Toyota Great Corolla Spesifikasi Kelebihan dan Kelemahan

Toyota Great Corolla adalah mobil jenis sedan yang keluar mulai tahun 1992 sampai 1996, toyota great corolla ini hadir untuk menggantikan Toyota Twin Cam yang berhenti di produksi pada tahun 1991 dimana perbedaan yang mencolok dengan Twin Cam adalah pada Bodi Toyota Corolla yang berlekuk lebih halus dan kapasitas silinder mesin yang lebih besar untuk Great Corolla 1600 cc.
Toyota Great Corolla ini keluar dengan 2 varian yakni varian SE bermesin 1300 cc (SOHC 12 katub dengan kode mesin 2E), kemudian varian Great Corolla SEG yang bermesin 1600cc dengan DOHC 16 katup (kode mesin 4AF-E). Untuk yang bermesin 1300 cc ini mesin yang digunakan sama dengan toyota twincam (memakai mesin twin cam), sedangkan yang 1600 cc sudah berbeda teknologi mesin misalnya pada pasokan bahan bakar sudah memakai injeksi (spesifikasi mesin sudah berbeda), akan tetapi pada tahun 1994 varian SE 1.3 digantikan oleh SE 1.6 sehingga untuk keluaran tahun 1994 sampai 1996 semuanya sudah memakai mesin 1600 cc.
Eksterior Great Corolla
Toyota great corolla memiliki dimensi eksterior sebagai berikut:
Panjang : 4270 mm
Lebar : 1685 mm
Tinggi : 1380 mm
Wheel base : 2465 mm
Ground Clearance : 150 mm
Jumlah pintu : 4 buah
Radius putar minimum : 4,8 meter
Kapasitas tangki BBM : 50 liter
Desain eksterior great corolla ini sampai saat ini masih tidak ketinggalan jaman (meskipun sudah berumur lebih dari 20 tahun) mungkin karena desainnya bagus/ menarik ya, sedangkan material maupun proses yang digunakan untuk membuat bodinya juga berkualitas karena mobil ini langsung di datangkan dari jepang yang kualitasnya berbeda dengan produksi Indonesia seperti avanza.
Untuk bagian velg mobil ini masih memakai velg kaleng/ besi yang ditutup dengan dop velg, untuk spion mobil masih memakai manual akan tetapi pada beberapa varian keluaran 1992 sampai 1993 memakai spion elektrik (dilipat secara elektrik) mungkin downgrade ya.
Fitur-fitur eksterior Toyota Great Corolla :
* Sunroof (optional)
* Front Foglamp (optional)
* Rem ABS (optional)
* Velg Alloy (optional)
Interior Toyota Great Corolla
Dimensi interior Great Corolla
Panjang : 1820 mm
Lebar : 1420 mm
Tinggi : 1155 mm
Jumlah kursi : 5
Interior mobil ini terasa mewah ketika kita memperhatikan materialnya yang berkualitas, AC yang dibenamkan pada mobil ini tergolong sangat baik sementara untuk sistem audio masih menggunakan sistem audio lama seperti tape (kaset) maklum mobil 20 tahun yang lalu.
Toyota great corolla juga sudah dibenami fitur-fitur:
* central door lock
* power window
* Steering wheel tilt
* power front seat
* ELR seatbelt
* Side impact
* Airbags (driver) : optional
Mesin
Seperti telah disebutkan di atas mesin mobil ini ada 2 jenis yakni 1300 cc dan 1600 cc, kita akan bahas untuk mesin 1600 cc,
Berikut adalah spesifikasi great corolla 1600 cc:
* Kapasitas ruang bakar: 1587 cc
* Model : 4A-FE
* Tenaga Maksimum : 115 Ps/ 6000 Rpm
* Torsi maksimum : 147 nm / 4800 rpm
* Jumlah silinder : 4 dengan 16 katup dan water cooling
* Sistem pasokan bahan bakar : sistem injeksi
* Jenis BBM : bensin tanpa timbal (premium)
* Konsumsi BBM rata-rata : 11-13 km/ liter
* Sistem transmisi : manual 5 kecepatan
* Sistem suspensi : depan belakang memakai coil spring
Dari spesifikasi mesin di atas terlihat bahwa Great Corolla termasuk mobil dengan mesin yang sangat bagus di tahun tersebut, kapasitas silinder yang besar yakni 1600 cc dengan kemampuan mesin yang sangat bertenaga pada jamannya 115 PS dan konsumsi BBM yang sangat irit di jamannya 1:11.
Mobil ini juga relatif tidak rewel untuk masalah mesin, cukup di isi premium maka tenaga mobil ini sudah terasa meskipun pada RPM rendah (cocok untuk jalanan macet)
Kelebihan
Kelebihan Great Corolla antara lain:
* mobil yang sangat digemari sampai sekarang (pasar yang sangat baik)
* mesin yang masih mumpuni sampai sekarang: kemampuannya diatas toyota yaris (bayangkan selisih 20 tahun tapi kemampuan masih bisa di adu, terutama untuk rpm rendah sangat terasa bedanya dengan mobil jaman sekarang)
* harga jual yang relatif stabil (toyota memang stabil harga jualnya di indonesia)
* perawatan yang mudah mulai dari mesin, eksterior, interior
* sparepart yang tersedia luas
* sistem kemudi yang mudah, handling great corolla ini tergolong masih bagus sampai saat ini.
Kekurangan
Kekurangan great corolla adalah pada:
* Perlu di periksa kembali semua part terutama jika baru membeli mobil ini karena memang sudah berumur, seperti sistem pendingin mesin, sistem kelistrikan, sistem AC, audio, suplai bahan bakar, dan lain-lain. Jika ada permasalahan segera bereskan
* Kebanyakan pengguna saat membeli mobil ini mengeluhkan masalah pada kaki-kaki mobil mulai dari per shockbreker yang terlelu lemas (wajar sudah berpuluh tahun), ball joint dan teman-temannya kerap mesti diperbaiki.
* Power steering mobil ini juga harus menjadi perhatian ekstra selain kaki-kaki mobil, karena umur mobil power steering banyak yang sudah bocor atau olinya merembes
* Suspensi belakang mobil ini juga kerap perlu diperbaiki lagi karena biasanya per sudah lemas dan terlalu empuk, perbaikan suspensi belakang katanya hanya 1,5 juta saja sudah bagus :-)
* Pada mesin seringkali seperti kurang bertenaga saat dipacu pada RPM tinggi, kemungkinan ada masalah pada sistem pasokan bahan bakar

6 komentar:

  1. satu lagi gan pengalaman ane pas hujan deres plafon atas si great ini hmpir bisa meredam berisiknya tetesan hujan, beda sama pas pake honda verio waduh berisik banget..

    BalasHapus
  2. om mau nanya ni kalo great corolla pake header 4-2-1 biar gak boros gimana ya caranya?

    BalasHapus
  3. om mau nanya ni kalo great corolla pake header 4-2-1 biar gak boros gimana ya caranya?

    BalasHapus
  4. jika kamu pakai header 4-2-1 ditambah bullet mmg amat pick up tapi untuk RPM rendah.Jika RPM nya tinggi agak mendatar kuasanya.Justeru itu eloknya kamu pakai 4-1 dan bullet.Wlaupun RPM rendah kurang kuasanya sedikit tapi top RPMnya amat bagus.Kunteloyo

    BalasHapus