Penamaan dan Klasifikasi Mercedes Benz

Nomenclature atau penamaan produk mercedes akan diperbarui mulai tahun 2015 mendatang. Seperti diketahui mercedes benz setiap tahun selalu memperbarui mobilnya meskipun penamaan mobil sama dengan mobil yang keluar tahun lalu hanya dibedakan oleh tahunnya saja, sistem penamaan mercedes benz lama adalah menggunakan huruf kapital seperti C series (mobil yang masuk dalam kategori seri C), GL series, M series dan lain-lain.

Penamaan Lama Mercedes
Dalam penggolongan mobil tersebut abjad tidak berpengaruh pada kualitas mobil akan tetapi lebih berpenganruh pada spesifikasi mobil, misalnya A series tidak selalu lebih baik (berkualitas) dari pada M series dan begitu pula sebaliknya.
Untuk sistem pemberian nama (penamaan) mercedes lama antara lain:
Saloon : mobil mewah
Tourer : mobil sport
Coupes : mobil 2 pintu
Roadster : mobil tanpa atap permanen
Offroader : mobil offroad
Pada setiap penggolongan juga dipisahkan dengan Abjad untuk membedakan varian mobil dengan varian lain (kelas satu dengan kelas yang lain), misalnya untuk tipe Offroader dibagi menjadi:
G Class
GL Class
M Class
GLA Class
Nah pada sampai tahap ini misalnya G Class, juga akan dipisah lagi untuk menentukan spesifikasi mesin dan ornamennya menjadi Offroader G Class 55
55 tersebut adalah pembeda dengan varian lain pada kelas G, di mana untuk G class sendiri dibagi menjadi 3 yakni:
Mercedes Benz G 320 CDI
Mesin G 320 CDI memiliki tenaga yang besar dan lebih ekonomis, yakni memiliki tenaga 224 hp, memiliki kecepatan sampai 177 km / jam, torsi maksimum mobil G320 CDI adalah 540 Nm pada 1600 rpm sampai 2400 rpm. Memakai transmisi 7G-TRONIC automatic. Konsumsi BBM G 320 CDI: pada lintasan gabungan adalah 11 liter /100 km
Mercedes Benz G 500
Memakai mesin 5-liter V8 dengan tenaga maksimum 218 kw puncak (296 hp), memiliki torsi maksimum 456 Nm pada 2800 sampai 4000 rpm, mobil ini memakai 3 katup per silinder. G 500 memakai sistem transmisi 7G-TRONIC otomatis. Konsumsi bahan bakar mobil ini dengan track kombinasi 15,5 Liter per 100 Kilometer.
Mercedes Benz G 55 AMG
G 55 AMG memakai mesin V8 supercharged sanggup mengeluarkan tenaga maksimum 368 kw (500 hp) dengan torsi maksimum 700 Nm. Konsumsi BBM G 55 AMG adalah 15,9 Liter /100 Kilometer
Transmisi G-Class
G 320 CDI dan G 500 memakai transmisi otomatis 7G-TRONIC, yang membuat perpindahan gigi hampir tak terasa. Transmisi AMG 55 G, cukup unik yakni perubahan gigi halus memakai transmisi 5-speed Touchshif.

Penamaan Baru Mercedes
Penamaan baru mobil mercedes dibuat agar mudah dipahami dan dengan cepat diketahui spek mobil yang disebut, penamaan baru ini dipastikan akan menggunakan huruf kapital 1-3 huruf untuk mengetahui class mobil terlebih dahulu misalnya Mercedes Benz GLA Class,
GLA = GL A-Class
GLC = GL C-Class (sebelumnya GLK)
GLE = GL E-Class (sebelumnya M-Class atau ML)
GLE Coupe = GL E Class Coupe
GLS = GL S-Class (sebelumnya GL)
berikut ini adalah skema penamaan mercedess benz
Selain beberapa perubahan nama SLK diganti dengan SLC dan lain-lain ada juga penambahan tentang bahan bakar yang dipakai untuk menggerakkan mesin, antara lain:
c : berbahan bakar Gas bertekanan
d : mobil berbahan bakar solar
e : mobil elektrik berbahan bakar listrik (mobil listrik)
f : fuel cell
h : hybrid

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini