Mitsubishi Pajero Sport Terbaru (2015) semakin Futuristik

Mitsubishi Pajero Sport meluncurkan varian terbarunya pada tahun 2015, desain eksterior dan interiornya berubah drastis dari versi sebelumnya yang lebih futuristik. Pajero Sport kini lebih tampil lebih panjang akan tetapi bagian atap mobil dipangkas sehingga menjadi lebih pendek, perubaha ini selain untuk membentuk mobil SUV modern juga berfungsi meningkatkan keseimbangan mobil terutama jika digunakan pada jalan bebas hambatan (aspal dalam kecepatan tinggi).
Mitsubishi Pajero 2015 ini dibekali roda dengan velg berdiameter 18 inch dengan lebar 7,5 inch, untuk jarak terendah dengan tanah (ground clearance) adalah 21,8 cm sedangkan ukuran ban adalah 265/60R18.
Mesin Pajero Sport 2015
pajero terbaru ini menggunakan mesin berkode 4N15, mesin diesel common rail berkapasitas mesin 2.442 cc ini memakai 4 silinder, teknologi yang dipakai mesin 4N15 ini adalah DOHC MIVEC VG Turbo.
Mesin Mitsubishi Pajero Sport 2015 ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 181 dk (hp) dengan torsi maksimum 430 Nm....lumayan besar ya, tangguh nih :-)
Sistem transmisi mitsubishi pajero sport juga diubah dari generasi sebelumnya, sekarang memakai sistem transmisi otomatis dengan 8 tingkat kecepatan (sebelumnya 5 percepatan), sistem transmisi pada mobil ini dibekali dengan teknologi padle shift yang mana driver bisa mengubah gear/ gigi secara manual jika diperlukan atau diinginkan (dengan cara menekan tuas transmisi di belakang lingkar kemudi). Sistem transmisi ini tergolong baru dan hanya disematkan pada mobil-mobil mahal.
Untuk sistem penggerak Pajero memakai penggerak 4 roda (4WD) dengan 4 mode pengendaraan (super select 4wd) yang memungkinkan mobil beradaptasi dengan tipe jalan (misalnya jalan tanah, batu, pasir, jalan rusak, dll), nah yang baru adalah mobil ini dibekali dengan mode berkendara offroad yang tentunya disuka offroader. Teknologi Hill Discent Control (teknologi komputer untuk menentukan tingkat kemiringan turunan dan mengendalikannya) membuat pengemudi lebih mudah mengendalikan mobil.
Interior Pajero Sport 2015
Desain interior Pajero Sport 2015 ini juga berbeda dari generasi sebelumnya, perpaduan warna perak dan hitam ini menjadikan interior yang terlihat modern. Pada bagian dashboard terdapat monitor LED layar sentuh untuk mengoperasikan sistem audio dan melihat fungsi-fungsi mobil, pada bagian bawah layar monitor (Head Unit) terdapat panel pengendali suhu udara )AC) dengan teknologi dual zone automatic.
Lingkar kemudi terbuat dari bahan kulit sintetis yang dilengkapi dengan fitur pengendali sistem audio dan panel untuk melihat MID, yang sangat menarik adalah tuas transmisi (padle shift) yang diletakkan dibelakang lingkar kemudi. Dengan tuas transmisi ini pengemudi dapat mengendalikan sistem transmisi secara manual meskipun mobil ini basicnya adalah bertransmisi matic.
foto-foto mitsubishi pajero sport 2015





mobilku.org

2 komentar:

  1. Mas,sekarang kan banyak mobil keluaran terbaru bertransmisi matik,bagaimana perawatan dan performa dengan yg manual, dan apa matik makin lama performa nya makin menurun mohon penjelasan nya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. * Kalo ttg matic itu berbeda2 juga sih sebenernya, ada yang triptonic, CVT, Double Cluth dll... memang semakin tinggi teknologi yang digunakan maka performanya mendekati mobil manual.... bahkan untuk matic yang paling canggih performanya melebihi manual
      oh ya bisa dibaca pada artikel tentang mobil matic vs manual di:
      http://www.mobilku.org/2013/04/mobil-matic-dibandingkan-manual.html

      * kalo performa matic hampir sama sih mas bro dengan yang manual
      * Perawatannya mudah kok mas bro,,,,seperti motor matic (beat, mio, dll) asal dijaga aja jangan sampai telat olie trasmisinya (waktunya ganti ya diganti), jangan menderek mobil ini sembarangan kalau gak tahu caranya, baca petunjuk manual pemakaiannya...
      * kalau dirawat dengan benar saya rasa performa matic baik2 aja,,, mobil saya Jazz matic udah 5 tahun lebih enak2 aja mas bro..

      Hapus