Fungsi Cruise Control Pada Mobil

Cruise Control adalah teknologi komputer yang ditanamkan pada mobil untuk mengatur laju kendaraan pada kecepatan yang stabil/ konstan, fungsi cruise control ini akan sangat terasa saat pecinta otomotif melewati jalan bebas hambatan (Tol) ataupun jalan yang sepi dan lurus. Fitur Cruise control pada mobil ini kurang tepat digunakan pada jalanan dengan lalu lintas yang ramai, jalanan berbelok-belok, jalanan naik turun ataupun kondisi jalan yang kurang rata konturnya.
Pengaktifan cruise control adalah dengan menekan tombol cruise control atau menekan tuas cruise control yang terdapat pada mobil, sedangkan tidak semua mobil memiliki fitur ini melainkan hanya mobil-mobil tertentu (kelas menengah atas) yang memiliki fitur ini. Sedangkan untuk deaktivasi cruise control cukup mudah yakni dengan menginjak rem ataupun gas mobil, jika pengemudi menginjak gas atau rem maka otomatis kontrol kecepatan berpindah pada pengemudi sedangkan fungsi cruise control tidak aktif.
cruise control tidak cocok untuk jalan berkelok-kelok dan ramai
Untuk mengaktifkan cruise control pengemudi harus memacu mobil pada kecepatan yang diinginkan kemudian menekan tombol aktivasi cruise control, maka mobil akan dipertahankan kecepatannya oleh komputer pada kecepatan yang telah diperoleh saat menekan tombol tersebut. Komputer cruise control juga akan menilai adanya perlambatan pada mobil misalnya karena adanya angin atau adanya tanjakan sehingga komputer dengan sendirinya akan menambah kecepatan sesuai setingan, cruise control ini juga bisa mendeteksi mobil melewati medan menurun sehingga akan melakukan perlambatan dengan cara mengurangi pasokan bahan bakar yang masuk ke silinder mesin (sehingga mobil akan melambat).
Cruise control yang digunakan pada saat yang tepat mampu menghemat pemakaian bahan bakar karena mobil berjalan dengan stabil (misalnya pada jalan tol), akan tetapi jika cruise control digunakan pada kondisi yang tidak tepat seperti jalan dengan banyak tikungan justru sangat membahayakan pengemudi karena cruise control akan mempertahankan kecepatan mobil meskipun pada tikungan tajam. Mudahnya cruise control tidak cocok digunakan untuk jalan perkotaan yang macet, sedangkan cruise control sangat cocok digunakan pada jalan bebas hambatan.
cruise control cocok untuk jalan Tol
Cruse Control Adaptive
Adaptive Cruise Control (ACC) adalah teknologi cruise control terbaru, ACC ini selain bisa mengendalikan kecepatan juga bisa mendeteksi adanya mobil yang melaju didepan kita. Adaptive Cruise Control ini mampu melakukan perlambatan ketika mobil yang kita tumpangi mendekati mobil yang ada di depan kita (jarak semakin dekat) dan menambah akselerasi ketika jarak sudah aman (tidak ada halangan).
Adaptive Cruise Control juga mampu menjaga jarak dengan mobil didepan dengan memperhitungkan kecepatan yang kita tempuh, misalnya semakin tinggi kecepatan mobil maka jarak aman dengan mobil didepan kita semakin jauh dan semakin rendah kecepatan kita maka jarak aman dengan mobil didepan tidak terlalu jauh.
Sebutan untuk adaptive cruise control ini berbeda-beda untuk beberapa pabrikan, ada yang menyebut Active Cruise Control, Distronic Cruise, Smart Cruise Control, Dynamic Radar Cruise Control, Smart Cruise Control.

bijak-bijaklah dengan fitur cruise control, cruise control dapat menambah kenyamanan mengemudi pada jalan bebas hambatan akan tetapi juga dapat meningkatkan resiko kecelakaan pada jalanan yang banyak tikungan, naik turun dan lalu lintas ramai.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini