Uji tabrak Honda HR-V Raih Bintang 4 dan 5

Uji tabrak yang dilakukan pada Honda HRV 1.8L keluaran 2015 bisa dikatakan cukup baik meskipun tidak bisa dikatakan sangat baik, pasalnya HR-V berhasil menyabet predikat bintang 4 dan varian tertinggi berhasil menyabet bintang 5 untuk tes uji tabrak dari depan dalam usaha perlundungan penumpang dewasa dan anak-anak.
Berikut rincian hasil tes keselamatan Honda HR-V oleh Asean NCAP:
* Honda HRV 1.8L memperoleh bintang 4 untuk keselamatan anak-anak dengan nilai 73 % (yah kalau nilai sekolah dapat 7,3 lah), maklum mobil ini memang tidak memiliki kursi khusus untuk anak-anak
* Honda HRV 1.8L memperoleh bintang 4 untuk uji tabrakan dari samping dalam kategori orang dewasa
* Honda HRV 1.8L memperoleh bintang 4 untuk uji tabrakan dari depan berkecepatan 64 km/ jam
* Honda HR-V 1.8L Prestige (varian tertinggi) memperoleh bintang 5 untuk uji tabrak dari depan berkecepatan 64 km/jam
Nah ternyata varian tertinggi honda HRV meraih bintang 5 apa sebabnya? ternyata untuk varian tertinggi ini sudah dibekali dengan sistem SRS airbags yang tidak ada pada varian dibawahnya, sebagai perbandingan jika honda CR-V menyabet bintang lima oleh sistem standar keselamatan di Eropa (Euro NCAP) wajar karena HR-V memang dibawah CR-V.

Yang unik adalah uji tabrak pada Datsun Go yang dilakukan oleh Global NCAP dimana Global NCAP meminta datsun segera menghentikan penjualan datsun Go karena keselamatan terlalu jelek
Berikut beberapa mobil sebagai perbandingan di Asean NCAP tahun 2013 kuala lumpur (sudah lama sih tp buat perbandingan aja) :
* Avanza dan Xenia memperoleh bintang 4 Asean NCAP
* Prius menyabet bingtang 5 Asean NCAP
* Civic memperoleh bintang 5 Asean NCAP
* Swift bintang 4 Asean NCAP
* Mazda2 sedan bintang 4 Asean NCAP
* Mitsubishi mirage bintang 4 Asean NCAP, dan meraih bintang 4 pula di EURO NCAP
* Pajero Sport bintang 4 Asean NCAP
Peran Airbags dan Rangka bodi
Nah dari hasil uji diatas ternyata peran SRS airbags sangat penting untuk keselamatan penumpang terutama untuk kecepatan sampai 64 km/ jam, tak kalah penting adalah kursi untuk anak kecil. SRS airbags tidak hanya pada bagian depan saja akan tetapi juga pada bagian kaki penumpang dan bagian samping penumpang.
Desain rangka body juga berpengaruh pada peringkat keselamatan uji tabrak dari samping terutama, untuk mobil modern biasanya sudah memakai rangka baja yang mengelilingi mobil sehingga saat tertabrak body tidak langsung mengenai penumpang terhalang oleh rangka baja. hampir semua mobil keluaran 5 tahun terakhir sudah memakai sistem pelindung peredam benturan berupa rangka baja ini meskipun tiap-tiap produsen berbeda bentuknya dan namanya akan tetapi prinsipnya sama.
Lembaga Tes Tabrak Mobil
Tes tabrak/ uji tabrak dilakukan oleh ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP) yang dilakukan di asia untuk mengetahui sistem keselamatan mobil. Di Amerika uji tabrak merupakan satu syarat mutlak mobil bisa masuk pasar amerika yang dilakukan oleh NHTSA (lembaga khusus negara amerika dalam menguji keselamatan mobil), jadi setiap jenis mobil harus lulus uji tabrak terlebih dahulu sebelum masuk pasar Amerika.
Di eropa juga memiliki lembaga uji tabrak (Euro NCAP) yang bertugas menilai (ranking) tingkat keamanan/ keselamatan mobil sehingga menjadi pertimbangan pasar, sering sebuah mobil buatan asia mendapat sertifikasi dari NHTSA ataupun Euro NCAP, misalnya honda jazz terbaru yang memperoleh predikat bintang lima dari NHTSA dan honda CR-V meraih bintang 5 Euro NCAP.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini