Toyota Corolla DX di Indonesia

Toyota Corolla DX adalah mobil jenis sedan keluaran Toyota pada tahun 1980 sampai 1983 dan termasuk dalam generasi ke 4 Toyota Corolla, saat ini (2015) Toyota Corolla sudah masuk generasi ke 11 yakni Corolla Altis. Mobil sedan dengan 4 pintu ini memakai mesin 1300 cc atau dikenal dengan mesin toyota berkode 4K, tenaga yang bisa dihasilkan oleh mobil ini "Corolla DX" adalah 55 Hp lumayan bukan untuk mobil awal 80an.
Mesin 4K ini juga yang dibenamkan pada kijang kotak (buaya) keluaran 1981 sampai 1985 sementara untuk kijang generasi selanjutnya yakni "kijang super" tahun 1986 sudah memakai mesin 5K yang berkapasitas 1500 cc.
Mobil lawas ini memakai sistem penggerak roda belakang dengan transmisi manual (belum ada matic tahun itu), seri corolla DX ini juga sebagai Corolla generasi terakhir yang memakai penggerak roda belakang sedangkan Corolla generasi selanjutnya (5) sudah berpenggerak roda depan.
Selama 4 tahun corolla DX (80 sampai 84) mobil ini mengalami perubahan minor selama 4 kali (tiap tahun), jadi ada sedikit perbedaan antara Corolla DX 1980 dengan yang 82 sampai 83 dimana kebanyakan perubahan pada lampu depan dan bumper mobil. Jadi jangan heran kalau lampu depan ada yang bundar dan ada yang kotak (tergantung tahun keluaran)
Harga mobil ini sekarang tentu saja murah jika dibandingkan dengan mobil lain, untuk Corolla DX dengan keadaan yang standar bisa dijual dengan harga 20 juta rupiah akan tetapi untuk yang keadaannya istimewa (bagus) bisa 30 jutaan. Pecinta mobil ini juga banyak di kota-kota besar, biasanya mereka mendirikan Club untuk sekedar kumpul-kumpul sesama penghoby mobil Corolla DX ini, club juga berfungsi untuk mengatasi masalah seputar part dan service karena biasanya club memiliki jaringan baik dengan suplaier part ataupun Club di kota lain (penting nih untuk mobil tua memiliki club, banyak manfaatnya)...pengalaman memiliki mobil fiat keluaran 69 sulit banget dapet partnya,,
Kelebihan Corolla DX adalah pada mesin yang tangguh, cukup retro juga untuk yang lampu bulat....

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini