Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Pecinta otomotif mungkin pernah mengalami saat mobil dipacu pada kecepatan lumayan tinggi diatas 60 Kpj terjadi getaran yang tidak biasa (sebelumnya tidak bergetar)? jika iya maka mobil tersebut memang sedang bermasalah, tinggal apa yang menyebabkan dan apa yang harus dibenahi. Satu yang pasti bahwa itu harus dibenahi karena jika dibiarkan bukan tidak mungkin akan hal yang sebenarnya sepele bisa menjadi tidak sepele lagi karena kerusakan kecil dapat merembet pada komponen lain yang berhubungan, misal masalah pada ban bisa merembet ke power steering ataupun sistem rem atau sistem suspensi mobil.
Ada 3 hal yang menjadi pemicu mobil bergetar pada saat kecepatan tinggi yakni masalah pada mesin, masalah ban, rem
Masalah Mesin
Masalah pada mesin ini sangat kentara saat kita menginjak pedal gas ataupun melepas pedal gas, seperti ada gerakan menunggu dari mobil saat kita menginjak pedal gas (tidak spontan atau tersendat) begitu pula saat melepas gas mobil seperti tersendat.
Tidak stabilnya mesin ini sebagian besar disebabkan oleh
1. Tidak lancarnya pasokan bahan bakar (karburator/ sistem injeksi),
2. Masalah pada sistem kelistrikan (busi/ aki/ koil)
3. Masalah pada sistem kompresi (piston)
4. Kampas kopling yang habis
5. setelan mesin yang tidak tepat
Masalah Rem
Rem yang bermasalah juga bisa menyebabkan getaran mobil saat kecepatan tinggi, biasanya saat cakram rem sudah tidak layak (tidak rata/ membentuk gelombang) ketika pedal rem diinjak maka mobil akan bergetar. Perhatikan pula saat pecinta otomotif mengganti kampas rem, jangan gunakan kampas rem yang berkualitas rendah karena material maupun dimensinya kebanyakan tidak presisi sehingga bisa merusak piringan cakram.
Masalah Ban
Ban yang tidak rata dalam hal ini tekanan udara ataupun kualitas ban tidak sama dapat menyebabkan mobil bergetar saat kecepatan tinggi, usahakan cek selalu tekanan udara pada masing-masing ban jika ada salah satu yang kurang angin segera tambah. Pengalaman ban yang sering kurang angin dapat menyebabkan kerja shockbreaker lebih berat, sering juga merembet pada sistem kemudi (power steering) akibat ban tidak seimbang.
Pertimbangkan pula lebar ban dan corak ban yang dipergunakan, pertimbangkan juga tentang pemakaian velg yang tepat. Pastikan roda tidak bermasalah jika ada masalah segera lakukan spooring dan balancing pada bengkel spooring (sekarang sudah banyak di kota-kota), saat setir bergetar kencang ketika dibelokkan juga indikasi waktunya pemilik mobil melakukan spooring and balanching.
Masalah Axle
Axle atau dudukan roda berfungsi sebagai tumpuan roda dan penerus putaran mesin ke roda, axle pada roda depan dan belakang sedikit berbeda perannya dimana axle roda depan juga berfungsi penerus belokan dari setir sehingga jika axle roda depan bermasalah maka getaran akan sangat terasa.
Axle ini memang jarang bermasalah akan tetapi tidak ada salahnya pecinta otomotif mengecek axle mobil jika sudah mengecek ke tiga masalah sebelumnya (mesin, rem dan ban).
Ciri masalah
* Masalah pada mesin biasanya dirasakan saat pecinta otomotif bermain dengan gas, baik menekan maupun melepas pedal gas akan terjadi getaran/ sendatan/ tidak stabil.
* Masalah pada Rem akan dirasakan saat pecinta otomotif bermain dengan rem, saat melakukan pengereman mobil bergoyang/ bergetar
* Masalah pada ban dan axle bisa dirasakan saat pecinta otomotif melaju dan menekan pedal kopling tanpa mengerem (tidak digas dan tidak di rem), jika mobil masih bergetar saat pedal kopling diinjak dan tidak menginjak rem maka masalah ada pada kaki-kaki mobil (sistem suspensi dan roda).

1 komentar:

  1. maaf ya admin numpang tanya,ini mobil gua yg kna penyakit gini pas mobil di injak pedal gas nya lalu kcepatan melalui 60km/h knpa stir smua bodie bergetar,minta tolong nya admin.

    BalasHapus