Harga Jual Mobil Warna Hitam Lebih Mahal

Mobil bekas ternyata memiliki pasar yang cukup unik karena dari warna mobil akan sangat menentukan harga jual mobil atau kemampuan jual mobil tersebut, hal ini diungkapkan oleh pedagang mobil bekas di beberapa daerah di Jakarta. Mobil yang paling cepat terjual adalah warna hitam dan silver, mobil ini paling panyak diminati konsumen sehingga dalam waktu beberapa hari dipajang mobil bisa terjual, warna putih menjadi urutan ketiga favorit setelah hitam dan silver.
Warna putih juga makin diminati karena banyaknya mobil baru yang keluar dengan warna putih ini yang mengangkat animo masyarakat di pasar mobil second.
Sementara untuk warna-warna lain seperti hijau, merah, orange dan lain-lain cenderung dihindari oleh dealer/ pedagang mobil bekas karena sedikit peminatnya dan harganya juga selisih 5 juta dari mobil yang sama dengan warna hitam ataupun silver (kasus mobil Jazz).
Meskipun tidak seluruhnya warna hitam memimpin penjualan mobil bekas, beberapa mobil bekas seperti Honda Accord warna favoritnya adalah Putih - Hitam - Silver, artinya ada tergantung dari merk dan jenis mobilnya pula sehingga warna hitam tidak selalu menjadi favorit akan tetapi memang secara umum warna hitam memang mendominasi.
Selisih harga warna favorit dengan tidak favorit pada pasar mobil bekas juga bervariasi, misalnya untuk Honda jazz selisih warna favorit dan tidak favorit sekitar 5 jutaan, sedangkan untuk Nisan tana selisih warna favorit dan tidak favorit sampai 10 jutaan.
Yang unik adalah warna kuning, beberapa riset mengatakan bahwa mobil dengan warna kuning sangat jarang diproduksi sehingga rasio jumlah mobil dan penghobi warna kuning ini cukup baik alhasil harga mobil warna kuning menjadi paling tinggi diantara warna-warna mobil lainnya. Mobil dengan warna kuning mengalami penyusutan yang paling kecil setiap tahunnya yakni 26 % dalam lima tahun sementara mobil warna hitam 34 %.
Di pasar mobil second tanah air warna kuning-orange-merah untuk mobil-mobil tertentu harganya jauh lebih tinggi dibanding warna hitam khususnya untuk mobil-mobil kolektor atau mobil-mobil modifikasi, misalnya Suzuki Jimny 4x4 warna kuning dan merah menjadi favorit dibanding warna hitam, Toyota Hartop, dll.
Populasi mobil dengan warna kuning ini hanya 2% sedangkan warna putih 29% dan warna hitam 20%, sangat sedikit bukan yang berwarna kuning? warna yang kurang populer tapi peminatnya fanatik harganyapun juga paling tinggi

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini