Mengetahui Apakah Kampas Rem Sudah Habis untuk Mobil Matic?

Sistem Rem pada mobil matic berbeda dengan mobil manual dimana kebanyakan mobil matic memiliki usia kampas rem yang relatif lebih pendek daripada mobil manual, jika kampas rem pada mobil manual habis dalam jarak tempuh 60 ribu kilometer sampai 70 ribu kilometer maka kampas mobil matic akan habis pada jarak 35 sampai 40 ribu kilometer.
Angka 35-40 ribu kilometer itu hanya sebagai patokan saja, karena pada dasarnya setiap orang
memiliki gaya mengemudi yang berbeda-beda, kondisi jalanan macet juga tentunya lebih banyak menghabiskan kampas rem daripada jalanan bebas hambatan.

Nah selain berpedoman pada kilometer yang ditempuh, pecinta otomotif juga ada baiknya mengetahui bagaimana tanda-tanda kampas rem mobil sudah mulai habis, berikut adalah gejala kampas rem mobil yang sudah mulai habis:
* Kedalaman Pijakan Rem
Jika pecinta otomotif menginjak pedal rem terlalu dalam atau semakin dalam (berbeda dari biasanya) maka itu merupakan indikasi awal bahwa kampas rem mobil mulai habis (berkurang)
* Rem Bergetar
Jika pecinta otomotif menginjak pedal rem kemudian pedal rem tersebut terasa bergetar saat di injak, maka itu salah satu indikasi kampas rem telah habis. Biasanya kampas rem yang habis memiliki permukaan yang tidak lurus (rata) sehingga ketika ditekan permukaan tersebut mencengkeram cakram tidak sempurna yang menimbulkan getaran
* Suara Rem
Timbulnya suara seperti gesekan antar logam akan terjadi saat pecinta otomotif menginjak pedal rem yang kampasnya sudah habis, kampas rem yang habis tersebut biasanya sudah terlalu parah sehingga tinggal besinya saja. Nah besi pada kampas tersebut bergesekan dengan cakram rem (juga besi) sehingga terjadi suara gesekan, suara mendecit juga bisa mengindikasikan habisnya kampas rem
* Minyak Rem Turun
Salah satu indikasi habisnya kampas rem adalah berkurangnya volume minyak rem (minyak rem terlihat turun), periksa minyak rem yang ada di tabung reservoir dan jika minyak rem turun maka kampas rem kemungkinan akan habis
* Cek Ketebalan Kampas Rem
Nah ini adalah cara yang paling jitu, jika melihat tanda-tanda seperti disebutkan di atas maka lanjutkan dengan pemeriksaan kondisi kampas rem apakah masih tebal atau sudah tipis/ habis, caranya cukup mudah yakni langsung dengan membuka roda dan melihat kondisi kampas rem tersebut. Jika kampas rem sudah terlihat tipis atau tinggal logamnya saja, jangan berpikir panjang langsung ganti kampasnya.
kampas rem yang sudah habis, tinggal besinya saja
Akibat Menunda Mengganti Kampas Rem
Menunda mengganti kampas akan sangat buruk akibatnya, karena akan dengan cepat merusak cakram (disk brake),,,pecinta otomotif tahu kan harga cakram mobil hehehe :-)
Kerusakan pada sistem rem mau tidak mau juga berdampak pada bagian lain seperti pada bagian sistem suspensi yang harus bekerja lebih keras karena roda sering bergetar, sistem kemudi misalnya power steering yang juga bekerja keras meredam getaran, atau juga di sisi pengemudi yang bekerja ekstra mengendalikan mobil.
Beberapa teknisi otomotif bahkan menyarankan untuk mengganti kampas rem mobil matic tiap 20-25 ribu kilometer, ya kami rasa ini yang save :-) . demi keselamatan maka perawatan mobil memang harus kita keluarkan biaya untuk ini.

1 komentar:

  1. saya pengguna jazz idsi matic, piringan cakram terluka karena kampas rem terlambat di ganti. kemudian di bubut di halusin permukaannya.
    tapi tidak bisa seperti sebelumnya, tingkat kedalaman pijakan rem jadi agar dalam, walaupun kampas rem baru. :-(

    oh iya, kalo honda jazz, di cakramnya ada plat kecil penanda kampas habis, kalo roda berbunyi brarti plat kecil sudah menyentuh cakram, segera ganti kampas rem.

    BalasHapus