Akibat Tidak Mengisi Penuh Tangki Bahan Bakar

Pecinta otomotif mungkin sudah sering mendengar tentang sebaiknya selalu mengisi tangki bahan bakar mobil sampai penuh/ full (tidak membiarkannya kosong terlalu lama, hal ini ada benarnya karena tangki mobil yang kosong atau sebagian besar tangki tidak
terendam BBM akan menimbulkan reaksi oksidasi pada tangki/ korosi atau karat (semakin banyak ruang udara berarti semakin banyak potensi uap air dalam tangki). Korosi atau karat ini bisa menyebabkan ketidak akuratan pengukur BBM (pelampung), kotornya filter BBM, beratnya beban Pompa Bahan Bakar, penguapan BBM lebih cepat
* Karat dapat menyebabkan filter kotor, hal ini sangat jelas dan resikonya harus lebih sering dibersihkan
* Pompa bahan bakar adalah bekerja terlalu keras jika filter kotor jika karat terlalu banyak menumpuk pada filter, sebagai catatan bahwa kotornya filter lebih banyak disebabkan oleh kotoran sewaktu mengisi BBM di SPBU (baca; tips mengisi bahan bakar di SPBU untuk meminimalisasi masuknya kotoran di Pom Bensin).
* Indikator pengukur bahan bakar menjadi tidak akurat, terjadi masalah pada sekitar pelampung.
* BBM dalam tangki akan lebih cepat menguap karena permukaan dan suhu
Jika pecinta otomotif ingin menyimpan mobil dengan waktu yang cukup lama (berbulan-bulan) dan harus mengosongkan tangki bahan bakar ada baiknya komponen tangki bahan bakar ini dikuras dulu, lalu lumuri oli untuk mencegah terjadinya korosi pada tangki, kemudian ketika hendak memakainya kembali tentunya lumuran oli tersebut juga harus dikuras dengan bensin agar BBM benar-benar bersih (dari oli).
Tidak semua tangki bahan bakar terbuat dari besi (logam), saat ini banyak perusahaan otomotif menggunakan plastik sebagai tangki BBM, penggunaan plastik ini dirasa lebih aman aik dari percikan maupun korosi (memang plastik kan gak bisa korosi, tapi bisanya getas :-) )
Bagaimana seharusnya mengisi BBM
1. Jaga volume BBM, usahakan selalu dalam keadaan setengah penuh sampai penuh
2. Hindari mengisi BBM pada saat SPBU sedang mengisi bak tampungnya (ditandai dengan adanya truk tangki BBM) yang sedang menjulurkan slang ke penampung SPBU dalam tanah. karena saat SPBU mengisi ini bak penampung SPBU akan teraduk dan endapan kotoran akan menyebar tercampur
3. Isilah bakan bakar saat pagi hari, volume BBM yang didapat saat pagi lebih banyak karena bahan bakar dalam kondisi yang dingin dan belum memuai/ menguap akibat panas matahari
4. Isilah BBM mobil di SPBU yang memiliki reputasi baik

6 komentar:

  1. Selama ini sy bnyk mendapat input berharga dr situs mobilku.org....terima kasih Mobilku Org...MAJU TERUUUUS MOBILKU!!!

    BalasHapus
  2. Selama ini sy bnyk mendapatkan input yg berharga sekali dr situs mblku.org....terima kasih & MAJU TERUS MBLKU.ORG!!!!!!

    BalasHapus
  3. Selama ini sy bnyk mendapatkan input2 berharga dr situs mblku.org....terima kasih mblku.org....MAJU TERUUUUUS!!!!!

    BalasHapus
  4. Selama ini sy bnyk mendapatkan input2 berharga dr situs mblku.org....terima kasih mblku.org....MAJU TERUUUUUS!!!!!

    BalasHapus
  5. Matur nuwun mas infonya.info2ne sae2
    Tuhan memberkati

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas info yang anda berikan. Untuk hal ini sebenarnya yang lebih mudah kotor dan lebih rentan dengan karat, korosi itu pada tangki bahan bakar Bensin atau Diesel (Minyak Solar)?

    BalasHapus