Meninggalkan Anak di Mobil Sebabkan Kematian

foto ini hanya untuk ilustrasi
Banyak pecinta otomotif bertanya benarkah sejenak meninggalkan anak di mobil bisa menyebabkan kematian? lalu apa penyebabnya... kadang kita meremehkan saat pergi berbelanja atau membeli munuman ringan di supermarket kita malas mengajak anak keluar dan memilih meninggalnya di mobil, padahal ini adalah kesalahan fatal.
Bahkan orang dewasa dapat meninggal akibat suhiu di dalam mobil yang meningkat drastis, hal ini telah diuji/ disimulasikan di Amerika Serikat mengapa banyak anak meninggal dunia ketika ditinggal di mobil. Berikut adalah simulasinya:
Simulasi
1. Mobil diparkir di panas matahari dengan suhu luar 32 derajat celsius, suhu ini seperti suhu rata-rata di surabaya
2. Orang dewasa memasuki mobil yang diparkir tersebut dan mecoba bertahan berapa lama dia dapat bertahan
3. Selama dua menit di dalam mobil ternyata suhu dalam kabin mobil menjadi 36 derajat celsius
4. Setelah menyentuh menit 8 suhu di dalam kabin meningkat menjadi 49 derajat celsius, pada suhu ini bahkan aspal pun bisa meleleh (pernah terjadi di india ketika suhu menyentuh 50 derajat celsius, aspal sampai meleleh)
5. Orang tersebut tidak bisa bertahan di dalam mobil lebih dari 8 menit dan segera keluar dari mobil.
Analisa:
* Pada simulasi ini mobil diparkir di terik matahari suhu 32 derajat celsius, suhu luar yang tidak terlalu panas di Indonesia.
* Jika melihat suhu tak terlalu panas bukan berarti di dalam mobil juga tidak panas karena situasinya berbeda, jika di ruangan terbuka masih ada angin yang bisa mendinginkan suhu akan tetapi di mobil tertutup tidak ada angin sehingga panas tidak bisa terbuang dan menumpuk sehingga menjadi jauh lebih panas dibandingkan di suhu luar
* Jika dalam 8 menit suhu menjadi 49 derajat padahal suhu luar masih 32 derajat, perubahan suhu yang cepat ini bisa menyebabkan orang dehidrasi dan mengalami gagal jantung.




Kita bisa membayangkan jika seorang anak yang ditinggal di dalam mobil dengan waktu yang lebih lama pada terik matahari dengan AC yang tidak hidup dan tidak ada sirkulasi udara/ angin sedangkan anak tersebut tidak tahu caranya membuka pintu, maka bahaya akan datang. Kasus anak meninggal akibat kepanasan ini di Indonesia sudah banyak terjadi.
Pecinta otomotif jangan sekali-kali meninggal anak di dalam mobil ya, meskipun hanya untuk keperluan sebentar/ sepele misalnya membeli snack atau minuman...kalau mau meninggal minimal bukalah kaca kasihan kalau kepanasan.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini