Tips Merawat Lampu Depan Mobil

Merawat headlamp atau lampu utama mobil sebenarnya cukup mudah, sering kita jumpai lampu depan berembun atau menguning atau buram akibatnya pancaran dari bohlam menjadi kurang sempurna selain tentunya mengurangi estetika mobil.
Berikut adalah penyebab Headlamp bermasalah dan cara mengatasinya:
1. Headlamp berwarna kuning, hal ini disebabkan oleh adanya jamur yang menempel pada mika lampu, selain itu penggunaan bohlamp yang tidak sesuai standar (biasanya terlalu panas) dapat menyebabkan mika menguning.
Untuk kasus menguning karena jamur pecinta otomotif bisa membersihkan dengan cara menggosok memakai headlight restorer, headlight restorer ini sudah banyak tersedia di bengkel perawatan mobil car care, teknis pembersihannya lihat pada artikel sebelumnya; tips mengembalikan mika headlamp yang menguning
2. Mika Headlamp terdapat embun, masuknya embun ke headlamp ini biasanya akibat mobil habis menerjang hujan lebat atau mobil sehabis dicuci dengan semprotan berdaya tekan tinggi. Sebenarnya embun pada headlamp ini bisa hilang sendiri akan tetapi butuh waktu yang lumayan lama sampai berhari-hari, akan tetapi ada baiknya kita membersihkan embun tersebut menggunakan lap melalui lubang tempat bohlamp dan kemudian membereskan masalah penyebab masukinya air/ uap air ke dalam rumah lampu.
Biasanya air masuk dengan cara merembes melalui lem mika pada rumah lampu yang sudah aus, bisa juga melalui sil/ karet bohlamp yang tidak rapat lagi menutup. Nah cara memperbaikinya tentu saja dengan mengelem kembali mika dengan rumah lampu atau membenahi (mengganti) karet bohlam yang mulai getas. Untuk teknis pengerjaannya bisa dilihat di artikel tentang mengatasi headlamp berembun
3. Bohlamp sering mati/ putus, nah untuk kasus lampu bohlamp yang sering putus atau mati ini penyebab yang paling sering adalah memakai lampu yang tidak orisinal/ kualitas lampu jelek. Daya bohlamp yang terlelu kecil juga menyebabkan bohlamp sering putus, putusnya bohlamp ini cukup berbahaya jika sedang melakukan perjalanan malam hari dan alangkah baiknya jika pada mobil terdapat bohlamp cadangan. Jika masih sering putus maka cek sekering apakah normal/ tidak, jika lampu redup pecinta otomotif juga bisa mengecek sekring lampu.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini