Fungsi MID Mobil adalah?

Multi Information Display atau MID mobil adalah sebuah sistem display (layar) yang berfungsi untuk menampilkan informasi tentang situasi yang sedang terjadi pada mobil atau lingkungan sekitarnya. MID ini umumnya ditempatkan pada bagian dashboard di depan pengemudi agar pengemudi lebih bisa mengetahui kondisi mobil.

Tampilan MID kebanyakan berupa LCD, sedangkan informasi yang ditampilkan berbeda-beda tiap mobil, semakin bagus MID maka informasi yang ditampilkan juga semakin banyak misalnya pada MID tertentu bisa menampilkan tekanan ban mobil, suhu di luar mobil, suhu dalam kabin, rata-rata konsumsi BBM dan lain sebagainya. fitur MID ini saat ini tergolong baru sehingga tidak semua mobil dilengkapi dengan fitur MID ini sebut saja mobil-mobil low entry atau mobil yang cukup berumur tua.
Beberapa komponen/ informasi yang bisa dibaca pada MID secara umum antara lain (fitur MID standar):
1. Odometer; yakni menampilkan jarak tempuh kendaraan secara total, mulai pertama kali dijalankan sampai saat ini
2. Tripmeter; menampilkan jarak yang sudah ditempuh dari satu tempat ke tempat lain
3. Current fuel consumption; menampilkan informasi konsumsi bahan bakar, tampilan berubah-ubah sesuai dengan injakan gas dan gaya mengemudi. Biasanya update tiap dua detik sehingga cukup akurat, usahakan angka CFC ini selalu besar untuk mendapatkan konsumsi BBM yang lebih hemat
4. Average fuel consumption; konsumsi BBM rata-rata mobil
5. Average speed; menampilkan kecepatan rata-rata mobil
6. Elapsed time; yakni menampilkan berapa lama mesin sudah hidup, mulai mesin dinyalakan saat setelah mobil dirakit sampai saat ini.
7. Outside temperature; menampilkan informasi suhu diluar kabin
8. Cruising range; memperkirakan jarak yang bisa ditempuh dengan mempertimbangkan sisa bahan bakar di tanki mobil dan cara mengemudi selama perjalanan.
9. Pengingat; dengan fitur pengingat ini pecinta otomotif tidak perlu mencatat kapan ganti oli, rotasi ban mobil, service, dll
Dalam banyak kasus MID ini ternyata sangat membantu sekali seseorang mengenali mobilnya terutama cewek, adanya fitur ini ternyata juga sangat membantu driver/ pemilik mobil dalam mengambil keputusan. Bahkan informasi pada MID juga mencerminkan kondisi mobil terutama jika mobil tersebut sedang dijual, karena MID mampu menampilkan seberapa lama mesin hidup dan berapa jarak tempuh mobil.
Jangan-jangan seperti mobil bekas taksi, baru usia 3 tahun tapi sudah berjalan sejauh 200 ribu km :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini