Spesifikasi Honda BR-V Ulasan Lengkap

Honda BR-V merupakan SUV terbaru dari Honda Prospect Motor (Indonesia) dengan segmen kelas menengah bawah sekelas dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Harga Honda BRV berkisar di angka 250 jutaan, varian paling murah dijual dengan harga 230 juta dengan varian termahal 265 juta rupiah. SUV kelas bawah honda ini juga mampu memuat banyak penumpang, 7 orang penumpang sekaligus bisa dibawa mobil ini :-)
Gambaran singkat fitur-fitur Honda BR-V :
- Kualitas mesin yang lebih baik dari rival (Rush dan Terios)
- Desain eksterior yang lebih modern dan stylish
- Memiliki fitur Hill Start Assist (tidak bisa tergelincir) yang tidak dimiliki Rush dan Terios
- Tenaga paling besar diantara rival (120 HP)
- Roof Rail bawaan mobil yang kokoh dan besar
- Velg 16 inch, sangat stabil pada kecepatan tinggi
- Rem anti mengunci dan adaptif terhadap jalan (berteknologi ABS dan EBD)
- Dual SRS Airbags
- Konsumsi BBM lebih irit dibanding SUV sekelas (rival)
- Akselerasi lebih cepat, hanya 12 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam
- Tenaga lebih besar (120 HP)
- Lampu kabut
- Berpenumpang 7 orang
- dll
Nah dari gambaran singkat di atas dapat ditebak jika mobil ini meskipun dikhususkan untuk segmen menengah kebawah akan tetapi bukan mobil yang berkualitas rendah dari desain hingga mesin, bayangkan jika mesin mobil ini (sebesar 120 HP) mampu mengalahkan pesaing di atasnya seperti nissan juke yang hanya memiliki tenaga maksimum 114 HP, Terios dan Rush yang harganya sama hanya bertenaga 109 HP (horse power/ daya kuda). Bisa dikatakan mesin Honda BRV sangat berkualitas (terbaik direntang harga 250 jutaan).
Spesifikasi Mesin Honda BR-V
Honda BR-V menggunakan mesin bensin dengan kapasitas 1500 cc, mesin BRV sudah menggunakan teknologi I-Vitec yakni teknologi terbaru yang disematkan pada mobil-mobil Honda seperti Honda Jazz. Teknologi I-vitec ini yang membuat mesin lebih bertenaga dan lebih irit.
Konsumsi BBM Honda BR-V berkisar di angka 1:14 (1 liter untuk 14 km) pada rute kombinasi dan pada jalan bebas hambatan bisa lebih irit lagi bisa sampai 1:20 seperti honda mobilio karena mesin yang dipakai sama dengan mobilio, sedangkan beban mobil juga relatif sama.
Spesifikasi Honda BRV
- Mesin bensin 1500 cc, 4 silinder dan 16 katup berteknologi I-vitec
- Tenaga 120 Hp pada putaran mesin 6600 RPM
- Torsi 145 Nm pada putaran mesin 4600 Rpm
- Akselerasi dari kecepatan 0 KPJ ke kecepatan 100 KPJ hanya dalam waktu 12 detik
- Bahan Bakar: bensin dengan RON 92 keatas, ideal memakai pertamax plus
- Kecepatan maksimum: 170 KPJ
- Transmisi: dua pilihan transmisi (matic dan manual), matic memakai CVT Earth Dreams Technology, sedangkan transmisi manual memakai 6 tingkat percepatan.
- Sistem penggerak: FWB (roda depan)
- Mesin Honda BR-V memiliki rasio kompresi 11:1 yang secara teori yang paling tidak mobil ini harus diisi dengan pertamax, kompresi sebesar ini sama seperti halnya pada avanza dan toyota Rush.
Nah kelebihan dari mesin BRV ini adalah bertenaga besar dan irit BBM, bandingkan dengan toyota rush misalnya yang hanya memiliki tenaga 109 Hp, atau nissan juke yang bertenaga 114 Hp Honda BR-V unggul dalam tenaga mobil.
Selain tenaga yang besar ternyata Honda BRV juga irit, konsumsi BBMnya hampir sama dengan Honda Mobilio dan Honda Jazz dikisaran 1:14 pada rute kombinasi, dalam segi konsumsi BBM juga lebih irit dari sang rival. Memang mesin Honda 1500 cc I-Vitec ini belum tersaingi oleh rival-rivalnya dalam hal performa.
Eksterior Honda BRV
Honda BR-V memiliki desain yang sporty, cocok nih buat anak muda. Sporty, Modern dan Tangguh adalah kesan pertama saat melihat desain mobil mini SUV honda ini. Di bagian depan yang sering menjadi fokus adalah desain headlamp yang didesain menyatu dengan grill beraksen chrome yang menjadikan mobil ini tampak tangguh dan solid.
Pada bagian bumper terdapat lampu kabut sporty yang desainnya dibuat seolah menyatu dengan body, kesan modern saat kita melihat rumah lampu kabut yang berdesain dinamis. Desain dual tone pada bagian bumper depan Honda BR-V yang sporty membuat mobil ini enak dipandang (satu warna hitam dan satu warna lain mengikuti body mobil)
Roof Rail, Honda BRV sudah memiliki Roof Rail pada bagian atap mobil, uniknya roof rail bawaan ini berdesain lebar (luas) dan hampir mencover seluruh atap. Keunggulan roof rail BRV adalah jika bawaan (oroginal) pasti cocok dengan mobil dan berkualitas bagus. Besarnya roof rail juga menjadi kelebihan sendiri terutama saat disandingkan dengan roof rail after market yang belum tentu cocok dan tidak seluas ini.
Pada bagian kaki-kaki mobil terdapat velg alloy yang berdesain unik (sporty), pilar tipis presisi dengan dual tone colour menambah keren tampilan mobil. Ukuran velg yang lumayan besar (16 inch) juga menjadikan mobil ini tidak mengalami kesulitas saat melibas jalan berbatu kecil sampai sedang ataupun melaju pada kecepatan tinggi (velg ringan, kuat dan stabil).
Yang kami suka pada desain mobil ini adalah pada bagian kaca depan didesain lebar ke bawah, hal ini sangat baik untuk visibilitas pengemudi yang mana pandangan menjadi lebih luas dan tentunya nyaman bagi pengemudi (kaca depan yang didesain melebar kebawah). Desain kaca ini seperti desain kaca depan Honda Jazz yang memang diklaim memiliki pandangan yang luas, selain aman juga menyenangkan mengemudikan mobil ini.
Teknologi Rem dan Keselamatan mobil
Tidak hanya mesin, berbagai fitur keselamatan aktif maupun pasif dibenamkan pada mobil ini mulai
* fitur Hill Start Assist (fitur anti mudur pada tanjakan), mobil ini mampu mendeteksi jalan tanjakan dan saat driver lupa mengerem atau bahkan driver tidak menginjak pedal gas dan pedal rem Honda BR-V tidak akan mundur. Fitur ini sangat bermanfaat kalau kita sering berpergian ke pegunungan misalnya ke puncak saat perjalanan dengan tanjakan yang macet, bahkan dengan teknologi Hill Start Assist ini pengemudi pemula sangat terbantu meskipun masih belum ahli di medan tanjakan.
* Rem berteknologi ABS dan EBD, rem ABS adalah sistem rem berbasis komputer dengan teknologi Anti Lock Brake (anti mengunci) yang menghindarkan mobil mengalami keadaan tidak terkendali meskipun rem diinjak dengan keras dan mendadak, jadi pecinta otomotif tidak perlu khawatir terlalu dalam menginjak pedal karena akan dievaluasi komputer untuk menghasilkan tekanan kampas yang optimal.
Rem EBD merupakan teknologi rem berbasis komputer juga yang mendeteksi beban pada masing-masing ban dan menentukan ban mana yang harus mendapat rem lebih besar/ lebih kecil dari ban lain. Nah jika kedua teknologi (ABS dan EBD) ini digabungkan maka akan menghasilkan rem cerdas berbeda dari rem konvensional. Apa lagi digabung dengan teknologi sensor pendeteksi jarak pada bagian depan tambah ajib nih mobil (sayangnya sesor tersebut belum ada di mobil ini hehehe)
* Teknologi handling VSA atau Vehicle Stability Assist, yakni teknologi keselamatan yang ditujukan untuk menstabilkan manuver kendaraan, meskipun roda kemudi diputar secara mendadak. Teknologi VSA ini sangat efektif jika digabung dengan Rem ABS dan EBD yang menghasilkan pengendalian maksimum pada beragam gaya mengemudi dan kontur jalan.
* Dual Airbags (kantung udara pada baris pertama), ELR Seatbelt dengan 3 point (sabuk pengaman canggih), Isofix (kursi untuk anak yang aman), dll.
Harga Honda BR-V
Harga pasti per variannya memang belum dirilis, akan tetapi yang pasti varian terendah Honda BRV dijual dengan harga 230 juta rupiah on the road, dan varian termahalnya dijual 265 juta on the road.
Pecinta otomotif sebenarnya sudah bisa inden BRV dengan mendatangi dealer honda dan menyetorkan tanda jadi 10 juta rupiah, karena mobil ini masih belum diproduksi sekarang maka konsumen hanya bisa inden dulu yang mana untuk pengiriman mobil pertama akan dilakukan mulai januari 2016.
Harga ini terpaut sedikit dengan toyota rush dimana varian termurah toyota rush adalah 229 juta dan varian termahalnya 254 juta rupiah.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini