Honda Jazz Vs Toyota Yaris Mana yang Lebih Unggul

Honda Jazz Vs Toyota Yaris selalu menjadi perbincangan hangat, sebagai mobil dengan rivalitas yang sangat tinggi saat kedua mobil ini sedang mengeluarkan produk terbarunya yang selalu bersaing. Perseteruan paling seru dari kedua city car ini adalah pada varian teratas yakni mobil terbaru adalah Honda Jazz RS A/T dan Toyota Yaris TRD Sportivo AT,
kedua mobil ini hampir berimbang karena memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda sebut saja desain ornamen eksterior dan interior dinamis dimiliki yaris TRD Sportivo membuat Honda Jazz keluaran terbaru pun terlihat lebih kuno dibanding yaris terbaru, kemudian masalah performa mesin honda jazz yang masih sangat dominan dibandingkan Yariz terbaru sekalipun.
Ok kita ulas satu persatu
Desain
Honda Jazz tetap mempertahankan desain yang lebih casual dan elegan (terlihat cukup nyaman dilihat). Hal ini berbeda dengan Toyota Yaris TRD Sportivo yang didesain tampil lebih dinamis seperti bentuk lampu rem (belakang body) yang berlekuk-lekuk, pada bagian lampu depan + Grill + Bumper + lampu kabut juga didesain lebih garang sehingga mengesankan mobil yang bertenaga dan penuh fitur.
Honda Jazz meskipun tampilannya terlihat biasa saja akan tetapi desainnya cenderung fungsional, artinya jika memiliki fungsi tertentu maka desain akan dibuat (tidak sekedar untuk keindahan saja). Sebut saja lekuk udara horizontal yang ada pada sisi samping kiri dan kanan mobil, yang memang sengaja dibuat untuk memudahkan aliran udara dari depan untuk kebelakang melewati lekuk tersebut sehingga mobil lebih stabil meskipun terpaan agin cukup besar dari depan (misalnya kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan).
Kesimpulan untuk masalah desain
* Toyota Yaris : lebih dinamis
* Honda Jazz : Lebih fun to drive (menyenangkan)
* Honda Jazz: lebih mungil akan tetapi mobil lebih tinggi, dan ground clearance 150 mm
* Toyota Yaris: lebih panjang, lebih lebar akan tetapi lebih pendek, ground clearance 149 mm
Fitur
Untuk masalah fitur kedua mobil ini kami rasa hampir berimbang dimana fitur-fiturnya hampir sama, beberapa perbedaan kecil antara lain pada fitur:
AC Climate Control : toyota yaris (punya)/ sedangkan Honda Jazz (tidak punya)
Brake Assist (BA) : Toyota Yaris (punya)/ sedangkan Honda Jazz (tidak ada)
Cruise Control : Honda Jazz (punya)/ sedangkan toyota yaris (tidak punya)
Setir adjustable reach: Honda Jazz (ada)/ Toyota Yaris (tidak ada)
Lampu HID : Honda Jazz (Ada)/ Yaris (tidak ada)
Mesin
Untuk masalah mesin Honda Jazz dan Toyota Yaris terbaru sama-sama memakai mesin bensin 1497 cc (1500cc), dan sama-sama memakai 4 silinder dengan 16 katup, meskipun ukuran mesin sama akan tetapi tenaga yang dihasilkan berbeda dimana Honda jazz jauh lebih unggul daripada Toyota Yaris.
Tercatat tenaga yang mampu dihasilkan mesin Honda Jazz RS A/T adalah 120 dk sedangkan untuk Toyota Yaris hanya mampu mengeluarkan tenaga 109 dk selisih, yang sangat jauh untuk mobil dengan mesin sama-sama 1500 cc.
Sedangkan torsi (kemampuan membawa beban di tanjakan) kedua mobil ini juga berbeda dimana untuk Honda Jazz torsi maksimumnya 145 Nm sedangkan Toyota Yaris 140 Nm, dalam hal tanjakan maka Jazz lebih unggul daripada yariz.
Besarnya tenaga kuda (satuan tenaga mesin bisa Hp/ Ps/ Dk/) akan menentukan seberapa besar akselerasi (tarikan mobil) atau kemampuan menambah kecepatan dalam waktu tertentu, nanti kita akan bahas akselerasi ini pada performa mobil
Performa
Untuk Performa mobil (yang dijanjikan saat pembahasan mesin tadi) bahwa Honda Jazz sangat lebih unggul jika dibandingkan dengan Toyota Yaris, dimana Honda Jazz RS mencatatkan waktu 10,1 detik untuk mencapai kecepatan 100 Km/Jam dari kecepatan 0 Km/jam. Berbeda dengan Toyota Yaris TRD S yang hanya mampu mencatatkan waktu 12,1 detik dari kecepatan 0 KPJ sampai menyentuh kecepatan 100 KPJ, Selisih 2 detik ini termasuk sangat signifikan mengingat mobil ini bertarung dalam ketat dalam segmen yang sama dengan jenis mobil yang sama dan kapasitas mesin yang sama pula.
Berikut adalah performa penambahan percepatan dan pengereman (pengurangan percepatan) lebih detail (disajikan gambar)
Performa Honda Jazz

Performa Toyota Yaris
Sistem Transmisi
Sistem transmisi ini sangat erat kaitannya dengan kenyamanan mengemudi, kedua mobil ini sama-sama memakai sistem transmisi matic akan tetapi teknologi matic yang dipakai sama sekali berbeda dimana Toyota Yaris TRD S hanya memakai transmisi matic 4 kecepatan (biasa), sedangkan Honda Jazz RS A/T menggunakan transmisi matic dengan teknologi CVT yang lebih halus saat pemindahan gigi. Untuk mengenal lebih dalam tentang transmisi CVT dan transmisi matic biasa bisa dibaca pada artikel berikut
Harga
Masalah harga Honda jazz sedikit diuntungkan karena lebih murah daripada Toyota Yaris (selisih sekitar 6,6 juta rupiah) berikut adalah detail harga kedua mobil varian teratas ini:
* Honda Jazz RS A/T : Harga 249,5 juta rupiah (dijual on the road akhir 2014 daerah jabotabek)
* Toyota Yaris TRD S : harga 256,1 juta rupiah (on the road DKI akhir 2014)
Selisih 6,6 juta lumayan buat beli konsumsi saat jalan-jalan bersama keluarga :-)

sumber: www.mobilku.org

4 komentar: