Menghindari Operasi Zebra Razia Kendaraan Bermotor

Beberapa hari terakhir ini nampak operasi zebra atau razia kendaraan bermotor roda 2 dilakukan oleh polisi, artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman yang jujur tidak punya STNK karena dulu kena tilang terus gak punya uang buat ngambil stnk di pengadilan (alhasil sekarang sepeda ane gak ada STNKnya).
Kebiasaan
Ok lanjut, kita kenali dulu tentang kebiasaan operasi zebra sebagai berikut:
1. Operasi zebra biasanya dilakukan di jalan-jalan utama (jalan nasional) kadang-kadang juga di jalan propinsi (jalan yang dibangun oleh propinsi)
2. Operasi zebra/ razia kendaraan jika dilakukan secara nasional besar-besaran biasanya dilakukan dua arah
3. Operasi zebra biasanya dilakukan pada pagi hari sampai siang hari (antara jam 8 pagi sampai jam 12 siang), bisa juga pada sore hari (tapi karena sekarang musim hujan jarang sekali sore) kalau sore biasanya jam 3 sore sampai magrib
4. Razia kendaraan bermotor biasanya dilakukan saat cuaca cerah atau mendung
5. Jika ada operasi zebra biasanya banyak motor yang balik arah atau berhenti di pinggir jalan (amati)
Menghindari Operasi Zebra
Nah sekarang paling tidak kita fokus pada 5 karakter operasi zebra tersebut, kita akan bahas satu per satu sesuai dengan urutan (nomer di atas).
1. Nah terkait dengan jalan utama sebagai tempat operasi zebra (baik jalan nasional atau propinsi), maka prinsip pertama adalah jangan melewati jalan itu, sebisa mungkin usahakan melewati jalan alternatif (jalan kampung/ jalan desa).... hal ini yang tiap hari lakukan, sambil jalan2 liat pemandangan desa :-)
2. Biasanya dilakukan 2 arah (apa lagi jika jalan kembar), nah ini juga membantu karena jika kita melihat sisi kanan jalan (arus yang berlawanan) ada kerumunan maka harus hati2 kemungkinan di depan kita (jalan searah) juga ada kerumunan tersebut. lebih baik berhenti sebentar untuk memastikan apa yang sedang terjadi di depan.
3. Jika operasi zebra dilakukan antara pukul 8 pagi sampai 12 siang, maka hindarilah jam-jam tersebut. Lebih baik berangkat pagi-pagi atau jika tidak bisa pagi lebih baik berangkat setelah jam 12 siang (polisi juga bisa capek hehehe)
4. Nah terkait dengan cuaca, saat yang paling aman dari razia adalah saat hujan atau gerimis. Ini yang dulu saya terapkan, berangkat jika sudah gerimis (tentunya kita harus membawa jas hujan ya), karena razia atao operasi zebra biasanya dilakukan jika cuaca cerah (panas) atau mendung. Jika gerimis bubar
5. Pecinta otomotif juga harus peka terhadap lingkungan sekitar (pengemudi motor lain), tanda-tanda yang bisa dilihat dari pengemudi motor lain adalah:
- beberapa sepeda balik arah (melawan arus kita), segera kasih tanda (tanya mereka dengan kode) biasanya mereka akan suka rela menginformasikan hal yang terjadi di depan.
- ada banyak motor berhenti di pinggir jalan atau tempat umum seperti parkiran warung, warung kopi, depan ruko, depan sekolah, dll. Jika jumlahnya tidak wajar (terlalu banyak tidak seperti biasanya, maka berhenti sebentar tanyakan pada mereka apa yang terjadi di depan)

"Tidak lupa saya garis bawahi jika artikel ini diperuntukkan bagi saudara-saudara yang senasib dengan saya, tidak punya STNK karena tidak punya uang untuk menebusnya... terimakasih dan mohon maaf jika ada salah kata atau salah ucap...."

Ke lima cara di atas tentunya sudah cukup untuk menghindari operasi zebra, jika pecinta otomotif masih kurang silahkan mencari artikel terdahulu yang pernah saya tulis tentang "razia motor" pada kotak pencarian sebelah kiri.
Silahkan ditambahkan triknya juga boleh lewat kolom komentar

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini