Komparasi SUV Bekas 100 Jutaan

Mobil Jenis SUV (Sport Utility Vehicle) adalah kendaraan yang memiliki kemampuan melewati medan-medan offroad maupun onroad, biasanya mobil ini berpenggerak 4 roda dan memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan kendaraan penumpang lain seperti jenis MPV ataupun Sedan.
Di Indonesia sendiri banyak mobil SUV kelas bawah yang menggunakan hanya 2 penggerak saja (biasanya 2 roda belakang) seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush, Suzuki Escudo, Suzuki Katana, dll. Akan tetapi juga banyak mobil SUV yang memakai 4 penggerak tentunya dengan
harga yang lebih tinggi dimana harga baru mobil SUV 4x4 ini paling murah adalah 350 jutaan, beberapa mobil SUV yang berpenggerak 4 roda antara lain mitsubishi pajero sport dakar, toyota fortuner, toyota landcruiser, dll.
Sedangkan untuk bahan bakar yang digunakan biasanya untuk low SUV menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan untuk midle SUV sudah banyak yang memakai bahan bakar solar/ Pertamina Dex. Kelebihan mobil bermesin diesel adalah memiliki tenaga yang besar jika dibandingkan mobil bermesin bensin, akan tetapi di Indonesia karena kualitas solar yang buruk mesin mobil diesel tidak bisa maksimal dalam pemakaiannya (sering mengalami masalah pada ruang bakar yang menyebabkan berkurangnya tenaga mobil secara drastis), akan tetapi jika pemilik rajin melakukan perawatan maka tidak masalah membeli mobil SUV bermesin diesel.
Mobil jenis SUV ini tumbuh semakin pesat dimana penjualannya dari tahun ke tahun terus meningkat, hal ini disebabkan oleh jalan di indonesia yang memiliki tingkat keberagaman tinggi, ada jalan aspal mulus, ada jalan tanah di pedesaan, ada jalan makadam, jalanan yang berair dan lain sebagainya sehingga sulit dijangkau oleh mobil jenis lain.
Kali ini www.mobilku.org akan melakukan review terhadap mobil-mobil SUV bekas dengan harga sekitar 90 juta sampai 110 juta rupiah, bagi pecinta otomotif yang menginginkan mobil jenis SUV ini bisa mempertimbangkan membeli mobil-mobil bekas di bawah ini:
Honda CRV 2.0 AT
Harga mobil CRV 2.0 AT ini yang baru memang masih mahal, akan tetapi jika pecinta otomotif melihat harga bekas mobil ini kisaran tahun 2003 sudah turun menjadi 110 juta rupiah.
Mobil ini cukup layak diperhitungkan, dengan mesin bensin 2000 cc mampu menghasilkan tenaga maksimum sampai 145 Hp, Honda CRV memiliki kelebihan pada handling yang lincah dan posisi mengemudi yang nyaman, selain itu mobil ini juga tergolong irit untuk mobil berkapasitas mesin 2000 cc.
Kelemahan honda crv 2.0 ini adalah kursi baris ke 3 yang tidak cukup luas sehingga hanya muat 2 penumpang anak-anak, total kapasitas penumpang honda crv tahun 2003 adalah 7 orang (5 orang dewasa dan 2 anak-anak). Selain itu suspensi mobil ini juga terbilang cukup keras jika dibandingkan mobil SUV lain atau CRV sekarang.
Suzuki Grand Escudo XL 7
Mobil ini keluar tahun 2004 dimana harga pasaran grand escudo xl7 saat ini sekitar 95 jutaan, salah satu kelebihan mobil ini adalah pada kemampuan mesin dimana mampu mengeluarkan tenaga sampai 157 Hp cukup besar untuk mobil tahun 2004 (bahkan sampai sekarang juga masih dirasa besar).
Mobil ini memiliki kapasitas penumpang 7 orang (cukup besar memang), memiliki kaki-kaki yang kuat, mesin bertenaga dan kapasitas penumpang yang besar menjadi daya tarik mobil escudo ini. Akan tetapi kelemahan mobil ini ada pada konsumsi BBM yang relatif boros, jumlah mobil yang sedikit (jarang ditemukan) dan desain eksterior yang kurang mengikuti perkembangan jaman (kurang sip modelnya)
Bagi pecinta otomotif penggemar mobil-mobil Suzuki bisa mempertimbangkan mobil 95 jutaan ini untuk melibas jalanan naik-turun :-)
Nissan Terrano Spirit
Nissan terrano spirit merupakan mobil SUV dari Nissan yang dikeluarkan tahun 2005, mobil ini banyak sekali penggemarnya sampai saat ini. Mobil yang harga bekasnya di kisaran 110 jutaan ini memiliki kelebihan pada bentuk yang gagah dan suspensi yang empuk, Nissan terrano memang tidak memiliki tenaga yang cukup baik tenaga mesin hanya 115 Hp (jauh dengan Honda CRV maupun Suzuki Escudo) akan tetapi bentuk yang gagah dan suspensi yang empuk bisa menghapus kekurangan pada mobil ini (tenaga kurang)
Kekurangan lain dari mobil ini adalah konsumsi BBM yang bisa dibilang tidak terlalu irit alias boros, akan tetapi daya muat mobil ini juga cukup besar (kabin lapang). Mobil dengan kapasitas silinder 2500 cc ini juga cukup layak diperhitungkan sebagai mobil SUV berharga murah
Kia Sportage
Mobil SUV yang dikeluarkan KIA tahun 2005 ini cukup layak dipinang, menggunakan mesin 2000 cc mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 142 HP hampir sama dengan honda CRV, harga Kia Sportage bekas tahun 2005 juga cukup murah yakni sekitar 100 juta rupiah.
Interior Kia Sportage bisa dibilang cukup lumayan, dengan posisi mengemudi yang didesain ergonomis bisa membuat pengemudi tidak mudah capek saat di perjalanan jauh, ground clearance yang memang tinggi juga sangat membantu pengemudi dalam melewati medan-medan offroad.
Kelemahan Kia Sportage adalah kesan bahwa mobil ini adalah buatan korea dan konsumsi BBM yang relatif boros.
Toyota Rush 1.5G
Mobil besutan toyota tahun 2008 ini termasuk low SUV, dengan mesin 1500 cc Toyota Rush mampu menghasilkan tenaga sampai 109 Hp (cukup kecil, maklum SUV low end), harga mobil ini masih di kisaran 110 juta rupiah.
Mobil yang mnggunakan mesin bensin milik avanza ini memiliki kapasitas penumpang 5 orang sehingga bagasi menjadi cukup luas (kembaran mobil ini adalah terios yang menggunakan kursi sampai 7 orang).
Kelemahan Toyota Rush 1.5G ini adalah pada kemampuan mesin yang kurang, kabin tergolong kecil, dan ada sedikit limbung jika mobil ini melewati tikungan.
Sementara keunggulan mobil ini adalah SUV yang irit bahan bakar, perawatan mudah.
Pecinta otomotif yang menginginkan mobil hemat cita rasa SUV bisa memilih mobil ini
Daihatsu Terios TX AT
Daihatsu terios TX AT dikeluarkan tahun 2008, mobil kembaran toyota rush (di atas) tenyata cukup berbeda dari sisi mesinnya, dimana Daihatsu Terios TX AT ini memakai mesin berkapasitas 2000 cc (lebih besar dari Toyota rush yang hanya 1500 cc).
Daihatsu Terios TX AT ini memakai mesin bensin dengan sistem transmisi otomatis (matic), mobil ini memiliki kelebihan pada konsumsi BBM yang cukup irit sebagai mobil SUV 7 penumpang. Mobil yang mampu mengeluarkan tenaga setara dengan Honda CRV 2003 yakni sebesar 145 Hp ini harga pasarannya adalah 110 juta (cukup pantas dipinang)
Kelebihan utama daihatsu terios TX AT adalah:
* kemampuan mesin
* kapasitas penumpang
* transmisi matic
* service yang mudah
sementara kekurangan mobil ini adalah sedikit limbung saat ditikungan pada kecepatan tinggi (hati-hati), akselerasi mobil ini juga dirasa cukup lambat.

3 komentar:

  1. jadi kesimpulannya, dari semua pilihan mobil bekas dengan merek Honda CRV, Suzuki Grand Escudo, Nissan Terrano, Kia Sportage, Toyota Rush, Daihatsu Terios, merek yang paling pantas dipinang sepertinya adalah Daihatsu Terios ya min.

    BalasHapus
  2. wah goblok nih yang buat artikel masa toyota rush dibilang suv low end?? coba cek harganya dong! toyota rush trd aja harganya udah nyampe 250juta, malah daihatsu terios harganya lebih murah dari toyota rush walau terios mesinnya 2000cc.
    masalah besar kecil nya kapasitas mesin bukan patokan mobil suv masuk ke tingkat low end atau tidak tapi lebih ke keperluan fungsi nya, mobil suv yang berpenggerak 2wd lebih banyak ditujukan untuk pengguna di perkotaan atau masyarakat urban yang relatif lalu lintas jalan nya pun lebih macet jadi cukup menggunakan mesin kapasitas kecil saja lebih efisien dan irit untuk mengatasi kondisi lalulintas kota yang macet yang penting untuk suv perkotaan adalah kenyamanan interior nya karena pasti pemiliknya akan berlama-lama dijalan macet hampir setiap hari.

    BalasHapus