Perbandingan Mobil Pick Up Bekas Spesifikasi dan Kemampuan Mesin

Mobil Pick Up adalah angkutan yang diperuntukkan membawa barang (bukan orang), mobil pickup juga biasa disebut mobil niaga karena fungsinya membawa banrang-banrang perdagangan seperti sayur-sayuran. Mobil Pickup ini memiliki ukuran yang relatif kecil dan mesin yang kecil pula jika dibandingkan dengan mobil truck (mobil niaga yang besar), kelebihan mobil pickup dibanding truck adalah dari segi kelincahan dan kepraktisan (mudah diparkir dan mudah melewati jalan yang sempit) sedangkan kekurangan mobil pickup hanya ideal digunakan untuk jarak dekat (dalam kota), untuk luar kota lebih baik memakai truck.
Pada bagian bak mobil pick up dibedakan atas:
1. Bak pickup yang rata (tidak ada ruang spakbor), memuat barang lebih banyak
2. bak pickup tidak rata (ada spakbor), muatan lebih sedikit daripada bak yang rata
3. bak pickup yang dapat dibuka di semua sisi, hah ini dapat memudahkan menaikkan dan menurunkan barang (dengan membuka sisi2 samping bak)
4. bak pickup yang hanya buka belakang, artinya sisi-sisi lain tidak bisa dibuka dan hanya sisi belakang saja yang bisa digunakan untuk memasukkan barang.
Bak pickup yang baik adalah bak yang rata dan bisa dibuka pada semua sisi bak, harganya selisih sedikit dengan yang bukaan satu sisi (belakang).
Mobil Pick Up Bekas Paling Banyak dipakai
Dibawah ini adalah beberapa mobil pickup bekas yang paling banyak dipakai beserta ulasannya:
Suzuki Carry Pick Up (90 an)
Mitsubishi Colt T120 (80 an)
Toyota Kijang Kotak (80 an)
Kijang Pickup (90 an)
Mitsubishi L300 (80 an sampai sekarang)
Daihatsu Zebra Pick Up (90 an)
Suzuki Mega Carry (sekarang)
Mitsubishi T120 SS (sekarang)
Daihatsu Granmax (sekarang)
Isuzu Pickup (90 an sampai sekarang)
Dari sekian banyak mobil pickup yang beredar di Indonesia ada beberapa mobil yang pemakainnya cukup banyak mulai tahun 90 an dan masih banyak dijual bekasnya sampai sekarang. kita akan bahas secara singkat kelebihan dan kekurangan mobil pickup satu-persatu
Suzuki Carry Pick UP
mobil ini mulai muncul akhir 80 an dan menjadi trend mobil niaga bahkan sampai sekarang, awal kemunculan suzuki carry pickup masih menggunakan mesin 1000 cc dan seiring perkembangan pasar mobil ini ditingkatkan menjadi 1200 cc tahun 90 an dan menjadi 1500 cc sekarang ini. menjadi mobil pickup paling banyak dipakai sampai sekarang
Kelebihan Suzuki Sarry Pickup
* Harga beli yang murah (sekarang yang baru sekitar 100 jutaan), yang bekas tahun 90 an sekitar 20 jutaan
* Sparepart yang murah, perawatan mudah
* Sparepart yang banyak tersedia di bengkel-bengkel karena mobil ini juga menjadi mobil angkot di banyak kota (versi bukan pickup) sehingga sebaran sparepartnya sangat banyak tersedia
* Sparepart dari rentang harga termurah sampai yang orosinal ada, mobil ini memiliki sparepart yang berkelas-kelas (kelas originalnya tersedia) akan tetapi kelas substitusinya juga banyak :-)
* cukup irit BBM, dibanding rival-rivalnya seperti T120 ss suzuki carry lebih irit bahan bakar
Kekurangan Suzuki Carry Pick Up
* Purna jual mobil ini juga masih baik
kekurangan Suzuki carry dibandingkan dengan rival terdekatnya yakni T120 SS adalah tenaganya yang sedikit dibawah T120 SS.
kesimpulan: Suzuki carry pick up banyak dipakai di perkotaan katena jalan-jalan yang tidak membutuhkan tenaga mobil besar (yang dibutuhkan irit)
Harga baru mobil carry pickup ini adalah Rp. 100 juta rupiah (update bulan agustus tahun 2014)
Mitsubishi T120 SS
Mitsubishi T120 SS menjadi saingan terberat suzuki carry pick up, mitsubishi T120 SS menjadi raja angkutan di daerah pegunungan, jika di perkotaan suzuki carry pickup adalah rajanya tapi di pedesaan atau pegunungan T120 SS ini menjadi sangat populer.
Mitsubishi T120 SS menggunakan mesin 1500cc dan mampu menghasilkan tenaga 86 tenaga kuda sedangkan suzuki carry pickup hanya menghasilkan tenaga 77 tenaga kuda.  T120 SS memiliki torsi 120 Nm / 3750 rpm sedangkan suzuki carry pickup hanya 80 nm pada 5500 rpm, torsi ini adalah kemampuan membawa beban barang terutama saat ditanjakan.
Kelebihan mitsubishi T120 SS jika dibandingkan dengan rival terdekatnya yakni Suzuki carry pickup adalah:
* tenaga lebih besar
* kekuatan angkut lebih besar
* mobil lebih tahan lama
sedangkan kekurangannya
* konsumsi bbm lebih boros
* harga jual kembali lebih turun (dibandingkan carry pick up)
* sparepart lebih sulit didapatkan
Harga baru mobil T120 SS adalah 100 juta rupiah (update agustus 2014)
Mitsubishi L300
Mobil pickup satu ini memang tidak ada matinya, mulai tahun 80 an mobil ini diproduksi sampai sekarang juga masih sangat banyak peminatnya terutama yang bermesin diesel. Menggunakan mesin diesel 2500 cc membuat mobil ini sangat handal pada medan-medan apapun (perkotaan oke tanjakan juga oke), mitsubishi L300 ini sangat handal untuk perjalanan yang cukup ekstrim misalnya sampai lebih dari 24 jam keluar kota atau tanjakan pegunungan dengan membawa beban berat (misalnya pupuk dan lain-lain).
Material mobil ini juga cukup baik (pelat body yang cukup tebal dan tidak mudah berkarat seperti mobil jaman sekarang yang baru keluar), sehingga pecinta otomotif tidak perlu kuatir jika mobil pickupnya penyok :-) . Untuk konsumsi bbm (solar) L300 ini juga termasuk irit, sementara bentuk (dimensi) L300 masih mempertahankan bentuk yang lama yakni masih terkesan kotak-kotak (sudut-sudut mobil masih kaku)
Kelebihan L300 dibanding T120 SS dan Suzuki Carry
* Volume angkut dan daya angkut lebih besar (muatan lebih banyak) karena bak lebih besar
* Purna jual yang masih sangat tinggi
* Daya tahan mesin yang luar biasa, sangat pas untuk mengangkut barang antar propinsi sekalipun
* Material pembentuk body berkualitas/ kuat
Kekurangan
* Jika terjadi kerusakan sparepart relatif lebih mahal
* Harga beli mobil tinggi
* akselerasi mobil rendah (tarikan kurang cepat, masih lebih cepat mobil bensin)
* getaran mesin sangat terasa, karena mobil ini masih menggunakan teknologi diesel lama maka getaran mesin L300 ini cukup besar dan suaranya pun juga keras.
Harga mobil baru L300 ini adalah 162 juta rupiah update terbaru hari ini
Daihatsu Zebra Pickup
Daihatsu zebra pick up ini diluncurkan sejak pertama kali untuk menjadi saingan suzuki carry pick up, akan tetapi karena kualitasnya tidak begitu bagus dari sisi mesin, perawatan dan purna jual Daihatzu zebra pickup kurang laku dipasaran.
Kelebihan:
* harga beli bekas sangat murah, yang bekas mungkin bisa sampai belasan juta rupiah saja, lihat di tokobagus
kekurangan:
* kualitas mesin, harga jual kembali dan perawatan.
Daihatsu zebra pickup ini sebenarnya sangat cocok untuk usaha kecil-kecilan untuk membawa barang dalam kota saja dan jangan ke jalan menanjak ya :-)
Harga baru zebra pick up ini sudah tidak ada karena sudah tidak keluar lama :-)
Daihatsu Granmax
Daihatsu Gran Max PU (Pick Up) merupakan mobil pickup terbaru dari daihatsu yang keluar sejak tahun 2011 an, mobil ini langsung menjadi leader mobil niaga beberapa tahun belakangan ini. Harga yang cukup murah, desain mobil yang bagus, bak mobil yang luas dan mesin baru membuat para pecinta otomotif sangat meminati mobil ini.
Granmax pickup ini terbagi atas 2 mesin, yang bermesin 1300 cc dan yang bermesin 1500 cc. saran membeli yang 1500 cc karena mesin yang 1300 cc kurang kuat di tanjakan. Rival kuat daihatsu granmax adalah Suzuki Mega Carry yakni mobil pickup terbaru dari suzuki
untuk kelebihan dan kekurangan mobil ini hampir sama dengan rivalnya yakni Suzuki mega carry.
harga grannmax pickup sekitar 100 juta (update agustus tahun 2014)
Suzuki Mega Carry
Memiliki dimensi yang hampir sama dengan granmax 1500 cc, kemampuan mesin yang setara dan konsumsi BBM yang hampir sama. penilaian www.mobilku.org kedua mobil ini sejajar. Jumlah peminatnya juga sama dengan granmax bahkan lebih banyak,
harga mobil ini sedikit lebih mahal dari granmax yakni 110 jutaan (update agustus 2014)
Isuzu Pickup
Isuzu pickup merupakan mobil bermasin diesel yang digunakan sebagai mobil pickup, dimodifikasi dari mobil panther akan tetapi pada bagian kabin belakang dirubah menjadi bak terbuka (bukan kursi penumpang). Mobil ini cukup banyak terlihat di jalan, mesin diesel memang sangat cocok digunakan untuk mobil niaga karena memilik daya tahan yang tinggi dan kemampuan mesin yang luar biasa.
Saingan Isuzu Pick Up ini adalah Mitsubishi L300 yang melegenda, sayangnya Isuzu Pickup dijual masih sangat mahal memang rata-rata mobil bermesin diesel harganya sangat mahal (bisa dua kali mobil mesin bensin).
Untuk masalah perawatan dan kehandalan mesin diesel sangat bisa diandalkan, sedangkan masalah
harga Isuzu Pickup ini dijual 151 juta rupiah update harga terbaru (agustus 2014)
Mitsubishi Colt T120
Nah ini adalah mobil angkutan barang paling digemari sejak dulu, keluar sejak tahun 70 an sampai 80 an. meskipun sudah puluhan tahun mobil ini tidak diproduksi akan tetapi pemakai T120 ini masih sangat banyak, www.mobilku.org pernah mengulas mobil ini mengapa kondisi mitsubishi T120 ini masih bagus (dibandingkan tahun keluarnya), karena Colt T120 saat keluar memang dibuat dari material logam yang sangat bagus sehingga sangat kuat dan tidak mudah berkarat.
Sampai saat ini banyak tukang material atau mobil carteran pickup yang memakai T120 ini untuk mengangkut barang, coba lihat saja bodi mobil ini, coba diketuk2 dengan tangan baknya sangat tebal dan kuat. Pantas saja harga mobil T120 ini juga masih sangat baik, untuk kondisi mobil yang kondisi menengah tidak terlalu bagus dan tidak terlalu jelek masih dihargai 20-30 juta rupiah


Pecinta otomotif silahkan menambahkan ulasannya tentang mobil angkutan barang

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini