Cara Membaca Kode Kecepatan pada Ban Mobil

Pada ban mobil (dinding ban) terdapat banyak kode yang tertulis dimana kode-kode tersebut sebenarnya memiliki arti mengenai spesifikasi ban tersebut, kali ini kita akan mengulas tentang kode kecepatan ban. Kode kecepatan ban ini penting agar pemilik mobil mengetahui berapa kecepatan maksimum sehingga tidak memacunya sampai level itu, apa lagi anak muda yang suka membawa mobil dalam kecepatan tinggi.
Kode kecepatan ban tertulis dalam bentuk Huruf mulai G sampai Y, huruf ini tertulis dengan huruf besar (balok) yang digandengkan dengan kode load (kemampuan membawa beban), biasanya setelah pencantuman kode beban maksimum baru tertulis kode kecepatan maksimum seperti pada gambar di bawah
Nah pada gambar di bawah, kode kecepatan adalah pada huruh "H" dibelakang angka "89" dimana angka 89 ini adalah kode berat beban maksimum yang bisa diangkut, berat beban ini adalah total berat mobil dibagi dengan 4 (karena ban mobil jumlahnya 4). kita akan bahas dalam sesi selanjutnya khusus untuk kode daya muat maksimum ban mobil.
Kode kecepatan ban mobil memiliki 9 tingkat kecepatan yakni:
P = Kecepatan maksimum 150 Km/ jam
Q = memiliki kecepatan maksimum 160 Km/ jam
R = kecep maks 170 KPJ
S = kecepatan maksimum 180 Km/ Jam
T = Kecepatan maksimum 190 Km/ jam
H = Kecepatan maksimum210
V = Kecepatan maksimum240
W = Kecepatan maksimum270
Y = Kecepatan maksimum diatas 300 Kg
Jangan memacu mobil melebihi kecepatan yang bisa dilaluinya misalnya ban berkode P dipacu sampai kecepatan diatas 150 Km/ Jam maka berpotensi pecah yang akibatnya fatal.
Gambar contoh kode kecepatan ban
Untuk membaca kode-kode lainnya mulai tahun pembuatan ban hingga peruntukan ban bisa dibaca pada artikel kami sebelumnya tentang cara membaca kode ban mobil (lengkap)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini