Suzuki Karimun Wagon R Harga & Spesifikasi

Suzuki Karimun Wagon R adalah mobil jenis City Car yang dikeluarkan tahun 2013, mobil ini masuk mobil LCGC atau biasa disebut mobil murah hemat bahan bakar. Harga Suzuki Karimun Wagon R sebagai mobil LCGC cukup murah yakni 78-100 juta rupiah. Sedangkan konsumsi bahan bakar Wagon R untuk rute dalam kota jakarta (pada kecepatan rata-rata 25 KPJ) adalah 15:1 (1 Lt pertamax mampu menempuh 15 Km), untuk konsumsi bbm pada jalan bebas hambatan (jalan tol) mampu mencapai 21:1 (1 Liter pertamax untuk 21 Km).
Eksterior Karimun Wagon R
Mobil ini memiliki ukuran (dimensi) :
* Panjang mobil 3600 mm
* Lebar mobil 1447 mm
* Tinggi 170 mm
* Ground clearance (jarak terendah dengan tanah) 17 mm
* Radius putar minimal : 4,6 meter
* Berat mobil 835 Kg
Mobil City Car keluaran Suzuki kebanyakan memang rata-rata berdesain unik, memiliki ruang kabin yang cukup luas (seperti ingin membawa nuansa suzuki carry), hal ini mengacu pada kebiasaan Suzuki yang selalu mengeluarkan mobil-mobil serbaguna (gabungan fungsi-fungsi mobil). Lihat saja Suzuki Katana yang menggabungkan antara mobil offroad dan mobil penumpang, Suzuki Carry menggabungkan bus dan mobil penumpang, Suzuki Escudo (semi SUV), Suzuki Splash (perpaduan MPV dan City Car), Suzuki SX4 (perpaduan SUV dan City Car), dan lain-lain.
Pada segmen City Car jika boleh menilai maka www.mobilku.org lebih mengkategorikan mobil ini sebagai Crossover perpaduan antar MPV dan City Car seperti Suzuki Swift dan Suzuki Splash, mobil ini bukanlah city car murni seperti Honda Jazz ataupun Toyota Agya. Suzuki Wagon R lebih layak disebut mini MPV, lihat saja tinggi City Car ini sampai 170 mm sehingga bisa memuat barang layaknya mobil MPV, dan Grund Clearance setinggi 17 cm itu setara mobil-mobil SUV.
Suzuki Karimun Wagon R menggabungkan antara MPV dan City Car dengan daya muat yang sangat besar untuk kelas mobil city car, jika pecinta otomotif ingin mobil City Car tapi memiliki fungsi layaknya mobil MPV bisa memilih mobil ini akan tetapi jika pecinta otomotif ingin yang lebih bagus bisa memilih Suzuki Splash Non LCGC dengan kompensasi harga lebih mahal tetapi kualitas lebih baik.
Interior Karimun Wagon R
Mobil ini memiliki kapasitas penumpang maksimal 5 orang, akan tetapi mampu mengangkut barang yang jauh lebih besar daripada city car kebanyakan. Sebagai mobil murah LCGC mobil ini tidak banyak menawarkan fitur-fitur yang istimewa, interior mobil ini dilengkapi dengan AC dan sistem audio, sistem kemudi sudah memakai Power Steering, dilengkapi sabuk pengaman tapi tanpa airbags.
Mesin dan Performa Karimun Wagon R
Suzuki karimun wagon R memakai mesin dengan kapasitas silinder 998cc atau dibulatkan 1000cc, memakai 3 silinder dengan sistem pemasukan bahan bakar menggunakan multi point injection. Karimun Wagon R mampu mengeluarkan tenaga maksimum 68 tenaga kuda pada putaran mesin 6200 Rpm dengan torsi maksimal 90 Np pada putaran mesin 3500 Rpm, mampu dipacu sampai kecepatan 120 Km/ Jam. Jika melihat spesifikasi mesin mobil ini memang cukup rendah untuk ukuran mobil city car yang mana rata-rata tenaga city car sudah diatas 85 HP (horse power), akan tetapi untuk ukuran mobil LCGC www.mobilku.org menilai mobil ini cukup bertenaga dimana mobil LCGC lain seperti toyota agya dan daihatsu ayla juga memiliki tenaga yang kecil yakni 65 HP saja. Untuk sistem transmisi mobil ini memakai sistem transmisi manual (tidak ada yg memakai transmisi otomatis pada semua varian wagon R).
Mobil ini memakai sistem penggerak roda depan sehingga menyajikan akselerasi yang lebih cepat daripada mobil penggerak roda belakang, untuk akselerasi suzuki wagon R ini terbilang cukup handal dimana untuk mencapai kecepatan 100 Km/ Jam hanya dibutuhkan waktu 12,5 detik. Akselerasi secepat ini menyamai akselerasi kebanyakan city car non LCGC, kecepatan akselerasi wagon r ini didapatkan dari pasokan bahan bakar multipoint injection dan sistem penggerak roda depan sehingga mobil lebih lincah.
Berikut adalah performa mesin Karimun Wagon R
* Akselerasi 0-100 Km/jam : 12,5 detik
* Akselerasi 0-60 Km/jam : 5,3 detik
* Akselerasi 60-80 Km/jam : 4,1 detik
* Akselerasi 80-100 KPJ : 6,25 detik
* Akselerasi 100-120 KPJ : 10,5 detik
* Pengereman 100-0 Km/jam : 51,1 meter (mobil ini pada kecepatan 100 km/jam bisa di rem sampai kecepatan 0 km/jam, dengan membutuhkan pengereman jarak sekitar 51 meter)
Harga Karimun Suzuki Wagon R
Suzuki karimun wagon R memiliki 3 varian dengan harga yang berbeda, berikut adalah varian dan harga wagon R mulai dari versi terndah sampai varian tertinggi:
* Karimun Wagon R GA : dijual dengan harga 78.700.000 rupiah On The Road, Jakarta
* Karimun Wagon R GL : harga 91.700.000 rupiah OTR DKI Jakarta
* Karimun Wagon R GX : 101,7 juta rupiah, varian ini merupakan varian tertinggi.
Rival Karimun Wagon R
Sebagai mobil LCGC wagonn R juga memiliki rival yakni mobil LCGC dari pabrikan lain semacam Honda dan Toyota, berikut Pesaing terdekan Suzuki Karimun Wagon R:
* Honda Brio Satya
* Toyota Agya
* Daihatsu Ayla
* Datsun Go+
Berikut adalah gambar-gambar Suzuki Karimun Wagon R
Bagasi Suzuki Wagon R
Interior Karimun Wagon R
Kabin Wagon R

Interior Wagon R
Roof Rail Wagon R
Foglamp Wagon R
Headlamp Wagon R

4 komentar:

  1. berpa kilogram daya tampung suzuki karimun wagon r ??

    BalasHapus
  2. Sayangnya agak sulit kalau utk membawa sepeda MTB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mtbnya dicopot bannya mungkin mudah bro,,,
      jadi pas nyampe lokasi dipasang lagi bannya :-)

      Hapus