Melakukan Modifikasi pada Ban Mobil

Melakukan modifikasi pada bagian kaki-kaki mobil baik ban atau velg memang membawa keuntungan tersendiri pada mobil, misalnya tampilan mobil menjadi lebih baik dilihat, akselerasi mobil meningkat, mobil lebih mampu melibas jalanan offroad, dan lain-lain.
Berikut ini  adalah prisip mengganti ban mobil :
* Mengganti ban mobil standar dengan ban yang memiliki kembang (corak) lebih tebal akan meningkatkan daya cengkram ke aspal, akibatnya mobil menjadi lebih berat akselerasinya akan tetapi tidak mudah tergelincir atau selip. Ban bercorak kasar atau biasa disebut ban pacul ini biasa digunakan mobil-mobil offroad untuk melibas jalanan non aspal (tanah, berbatu, berpasir, licin, berair, dll)
* Mengganti ban standar dengan ban yang memiliki corak/ batik lebih halus akan dapat meningkatkan kecepatan dan akselerasi mobil terutama pada jalanan aspal yang halus, kelemahan ban bercorak halus ini adalah kurangnya daya cengkram ke aspal apalagi jika jalan dalam keadaan basah. Pengemudi harus sangat memperhatikan pengereman mobil karena ban yang bercorak halus lebih mudah selip dan tergelincir tetapi memiliki akselerasi yang tinggi.
* Mengganti ban standar dengan ban yang lebih lebar dan atau lebih besar (plus size atau minus size), pecinta otomotif harus benar-benar memperhitungkan jika ingin mengganti ukuran ban misalnya yang lebih besar atau lebih lebar karena pecinta otomotif juga harus menyesuaikan (mengganti) velg yang sesuai dengan ban dan kolong ban (spakbor) mobil, berikut artikel lebih lengkap tentang penggantian ban lebar dan velg

* Mengganti ban dengan tapak yang lebih lebar akan meningkatkan kenyamanan mengemudi dan meningkatkan daya cengkram ban, akan tetapi mobil menjadi lebih berat tarikannya (akselerasi dan kecepatan mobil menjadi berkurang). Sebaliknya ban yang memiliki tapak sempit akan lebih cepat berakselerasi akan tetapi pengendalian menjadi lebih susah misalnya saat berbelok atau mengerem.
Pada intinya mengganti ban dan velg mobil yang lebih baik dapat secara signifikan menambah kenyamanan mobil, kekuatan mobil dan keindahan mobil. Akan tetapi mengganti ban dengan ban yang tidak tepat akan menurunkan performa mobil.

1 komentar:

  1. Ukuran ban dan velg berapa yang cocok untuk modifukasi Suzuki Carry 1.0. Thx
    Balas via email : razorbst@gmail.com

    BalasHapus