Toyota RAV4 Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan

Toyota RAV4 adalah mobil jenis medium SUV yang akan keluar tahun 2015 (masuk pasar indonesia tahun 2015), menggunakan 2 pilihan mesin 2000 cc dan 2500 cc bensin (berbahan bakar pertamax). Mobil yang memakai sistem penggerak 2 roda depan ini akan dipamerkan di IIMS bulan ini (september 2014), Toyota RAV4 sejatinya diposisikan sebagai SUV kelas menengah bersaing dengan Mazda CX 5 atau honda HRV atau bahkan Nissan X trail.
Seperti diketahun jika Honda tahun depan akan
mengeluarkan produk terbarunya yakni Honda HRV yang menggunakan mesin Honda Jazz berdaya maksimum 120 tenaga kuda dengan harga jual sekitar 300 jutaan, Honda juga memiliki SUV yang cukup lama diterima pasar yakni Honda CRV yang bertenaga 145 tenaga kuda dengan harga jual 400 jutaan. Selanjutnya kita bahas spesifikasi Toyota RAV4
Eksterior
Toyota RAV4 memiliki panjang 4570 mm, lebar 1844 mm, tinggi 1661 mm dan jarak sumbu roda 2660 mm. Dari tampilan luar mobil ini mengesankan meskipun sebagai mobil SUV (mobil offroad) akan tetapi mobil ini lebih cenderung digunakan untuk melintasi jalanan onroad dengan tingkat keberagaman kondisi jalan yang tinggi, kalau mobil offroad identik dengan ban pacul maka mobil ini menggunakan ban dengan corak sedang (bisa untuk offroad ringan/ jalan tanah tapi sangat nyaman untuk jalan aspal).
Untuk bagian depan, mobil ini didesain cukup tinggi artinya mobil ini dirancang mampu melewati genangan air yang cukup tinggi. Lampu kabut yang dibenamkan juga cukp mumpuni dengan desain yang lebar dan nyala kuning benar-benar memberikan penerangan yang maksimal kala cuaca tidak bersahabat, sedangkan untuk mode hemat listrik untuk lampu siang dilengkapi dengan LED DRL (Day Running Light)
Bagian bawah menggunakan velg alloy (alumunium) yang stabil dan kuat, spion bisa dilipat secara elektrik dengan dibenami lampu sinyal belok, sedangkan pada bagian atap mobil juga diletakkan roof rail yang berfungsi sebagai tempat bagasi (Roofbox) di atap mobil. Sebagai mobil yang dirancang melewati jalanan bervariasi mobil ini cukup baik dalam rancangan desainnya.
Interior
Pada bagian dalam mobil ini dijejali dengan teknologi kenyamanan yang cukup baik dengan berbagai fitur, berikut ini adalah ornamen/ fitur pada interior mobil:
* Mobil ini telah dilengkapi dengan dual zone automatic climate control atau AC otomatis
* Fitur ECO dan Sport, mobil bisa dikemudikan dengan mode ECO (hemat BBM) dan Sport (akselerasi tinggi)
* Cruise Control, yang berfngsi menjaga kecepatan mobil tetap stabil
* Power window dan power door lock
* Keyless entry
* Dual Sun visor yang membuat penumpang dapat menikmati pemandangan dari atas/ atap mobil
* Kamera belakang atau kamera parkir
* Sistem audio dengan berbagai koneksi ke gadget
* LED monitor dengan berbagai fungsi, baik sebagai alat kontrol maupun fitur entertaiment
* Power Steering Elektrik yang meringankan beban lingkar kemudi
Spesifikasi Mesin
Toyota RAV4 menggunakan mesin dengan bahan bakar bensin (pertamax), menggunakan mesin berkapasitas silinder 2000 cc dan 2500 cc dimana daya mesin 2000 cc adalah 143 Hp sedangkan 2500 cc adalah 176 Hp (waow sangat besar yang 2500 cc) sedangkan yang 2000 cc setara dengan kemampuan mesin honda CRV yang mampu mengeluarkan tenaga 145 Hp pada putaran mesin 6000 Rpm.
Menggunakan transmisi automatic (matic) 6 kecepatan yang disalurkan oleh kedua roda depan menjadi tenaga gerak, sistem penggerak roda depan khas dengan akselerasi mobil yang sangat baik, sementara untuk rem menggunakan cakram berventilasi sehingga cukup aman saat mobil berakselerasi tinggi.
Sistem Keselamatan
1. Berikut ini adalah teknologi keselamatkan yang dibenamkan pada Rem mobil ini:
* ABS
* EBD
* BA
* VSC
* TRAC
* SST
dengan teknologi rem yang tergolong sangat canggih untuk ukuran mobil di Indonesia menjadikan mobil ini sangat aman (tidak akan selip dan tidak akan terkunci remnya)
2. Sedangkan untuk keselamatan saat terjadi benturan adalah dibenamkannya beberapa airbags mulai dari airbags untuk muka, tangan sampai kaki.
3. Sistem Immobilizer akan menghindarkan mobil dari kejahatan seperti pencurian atau kemungkinan perampokan
4. Side Impact Door Beam adalah desain struktur rangka body milik toyota yang mampu mengalihkan benturan pada bagian-bagian yang tidak berdekatan dengan penumpang.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Toyota RAV4 ini ada pada interior yang mewah serta memiliki banyak sekali fitur, sedangkan dan kemampuan mesin mobil ini tergolong handal dimana mampu menghasilkan daya sekitar 143 Hp. Perpaduan Mesin yang bertenaga dengan penggerak roda depan akan menghasilkan mobil dengan akselerasi yang sangat baik terutama di medan-medan onroad.
Sementara kekurangan yang perlu dipertimbangkan menurut www.mobilku.org ada pada kapasitas penumpang RAV4 yang hanya bisa dimuati dengan 5 orang dewasa saja, untuk harga kemungkinan juga sedikit memberatkan jika dibandrol sampai diatas 400 juta rupiah karena pesaingnya yakni honda CRV dibandorol dengan harga 387 juta untuk varian terendah. Jika harga sampai di atas 400 juta rupiah tentunya ini juga menjadi kekurangan mobil ini (berharga mahal)
Harga
Harga Toyota RAV4 memang belum kami dapatkan hingga saat ini, harga akan dirilis tanggal 18 September 2014 bertepatan dengan IIMS 2014, akan tetapi menurut sumber yang kami temukan bahwa di luar negri mobil ini dijual dengan harga sekitar 25.000 dolar, jika di kurskan denga rupiah sekitar hampir 300 juta rupiah, menurut sumber Toyota kemungkinan harga sekitar 400 sampai 500 jutaan, akan tetapi pastinya akan kami beritahu tanggal 18 september nanti

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini