Mengganti Karet Wiper, berapa bulan sekali?

Menjelang musim hujan seperti ini penggunaan wiper menjadi sangat penting, pada perjalanan dengan hujan lebat mustahil kita tidak memakai wiper untuk menyeka air hujan pada kaca depan mobil. Biasanya pada waktu awal-awal musim hujan inilah banyak pecinta otomotif yang mengganti karet wipernya dengan yang baru agar lebih mudah menyeka air, lantas apa manfaat sebenarnya menggati karet wiper dan berapa lama karet wiper bisa bertahan?
Karet wiper sebenarnya bisa bertahan sekitar satu tahun, karena komponen satu ini terbuat dari bahan karet yang sangat sensitif terhadap sinar matahari. Bahan karet akan menjadi getas setelah sering tersengat sinar matahari, karet yang getas akan kehilangan daya elastisitasnya dan menjadi keras.
Karet yang getas/ keras tidak mampu menyeka air dengan sempurna karena bahkan untuk menempel pada kacapun ia tidak sempurna apalagi menyeka air hujan yang menempel pada kaca, nah dampak lain kerasnya karet wiper ini adalah bisa menggores kaca mobil jika wiper diaktifkan. Sayang bukan kaca mobil baret akibat tidak terawatnya wiper??
Usia karet wiper ideal adalah 1 tahun, nah biasanya banyak pecinta otomotif yang mengepaskan 1 tahun pergantian karet wiper pada awal musim hujan, hal ini tepat karena pada awal musim hujan kita akan banyak sekali mengoperasikan wiper selama 6 bulan kedepan dan dibutuhkan performa karet yang bagus.
Harga karet wiper ini tidak mahal kok, sekitar 30 ribu sudah dapat akan tetapi cobalah membeli dengan harga yang sedikit mahal untuk kualitas yang lebih baik dari produsen yang memiliki reputasi karena karet ini juga cukup serius kerena berhubungan dengan kaca mobil.
Memakai karet wiper yang jelek dikhawatirkan kurang optimal dalam menyeka air hujan dan juga dikhawatirkan menggores kaca, jika memungkinkan beli yang orisinal akan lebih baik
Untuk perawatan wiper ini tentu saja bukan hanya mengganti karet akan tetapi pecinta otomotif perlu mengecek seberapa cepat dinamo pada wiper berputar, apakah sapuan wiper terlalu lambat, apakah washer/ semprotan air masih berfungsi dengan baik, dll. Nah cara merawat wiper mulain membersihkan washer sampai cara mengganti karet wiper bisa dilihat pada artikel berikut: cara merawat wiper mobil yang baik dan benar

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini