Mobil Isuzu Bagaimana Sekarang?

Isuzu pernah berjaya saat tahun 80an sampai tahun 2000 an, saat itu Isuzu Panther menjadi mobil paling laris.  Sebagai satu-satunya mobil MPV (jaman dulu disebut mobil keluarga) yang menggunakan bahan bakar diesel dengan konsumsi bahan bakar 1:15 (sangat irit untuk mobil MPV waktu itu) dimana pesaingnya kijang super dan kijang ekstra memiliki konsumsi BBM sekitar 1:10 saja.

Toyota Kijang Pesaing Panther tahun 90 an - 2000 an
Isuzu Panther sebagai tulang punggung Isuzu mulai redup tahun 2004 ketika Toyota dan Daihatsu mengeluarkan mobil MPV murah (si kembar Avanza dan Xenia) dengan harga separoh dari Isuzu Panther, meskipun si kembar secara kualitas saat itu jauh di bawah Panther akan tetapi selisih harga yang sangat jauh
menjadikan konsumen memilih yang lebih murah, di sisi lain harga solar dan premium sudah hampir sama.
Toyota Avanza keluar sejak tahun 2004
Saat pesaing-pesaing Isuzu seperti Toyota Daihatsu Suzuki dan Honda terus bekerja keras dan berinofasi pada mobil jenis MPV, Isuzu malah sama sekali tidak melakukan perubahan apa2 yang cukup signifikan, alhasil penjualan Isuzu di over lap oleh produsen-produsen lain. Penjualan Isuzu panther mulai tahun 2004 terus mengalami penurunan sampai saat ini (tahun 2014), tercatat hanya tahun 2009 Isuzu mengeluarkan Panther Facelift dan Panther trnsmisi matic akan tetapi tidak mampu mendongkrak penjualan Isuzu saat itu.
Kelebihan Isuzu Panther
Saya sendiri sangat menyukai Isuzu panther karena irit, mesin sangat awet, mampu membawa penumpang banyak dan keunggulan mesin panther adalah mampu membawa beban yang berat dimana mobil mesin bensin tidak akan mampu membawanya.
1. Mesin Isuzu Panther memiliki daya tahan yang luar biasa, mampu digunakan sampai 3 hari non stop yang mana untuk kerja seperti ini mesin bensin tidak akan sanggup melakukannya, mobil ini sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh seperti antar kota dengan jarak lebih dari 1000 km.
2. Konsumsi bahan bakar yang sangat irit, sebagai mobil keluarga (MPV) Isuzu Panther tergolong sangat irit dan mampu melaju sampai 1:17 untuk jalan bebas hambatan, jika melakukan perjalanan jarak jauh memakai mobil ini sangat cocok: mesin awet, hemat bahan bakar, membawa penumpang banyak.
Kekurangan Isuzu Panther
Meskipun memiliki kelebihan yang cukup baik, Isuzu panther juga tak luput dari kekurangan:
1. Harga mobil selangt: Isuzu panther menggunakan mesin diesel yang tahan lama, mesin diesel ini jauh lebih mahal daripada mesin bensin (bisa 2 kali lipat harganya) oleh karena itu harga jual mobil menjadi mahal.
2. Suara berisik dan polusi udara, kekurangan mesin diesel jama dulu adalah suara yang sangat berisik tak terkecuali Isuzu panther ini, sedangkan jika mobil telah berusia cukup lama (tua) akan mengeluarkan asap hitam yang cukup tebal terutama saat di gas. Kekurangan mesin diesel ini rupanya menjadi penghambat bagi konsumen untuk membeli mobil diesel panther ini, kebanyakan konsumen memilih mobil yang tidak bersuara dan tidak berpolusi.
Inovasi oleh Isuzu
sampai sekarang bisa dibilang Isuzu tidak melakukan inovasi sama sekali pada mesin mobil Panther ini, jadi jika pecinta otomtif membeli mobil panther sekarang maka mesin ini adalah teknologi diesel 20 tahun yang lalu. Padahal mesin mobil diesel jaman sekarang sudah memakai teknologi commonrail yang lebih tidak bersuara dan tidak berpolusi, sementara Panther masih memakai mesin jadul tersebut (memang masih oke, akan tetapi sudah ketinggalan jaman).
Mitsubishi sudah mengeluarkan Strada triton, Pajero Sport dakar dan lain-lain yang memakai mesin diesel commonrail yang lebih irit dan bertenaga serta polusi yang minim. Toyota juga mengeluarkan Fortuner, Hilux dan lain-lain yang menggunakan mesn commonrail. Isuzu mengeluarkan 1 mobil dengan mesin diesel commonrail yakni Isuzu D max (double cabin) bukan mobil MPV.
Isuzu D Max
Konsentrasi Isuzu di Indonesia
Semenjak dulu sebenarnya Isuzu di Indonesia memang ingin berkonsentrasi pada mobil-mobil niaga dan truk, sebut saja Isuzu Elf yang bisa dimodifikasi menjadi minibus berkapasitas 20 penumpang dan bisa dimodif menjadi truck, Isuzu Giga sebagai mobi-mobil truk kontiner, sampai mobil byson untuk minibus dan pickup.
Pesaing Isuzu pada mobil mobil niaga adalah Mitsubishi yang sudah lama menguasai segmen mobil niaga ini, lihat saja Pick Up dan minibus L 300, T120 SS, Fuso, Colt Diesel dan lain sebagainya. Perbedaannya Mitsubishi juga mengeluarkan mobil penumpang dengan mesin-mesin terbaru dan mobil penumpang yang dikeluarkan beraneka ragam molai MPV, SUV, Crossover, City Car, Sedan dan banyak lagi
Isuzu tahun 2014
Dari informasi yang kami dapat tahun 2014 ini isuzu berencana mengeluarkan 9 mobil baru, akan tetapi bukan mobil penumpang melainkan mobil truck. Desa-desus Isuzu akan mengeluarkan Isuzu Mux sebagai pengganti isuzu panther juga ditampik oleh ATPM Isuzu Indonesia. Kita tunggu saja apakah dari 9 mobil yang akan keluar nantinya Isuzu menyelipkan 1 saja mobil penumpang semisal MuX atau tidak, sebagai catatan bahwa Isuzu MuX sebelumnya sudah gencar diberitakan bakal keluar tahun 2014
Isuzu MuX

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini