Cara Melepas Stiker Mobil dan Membersihkan Bekas Lem

Melepas stiker yang menempel pada mobil baik di bagian body mobil (cat) maupun kaca mobil yang membandel kadang-kadang dilakukan dengan paksaan, padahal dengan beberapa cara sederhana bisa dengan mudah membantu kita melepaskannya.
Cara melepas stiker I
Cara pertama adalah dengan menggunakan pengering rambut (hair dryer), prinsip cara ini adalah memanaskan stiker sehingga lem tidak terlalu kuat menempel pada body mobil (lem jadi lembek/ lunak). Panas pada pengering rambut tidak terlalu panas sehingga cukup cukup untuk melemaskan lem stiker akan tetapi tidak sampai merusak cat mobil, pertama hidupkan hair dryer (pengering rambut) dan coba arahkan pada tangan apakah sudah hangat.
Jika Pengering rambut sudah siap digunakan (keluar angin hangat) maka arahkan pengering rambut dengan merata untuk memanaskan stiker yang menempel pada mobil tersebut dengan merata, raba dengan tangan apakah stiker sudah hangat dan rasakan dengan jari apakah lem dalam stiker sudah melunak?
Jika stiker sudah melunak maka lepas ujung stiker mulai dari sebelah kanan atas ke kiri bawah, jika sulit melepas ujung stiker bisa menggunakan kuku asalkan jangan benda keras seperti logam.
Apabila stiker berukuran cukup besar maka setelah mencapai separo pindahlah ke ujung lain, lepas dari sudut kiri atas sampai separo kemudian pindah ke sudut-sudut bawah, hal ini dilakukan agar kekuatan lem stiker tidak terlalu kuat.
Cara melepas stiker II
Cara ke dua ini dengan menggunakan minyak kayu putih atau bensin, paling minim resiko menggunakan minyak kayu putih, basahi stiker dengan minyak kayu putih atau bensin, tujuannya agar lem kehilangan kekuatan rekatnya.
Minyak kayu putih atau bensin ini bisa diteteskan atai dioleskan yang penting merata, ulangi sampai bensin atau minyak kayu putih meresap ke dalam stiker. Untuk stiker berbahan plastik gunakan penutup setelah bensin diteteskan (penutup bisa terbuat plastik + solatip kertas), tujuannya agar uap dari bensin merembes ke dalam lapisan stiker. Biarkan 10 menit agar uap bensin tidak menguap tapi masuk ke dalam lem stiker, setelah 10 menit lepaskan plastik+solatip tadi kemudian lakukan pencopotan stiker.
Cara mencopot stiker persis seperti cara pertama yakni dari ujung kanan atas, jika stiker besar maka lepas dari ujung-ujungnya lebih dahulu menuju ke daerah tengah stiker.
Membersihkan bekas lem pada cat
Saat melepas stiker kadang-kadang ada sisa lem yang masih menempel pada body atau cat mobil, cara membersihkan lem ini cukup mudah yakni dilap menggunakan lap mikrofiber atau kain yang berserat halus atau lap untuk mobil. Ssebelum di lap olesi terlebih dahulu sisa lem dengan car polish atau cairan wax seperti tar remover untuk membersihkan cat mobil, tar remover ini banyak dijumpai di bengkel-bengkel mobil (car care)
Biasanya cat mobil yang terlalu lama ditempel stiker akan terlihat belang, gunakan kit mobil atau car polish agar belang lekas tersamarkan

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini