi pecinta sepeda membuat kita selalu ingin membawa sepeda kemanapun, kita juga ingin bisa bersepeda di tempat-tempat tujuan berlibur kita misalnya di pegunungan/ dipantai atau di perkemahan. Membawa/ mengangkut sepeda dengan mobil sebenarnya bisa ditempatkan di bagian belakang mobil akan tetapi menurut kami membawa sepeda dengan memanfaatkan Roof Rack (Cross Bar atau Roof Rail) ternyata lebih menguntungkan karena Roof Rack berfungsi ganda.
Nantinya Cross Bar/ Roof Rack tidak hanya dipakai untuk menempatkan Roof Bock saja akan tetapi juga bisa digunakan untuk menempatkan Bike Rack sepeda, nah bike rack ini yang secara langsung bersentuhan dengan sepeda.... caranya pecinta otomotif bisa melihat gambar atau bisa memodifikasinya sendiri.
Bike rack sebenarnya sudah banyak di jual di toko-toko sepeda seperti Rodalink dan lain-lain sehingga relatif mudah dicari, untuk harganya tentunya bervariasi ada yang murah (mulai ratusan ribu) ada yang mahal sampai jutaan rupiah, modelnya juga macam-macam.
Lalu apa keuntungan menempatkan di atap mobil? salah satunya adalah beban bertumpu pada roof rack yang memang didesain membawa beban, selain itu barang bawaan akan lebih ringkas dan aman dari pencurian,,,,
Membawa sepeda di atap mobil juga lebih memungkinkan kita membawa sampai 3 sepeda (tapi perhitungkan bobot sepeda dan kekuatan atap mobil) sedangkan kalau ditempatkan di belakang mobil biasanya sangat terbatas,,,biasanya hanya bisa efektif membawa 1 sepeda saja
akan tetapi kekurangannya adalah sepeda terkena terpaan angin, jadi jangan terlalu cepat saat mengemudi dan ikatlah dengan benar serta kuat. Meskipun bike rack sudah dibekali mur dan baut alangkah lebih baiknya jika sepeda diikat lagi ke Bikerack menggunakan tali karet karena tali karet ini sebenarnya tali yang sangat efektif untuk mengikat barang bawaan pada mobil/ motor dan tidak bisa kendor :-)
Untuk penempatan di atas atap mobil, bike rack bisa ditempatkan berdampingan dengan Roof Box jika membawa roof bok, jika tidak maka bike rack bisa ditempatkan di tengah (kalau tidak membawa barang lain selain sepeda).
Nah mudah bukan, www.mobilku.org yakin kalau dengan hanya melihat gambar pecinta sepeda sudah bisa mengira-ngira bagaimana prinsipnya pemasangan roof rack atau Bike Rack pada mobil ini...
Rasanya cukup menyenangkan jika kita disaat liburan juga bisa mengayh sepeda apa lagi saat udara bersih jauh dari polusi :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini