Spesifikasi Proton Iriz Indonesia, Keunggulan dan Kelemahan

Proton Iriz adalah mobil berjenis City Car kecil keluaran produsen otomotif asal malaysia yang memiliki varian mesin 1300 cc dan 1600 cc akan tetapi yang beredar di Indonesia hanya proton iriz 1300 cc Executive MT, dari namanya bisa ditebak jika mobil ini adalah varian menengah proton iriz bermesin 1300 cc memakai transmisi manual. Nah ternyata motor besutan proton ini tidak bisa diremehkan karena beberapa fitur mutakhir ternyata dibenamkan... nanti kita review, untuk selanjutnya yang kita sebut Proton Iriz disini adalah mengacu pada varian Proton Iriz 1.3 MT Executive (varian yang akan beredar di Indonesia sebagai varian mengengah dari proton iriz).

Eksterior Proton Iriz

Mobil ini memiliki dimensi panjang 3920 mm, lebar 1722 mm, tinggi 1554 mm, whellbase 1554, Ground clearance 155, berat mobil 1138, kapasitas penumpang maksimum 5 orang (depan 2, belakang 3) ideal 4 orang.


Fitur-fitur pada eksterior proton iriz antara lain:
- Full body kit
- Projector Headlamp
- LED Rear Lamp
- Frameless Wiper
- Wiper belakang
ada lagi yang unik dari mobil ini yakni fitur follow me home lamp, yakni lampu depan dan belakang masih akan menyala sekitar 30 detik setelah pengemudi mengunci pintu mobilnya (fungsinya memberikan penerangan ruangan garasi sejenak sebelum pengemudi meninggalkan ruangan)

Interior Proton Iriz

Proton Iriz meskipun terlihat minimalis dalam hal fitur yang dimiliki akan tetapi desain material dashboard yang dibuat sewarna dengan kursi mobil berbalut kulit yang terlihat solid, kesan pertama yang terlintas saat melihat dalam kabin mobil ini adalah minimalis dan berkelas
Sementara fitur-fiturnya memang minimalis, berikut fitur interior proton iriz:
* Sistem audio dan radio, support USB AUX Bluetooth
* Rear USB Charger: 2,1 A dan 1,5 A
* Cup Holder
* AC
* Power Window
* EPS (Power Steering Elektrik)
* Tilt Steering: posisi stir bisa dinaik/ turunkan sesuai dengan tinggi rendah yang diinginkan pengemudi
Jika kita melihat ornamen/ fitur pada interiornya memang terasa mobil ini kurang banget, kita juga harus maklum coz selain ini mobil memang buatan malaysia Proton Iriz 1.3L Executive juga masuk dalam kelas menengah Iriz 1300 cc (bukan kelas terbaik) sehingga Sistem Audio saja belum digital dan tidak ada LED Monitor Control.

Mesin dan Performa Proton Iriz

Proton Iriz memakai mesin dengan kapasitas silinder 1332 cc (1.3L) berteknologi VVT, memakai silinder berjumlah 4 buah dengan tenaga maksimum mencapai 70 kW per 5750 Rpm dan torsi maksimum 120 Nm/ 4000 Rpm, tenaga sebesar 70 kW ini setara dengan 93 Hp atau setara dengan tenaga mobil Avanza 1.3L (94 Hp).
Mesin Proton Iriz ini memakai rasio kompresi 10:1 dan bahan bakar yang dapat dipakai paling jelek adalah Pertamax serta paling bagus Pertamax Plus, mobil ini tidak direkomendasikan memakai BBM dengan nilai RON di bawah 92 seperti petralite (RON 90) dan Premium (RON 88). baca tentang nilai ron di sini
Proton Iriz memakai sistem transmisi manual 5 percepatan, kemudian untuk sistem penggerak proton iriz memakai penggerak roda depan (FWD), sedangkan untuk pasokan bahan bakar sudah memakai Injeksi Elektronik
Proton Iriz untuk masalah kecepatan bisa dibilang cukup lah, mampu dipacu sampai kecepatan 165 KPJ (Km/ Jam) cukup lumayan, sedangkan akselerasi mobil ini juga cukup bagus sebagai mobil pemula yakni 12,2 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kecepatan 0 KPJ (lumayan).

Safety Proton Iriz

Nah untuk safety mobil ini memang termasuk bagus dikelasnya sebagai mobil low end kelas compact city car, berikut adalah perangkat keselamatan proton Iriz:
- Rem ABS, EBD dan BA; teknologi rem yang cukup bagus dan komplit
- ESC, semacam kontrol traksi otomatis pada ban depan/ belakang saat terjadi understeer atau oversteer
- TC (Traction Control)
- Dual Airbags dan dual sabuk pengaman
- Hill Hold Assist
- Immobilizer
- Impact sensing door unlock

Kekurangan Proton Iriz

Kekurangan Proton Iriz ada pada fitur yang disematkan, beberapa fitur yang kami anggap perlu dan tak ada pada proton iriz 1.3L Executive adalah:
* Tidak adanya kamera parkir, fitur ini harusnya ada pada mobil keluaran sekarang paling tidak kamera belakang saja
* Tidak adanya sensor parkir: sensor yang menggunakan gelombang elektromagnetik daya rendah ini termasuk teknologi lama sehingga seharusnya sudah dibenamkan pada mobil city car kelas bawah sekalipun. Nyatanya pada Proton Iriz belum disematkan
* Roda/ bagian kaki-kaki yang dipakai masih memakai velg dengan diameter 14 inch, kurang stabil dan kurang gaya. Jika melihat rata-rata city car di Indonesia sudah memakai 15 inch atau lebih

Kelebihan Proton Iriz

Kelebihan yang dimiliki perusahaan mobil besutan Proton dari negara Malaysia ini adalah sisi Safety, www.mobilku.org melihat untuk mobil kelas ini penanaman beberapa perangkat keselamatan cukup baik misalnya: teknologi pengereman yang mutakhir (ABS, EBD, BA) plus ESC.

Harga dan Jaringan Pemasaran Proton Iriz

Harga Proton Iriz ini di Malaysia dijual sekitar 44-45 ribu ringgit (RM. 44.000 sampai RM 45.000) jika di kurskan rupiah maka mobil ini dijual seharga 157 juta rupiah, mungkin ada perbedaan ketika masuk indonesia yang tentunya terkena pajak bea masuk dll nanti.
Untuk jaringan pemasaran dan sparepart www.mobilku.org belum bisa memberikan gambaran karena hal ini tergantung kebijakan pemerintah karena terkait dengan pengadaan mobil nasional Indonesia yang menggandeng Proton, Proton Iriz bahkan sempat dicoba oleh Jokowi.
Jika mobil ini bakal jadi mobnas kemungkinan dealernya akan bertambah secara signifikan, akan tetapi yang jelas untuk saat ini proton memiliki hanya di beberapa kota saja (bisa dihitung dengan jari dimana ada 1 dealer pada 1 provinsi di pulau jawa kecuali di Jakarta yang memang memiliki banyak dealer)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini