Tips Merawat Mobil Koleksi yang Jarang Digunakan

Memiliki mobil koleksi yang jarang dipakai bukan berarti pecinta otomotif tidak melakukan perawatan, perawatan tetap diperlukan untuk menjaga kebersihan mobil serta menjaga kondisi mesin yang terjaga sehingga mobil siap digunakan sewaktu-waktu, memiliki mobil kesukaan yang tetap bersih terawat di garasi tentu menjadi kepuasan pecinta otomotif.
Beberapa permasalahan yang muncul jika mobil kurang dirawat dan lama di garasi antara lain:
- Terjadinya korosi komponen mobil terutama yang terbuat dari logam
- Timbulnya jamur pada bagian interior mobil mulai dari jok mobil, kaca, sampai dashboard mobil
- Masalah pada kelistrikan terutama aki yang kehabisan listrik,
- Mesin yang bermasalah akibat pelumas yang tidak melakukan sirkulasi dan melumasi komponen mesin
- Tekanan ban yang berkurang
Tips Merawat Mobil Kolektor
Berikut ini adalah tips-tips yang banyak digunakan untuk merawat mobil jarang digunakan dan lebih banyak berada di garasi mobil untuk koleksi:
* Melakukan pemanasan mobil, memanaskan mobil ini bisa dilakukan tiap pagi kira-kira 5 sampai 10 menit. Memanaskan mobil sangat bermanfaat untuk sirkulasi oli dan melumasi mesin (menyalurkan oli pada komponen-komponen dalam mesin), pemanasan pada mobil juga bermanfaat untuk menjaga aki agar tetap terisi sehingga tidak drop.
* Membawa mobil jalan-jalan, mobil yang berada dalam ruangan tertutup terus-menerus kurang baik terutama agar udara dalam mobil berganti dan komponen-komponen mobil seperti kaki-kaki mobil tidak korosi perlu digerakkan paling tidak seminggu sekali mobil diajak jalan-jalan :-)
* Mobil yang sering berada digarasi rawan menjadi sarang binatang seperti serangga, semut, tikus, dll. ada baiknya memberi anti serangga elektronik dan kapur semut pada mobil
* Pastikan mobil berada dalam garasi yang tidak lembab dan kotor agar mobil tetap kering, gunakan busa penyerap air pada mobil jika perlu
* Sebarkan kapur barus sehingga mobil tetap harum
* Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan mobil seminggu sekali, vacum cleaner ini sangat efektif untuk menghilangkan debu terutama bagian interior seperti karpet mobil, jok mobil dan kain pada atap mobil.
* Gunakan Cover mobil yang sesuai, jika mobil berada pada tempat yang semi terbuka gunakan cover dengan bahan polyester sedangkan jika mobil berada pada ruangan yang tertutup dan kering pecinta otomotif bisa menggunakan cover yang berbahan kain saja

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini