Memilih Ban untuk Mobil SUV

Mobil SUV makin digemari masyarakat, hal ini terbukti dari semakin banyaknya permintaan pasar atas mobil segala medan ini dan banyaknya produsen yang mengeluarkan mobil dalam tipe SUV ini, sebut saja Nissan X Trail, Honda CRV, Honda HRV, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, Strada Triton, Hilux, D Max dan lain sebagainya.
Nah bagi pecinta mobil kategori baru (SUV) memilih ban yang tepat akan sangat membantu kinerja mobil dalam keadaan maksimal, sebagai catatan bahwa mobil SUV adalah mobil dengan kemampuan bermain di medan-medan berat seperti tanjakan, jalan berlumpur, licin, jalan offroad, onroad, jalan berpasir, berkerikil bahkan berbatu, jalanan dengan kondisi yang ekstrim seperti jalanan berlumut atau becek.
Ketangguhan mobil ini melewati jalanan dengan kondisi beragam inilah yang membuat pecinta otomotif sangat membutuhkan mobil ini dan bahkan menyenanginya.
Salah satu upaya menaikkan performa mobil SUV adalah mengganti ban dengan karakter yang diinginkan, paling tidak ada 3 tipe ban yang paling umum untuk mobil SUV yakni ban A/T, ban H/T dan ban M/T.
Ban A/T atau All Terrain adalah ban dengan karakter bisa dipakai di jalanan aspal akan tetapi juga bisa dipakai di jalanan offroad ringan seperti berpasir/ berkerikil/ tanah sedikit lumpur/ aspal becek, dll. Ban tipe AT ini memiliki corak gabungan antara corak aspal dan corak jalanan offroad. Nah ban AT sangat cocok untuk aktifitas dengan track aspal dan sedikit offroad seperti perkebunan dan lain-lain
Ban M/T atau Mud Terrain digunakan untuk jalanan offroad berat seperti tanah berlumpur, berpasir tebal, berlumut, berbatu besar bahkan bersalju. Ban tipe M/T ini memiliki corak kasar dengan celah yang lebar, corak kasar ini berfungsi mencengkeram jalan sedangkan celah yang besar berfungsi membuang air/ lumpur yang terjebak ditengah-tengah tapak ban dengan cepat.
Ban tipe M/T ini sering ditemui berkode M + S yang artinya Mud + Snow tapi juga sering memakai kode M/T
Ban tipe H/T atau Highway Terrain yakni ban dengan kembang yang halus dan rapat, ban tipe H/T ini digunakan untuk jalanan aspal yang halus, kelebihan ban ini di jalan aspal adalah: sangat ringan, akselerasi tinggi, tidak mengeluarkan bunyi yang berisik, tidak mengeluarkan getaran yang cukup besar (halus).
Nah ban tipe HT ini kurang bisa dipakai dijalanan offroad yang ekstrim karena tidak memiliki sistem pembuangan lumpur dan pembuangan air yang bagus dan kurang mencengkeram pada jalan offroad seperti tanah dan pasir akibatnya sering selip pada jalanan offroad. Ban kode H/T ini juga sering tertulis dengan kode HP atau Highway Performance
Nah sementara kita sudah mengetahui jenis-jenis ban mobil kemudian yang harus dicermati adalah jenis tapak/ corak ban mobil. berbagai macam corak ban mobil kini diciptakan untuk membuat mobil berjalan seperti yang dikehendaki. Misalnya ban tipe HT (onroad) ternyata juga bermacam-macam coraknya/ tapaknya, berbagai corak melambangkan kemampuannya dalam hal pengereman dan akselerasi, juga memperlihatkan kemampuannya melewati jalanan aspal berair dengan kecepatan tertentu nah corak ban ini sudah kami ulas pada artikel terdahulu mengenai berbagai macam corak ban dan kegunaannya

Selain mengetahui tentang jenis ban mobil dan corak ban mobil maka pecinta otomotif juga harus mengetahui kemampuam maksimum ban, misalnya ban mampu dibebani dengan berat berapa ratus kg, ban mampu dipacu pada kecepatan berapa KPJ dan ban diproduksi sudah berapa lama. nah untuk mengetahui kualitas ban baca pula artikel tentang mengetahui kemampuan maksimum ban mobil

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini