SUV terbaru dari Mercedes GL 400 dan ML 400

Mercedes-Benz Indonesia (MBI) rupanya serius memasuki pasar mobil SUV Indonesia, setelah beberapa waktu lalu Mercedes berkonsentrasi pada SUV klasik yakni Mercedes Benz G Class, tahun 2014 ini Mercedes mulai mengeluarkan SUV dalam bentuk yang futuristik, hal ini senada dengan ulasan terdahulu mobilku.org yang mengatakan bahwa tahun 2014 mercedes akan merubah tampilan mobil SUVnya dari
tampilan klasik (sejak tahun 70 an sampai tahun 2013) ke SUV modern futuristik tahun 2014 dan selanjutnya. baca artikel sebelumnya tentang SUV klasik dari Mercedes 
Uniknya mobil GL 400 dan ML 400 ini meskipun tampil lebih modern (futuristik) dibanding seniornya Mercedes G Class, akan tetapi memiliki harga yang lebih murah dimana untuk GL 400 dijual dengan harga 1,7 Milyar (Off The road) dan ML 400 dijual dengan harga 1,19 Milyar (Off the Road), Sedangkan Mercedess G Clas masih dijual sampai 3 Milyar rupiah (tahun 2013 lalu, sekarang sudah tidak dijual digantikan dengan tipe GL). Pecinta otomotif yang ingin mencari mobil SUV dengan rasa klasik tapi berkemampuan modern bisa mencari yang bekas masih banyak di pasaran :-)
Mercedes GL 400
Mercedes GL 400 termasuk dalam tipe/ kelas GL Class (kelas mercedes), dibenami mesin 3000 cc dengan transmisi otomatis/ matic 7 kecepatan dan mampu mengeluarkan tenaga sebesar 333 Hp (Horse Power), mobil SUV ini memiliki penggerak 4 roda yang perkasa melewati medan-medan cukup berat. Mercedes GL 400 dibekali dengan 7 kursi penumpang yang fleksibel (bisa dirubah posisinya). Penumpang bisa memilih kombinasi kursi seperti apa yang paling nyaman untuk penumpang belakang (kursi baris ke dua bisa maju-mundur, sedangkan kursi baris ke 3 bisa dilipat), GL 400 ini dibekali dengan penggerak 4 roda yang perkasa melewati medan-medan cukup berat dengan membawa 7 orang penumpang, maklum tenaganya 333 Hp :-).
Pada bagian dalam kabin yang mencolok adalah adanya panoramic sunroof; kaca pada bagian atas yang bisa digunakan untuk melihat panorama alam. Uniknya panoramic sunroof ini tidak hanya pada kursi baris tengah saja melainkan pada semua baris kursi :-) wah nyaman bukan :-)
Pada bagian dashboar juga mencolok adanya layar sentuh LED yang berfungsi monitor kontrol untuk melihat audio, ac, dll. LED layar sentuh ini juga berfungsi sebagai GPS bawaan mobil ini. Pada bagian lingkar kemudi juga dibenamkan panel kendali audio (Audio Switch Steering), juga dibenami dengan tombol aktivasi dan deaktivasi cruise contol (menjaga mobil konstan pada kecepatan tertentu).
Mercedes ML 400
Mobil ini masuk dalam kategori M-Class, spesifikasi mobil ML 400 ini lebih rendah dari GL 400, hal ini cukup wajar karena harga kedua mobil terpaut cukup besar yakni sekitar lebih dari 500 juta rupiah. Meskipun mesin yang digunakan sama dengan GL 400 (yakni tipe v6 3000 cc) akan tetapi Mercedes ML-400 ini tidak memakai sistem penggerak 4 roda sehingga tidak setangguh GL 400 dalam melewati medan-medan berat, Mercedes ML 400 ini memaki sistem transmisi otomatis 7 kecepatan (sama dengan GL 400).
Pada bagian interior juga tampak sedikit fitur-fitur; misalnya layar LED lebih kecil, tidak dibekali Audio Switch Steering, Cruise control switch steering, dan lain sebagainya. Perbedaan interior dengan GL 400 adalah bahwa ML 400 lebih elegan (misalnya aksen kayu pada tuas transmisi dan handle door dalam, tombol klakson yang lebar, serta desain yang minimalis), sedangkan GL 400 tampil lebih sporty dan futuristik dengan banyaknya menu-menu (panel kendali) di interior mobilnya.
Jika Jok/ kursi ML 400 dibalut kain polos halus yang elegan, maka pada GL 400 kursi dibalut dengan kulit bertekstur lengkap dengan lekuk-lekuk yang mengesankan mobil jelajah. Pada bagian eksterior ML 400 juga tidak dibekali dengan panoramic sunroof, akan tetapi sebagai mobil SUV cukup handal jika melakukan perjalanan offroad.
Harga GL 400 dan ML 400
Dari data yang kami dapatkan GL 400 dijual dengan harga 1,699 Milyar rupiah (off the road), sedangkan ML 400 dijual dengan harga 1,189 milyar rupiah. Harga tersebut masih off road dan pecinta otomotif harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengurus surat-surat seperti pembuatan BPKB, balik nama dan STNK kendaraan.

catatan: semua foto/ gambar di atas merupakan gambar-gambar Mercedes Benz GL 400

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini