Spesifikasi Toyota Alphard Harga, Kelebihan dan Kekurangan


Toyota alphard adalah mobil MPV menengah atas keluaran Toyota, mobil ini memakai mesin 2362 cc, harga Toyota Alphard berkisar 750 juta rupiah sampai 1 Milyar rupiah. Toyota memiliki desain cukup besar dengan panjang 4870 mm dengan jarak terendah mobil (ground clearance) 16 cm. Interior mobil ini terbilang mewah dengan berbagai ornament/ fitur seperti arm rest dan headrest, AC automatic, sunvisor, panel navigasi LED, dan fitur modern lain. Kabin Toyota Alphard cukup luas mampu memuat hingga 8 orang penumpang, kursi pada baris kedua dan ketiga bisa dilipat jika ingin membawa barang yang cukup banyak.
Eksterior Toyota Alphard
Dimensi Toyota Alphard memiliki panjang 4870 mm, lebar 1830 mm, tinggi 1890 mm, jarak poros roda 2950 m, radius putar 5,7 m, ground clearance 160 mm, berat 1910 kg.
Pada bagian depan mobil ini memiliki head lamp yang cukup istimewa dengan desain lampu menyipit dan cukup terlihat dari samping dan headlamp alphard ini memiliki sorot yang lebar. Headlamp Toyota Alphard berada di persis pada pertemuan (ujung) antara body samping mobil, bumper, dan kap depan. Pada bagian bumper terdapat lampu kabut berbentuk segi empat yang bisa digunakan pengemudi untuk membelah kabut kabut tebal atau hujan deras.
Pada bagian samping mobil ini memiliki lekuk-lekuk yang berfungsi menstabilkan laju mobil pada saat kecepatan tinggi, lekuk-lekuk ini biasa digunakan pada mobil-mobil modern untuk mempermudah aliran udara dari depan ke belakang. Pada bagian kaki-kaki mobil menggunakan velg alloy 17 inch, velg alloy ini selain mempercantik mobil juga berfungsi menstabilkan mobil terutama saat kecepatan tinggi. Pada bagian spion elektrik terdapat lampu sein yang membantu pengemudi untuk berkomunikasi dengan kendaraan lain, sedangkan untuk pintu mobil ini menerapkan 4 pintu pada sisi sampingnya.
Pada bagian belakang mobil ini memiliki bumper yang menyatu dengan body mobil sehingga tampilan belakang mobil ini menjadi cukup solid, bentuk bumper yang berlekuk tegas disertai lampu LED membuat berkomunikasi dengan pengendara lain lebih mudah. Pada bagian atas kaca mobil bagian belakang terdapat spoiler yang dilengkapi lampu highmount stop lamp. Pintu bagian belakang ini bisa dibuka dengan cara menarik ke atas.
Interior Toyota Alphard
Desain panel kayu pada dasbor menambah kecantikan mobil Toyota Alphard ini dengan warna coklat gelap yang mengkilat. Memiliki 7 airbag yang berfungsi untuk menahan guncangan akibat tumbukan. Dapat menampung penumpang sekitar 7-8 orang penumpang dengan kapasitas bagasi 2 tas ukuran standard. Sistem kemudi menggunakan tipe Rack And Pinion dengan EPC.
Memiliki AC Control Panel di bagian penumpang artinya tidak di bagian pengemudi saja, sehingga masing-masing penumpang bisa menyesuaikan sesuai keinginan masing-masing penumpang.
Perpaduan warna dark brown dan silver pada tilt steering Toyota Alphard ini menjadikannya lebih mewah.
Keunikan  lain Toyota Alphard ini adalah pada monitor LCD di atas bangku depan sebagai tambahan media hiburan yang dapat di atur ke kiri atau ke kanan sesuai keinginan penumpang.
Toyota Alphard ini memiliki sunroof yang di desain untuk memanjakan penumpang agar dapat melihat birunya langit.
Mesin dan Performa Toyota Alphard
Mesin mobil ini memakai tipe 2AZFE 4 silinder 16 katup teknologi DOHC VVTi berkapasitas 2362 cc, memakai mesin bensin dengan bahan bakar bensin/ pertamax. Toyota Alphard memiliki tenaga yang cukup besar yakni 170 Ps / 6000 Rpm dan torsi 22,4 Kgm / 4000 Rpm. Sistem pasokan bahan bakar mobil memakai sistem EFI, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar 1:11,6 ( 1 liter bensin untuk menempuh 11,6 km).
Mobil ini memakai 2 sistem transmisi automatic dan manual.
Peforma Toyota Alphard 3 varian dengan mesin 2.4 L dan 3.5 L, dan kedua-duanya memiliki teknologi yang berbeda. Mesin 2.4 L menggunakan tipe 2AZFE, 16-volve DOHC, WT-i. Dan yang 3.5 L menggunakan tipe 2GR-FE, V6, 24-valve DOHC, Dual WT.
Safety Toyota Alphard
Toyota Alphard ini sangat mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpangnya. Dapat di lihat dari berbagai kelengkapan fitur yang ada pada bagian dalam mobil. Seperti, pelampung yang difungsikan saat terjadi guncangan akibat tumbukan.
Memiliki Sistem Parking TV Smart yang berfungsi untuk memudahkan pengendara untuk memarkirkan mobil. Karena posisi kamera sendiri terdapat dibelakang area mobil dan juga dilengkapi dengan sensor yang mampu mendeteksi benda dengan jarak 70 cm di sekitar kamera.
Harga Terbaru Toyota Alphart
Harga terbaru dari 3 varian Toyota Alphard mulai dari yang New 2.4 G adalah Rp. 892.500.000,00, New 2.4 X adalah  Rp. 745.950.000,00, dan New 3.5 G Rp. 1.103.200,00.
Kelebihan dan Kekurangan Toyota Alphard
Kelebihan Toyota Alphard ini ada pada kenyamanan dalam berkendara seperti tempat duduk first class yang luas dan mampu menampung 7-8 orang penumpang. Memiliki fasilitas DVD, AC Plasmacluster, serta ACO. Dilengkapi juga dengan Radio, VCD, Div-X, ACC, WMA, MP3, USB, IPOD, Bluetooth dan AUX-in . Driving indicator yang ramah lingkungan. Mesin baru yang berkapasitas 2.4 L dan 3.5 L memiliki kelebihan lain dengan pemakaian bensin lebih irit 7 %.
Kekurangan dari Toyota Alphard ini ada pada bentuknya yang besar tapi itu semua dapat ditutupi dengan bentuk lekukan-lekukan yang memberikan efek tegas dan gagah pada mobil ini.
RIVAL Toyota Alphard
Pesaing mobil ini ada Mazda Biante, Nissan Elegrand, Mercedez Bendz V350, Honda Elysion, ada juga yang terbaru dan akan diluncurkan tahun depan yang dijuluki Concept M

2 komentar:

  1. mengingat harga mobil toyota alphard yang sangat fantastis, Untuk mengantisipasi keberadaan mobil jika mengalami kehilangan bagaimana?

    BalasHapus
  2. Aku beli bah ada tapinya wkwkw

    BalasHapus